Roda, Pengubah Wajah Dunia, Pembelajaran 6, Tema 3, Subtema 1, Revisi 2018

Untuk meningkatkan konsentrasi belajar, kita harus memelihara kebugaran jasmani. Dengan konsentrasi yang baik, banyak hal yang akan kita peroleh. Bahkan mungkin suatu hari nanti kita mampu menjadi ilmuwan yang mampu mengubah dunia. Nah, sekarang mari kita olah tubuh dengan mengulang kembali latihan untuk menjaga kebugaran jasmani. Kita akan mengulang kembali latihan Push Up, Sit Up, dan Vertical Jump, serta Lompat ke depan-belakang, dengan variasi permainan untuk meningkatkan kebugaran.

Pull Up dan Push Up bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan dan bahu. Sit Up bertujuan untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot perut. Loncat Tegak dan Lompat ke Depan/Belakang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot tungkai. Sprint bertujuan untuk meningkatkan kecepatan. Dan Lari jarak sedang dilakukan untuk meningkatkan daya tahan paru-paru, jantung, dan pembuluh darah. Memiliki tubuh yang sehat merupakan dambaan setiap insan. Dengan tubuh yang sehat akan membantu kita dalam menjalankan segala aktivitas keseharian kita. Sebaliknya apabila tubuh tidak sehat, maka segala aktivitas yang seharusnya kita kerjakan akan menjadi terganggu dan pada akhirnya kita akan jauh dari kesuksesan. Lalu seperti apakah hidup sehat itu? Gaya hidup sehat itu adalah kehidupan yang jauh dari berbagai gangguan atau masalah, baik itu fisik (seperti gangguan penyakit) maupun non fisik (seperti kondisi jiwa, pikiran, maupun hati seseorang).

Berikut beberapa Latihan Kebugaran Jasmani melalui Permainan
Bayangkan seandainya Tuhan tidak memberi karunia akal dan kecerdasan pada para penemu. Nah, sekarang kita akan berdiskusi untuk mengetahui penemu roda dan manfaat penemuannya tersebut bagi kehidupan warga dunia.

Baca teks berikut dalam hati!
Roda, Pengubah Wajah Dunia
Perhatikan semua benda di sekeliling kita, adakah yang memiliki roda? Banyak sekali mesin, peralatan, alat transportasi, dan benda buatan manusia menggunakan roda. Roda merupakan salah satu penemuan terbesar manusia yang membuat semua pekerjaan menjadi lebih mudah.

Awalnya roda dibuat oleh ahli menggunakan mesin pemintal. Peninggalan roda paling tua berasal dari Mesopotamia yang digunakan untuk kendaraan di sekitar tahun 3000 SM. kemudian muncul juga di Tiongkok, Arab, Eropa dan belahan dunia lainnya. Perkembangan roda dimulai dari bentuk sederhana berupa balok kayu yang digulingkan, kemudian diubah menjadi potongan melintang balok kayu, roda bundar utuh dengan pasak di tengahnya, hingga roda berjari-jari. Bagian tengah roda kemudian juga diganti besi sehingga roda menjadi semakin kuat.

Seiring dengan perkembangan zaman, roda terus mengalami perbaikan. Charles Goodyear pada tahun 1839 berhasil menciptakan ban terbuat dari karet yang lebih tahan goncangan dan lebih kuat terhadap gesekan permukaan jalan. Pada tahun 1845 Thomson dan Dunlop kemudian menciptakan ban yang berisi udara. Pada perkembangannya, saat ini roda mempunyai banyak ukuran dan jenis, ada yang terbuat dari besi, kayu, karet atau gabungan dari beberapa jenis bahan yang disesuaikan dengan fungsinya.
Berkat penemuan roda, menempuh jarak antar tempat di berbagai belahan dunia menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Pengaruh roda sangat terasa terhadap perkembangan ekonomi masyarakat dunia, karena pendistribusian barang-barang perdagangan menjadi lebih cepat dan mudah. Tanpa roda, tentunya kehidupan manusia akan menjadi sangat sulit.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama teman tentang urutan peristiwa penemuan roda. Analisis garis waktu sejarah perkembangan roda berikut ini! Apakah telah sesuai dengan urutan yang terdapat di dalam bacaan?
Bagaimana tanggung jawab para penemu tersebut sehubungan dengan penemuannya? Apakah mereka bertanggung jawab atas hak yang telah mereka dapatkan? Ayo,kita temukan jawabannya!

Baca kembali arti hak dan kewajiban yang telah kamu pelajari pada hari sebelumnya.
Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman:

1. Sebutkan beberapa macam hak yang dimiliki oleh para penemu tersebut!
Jawab:
Hak yang dimiliki oleh para penemu diantaranya adalah hak untuk berkarya.

2. Apakah mereka telah mendapatkan haknya? Jelaskan!
Jawab:
Ya, mereka telah mendapatkan haknya karena mereka mendapatkan kesempatan untuk berkarya atau mengeluarkan pendapat dan kemampuannya.

3. Apa manfaat hak tersebut bagi mereka?
Jawab:
Dengan mendapatkan haknya, maka para penemu tersebut mampu berkarya, sehingga mampu mengubah dunia dengan penemuannya.

4. Apakah mereka telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah mereka dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!
Jawab:
Ya, mereka telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah mereka dapatkan yaitu dengan terus berkarya dan menyempurnakan hasil karyanya. Mereka terus memperbaiki penemuannya menjadi lebih baik lagi dari tahun ke tahun.

Presentasikan hasil diskusi kepada kelompok lain. Lengkapi jawabanmu berdasarkan masukan mereka. Baca dengan teliti cerita pendek berikut!

Hak dan Tanggung Jawab
Ani adalah putra Bapak dan Ibu Yakob. Pak Yakob menyekolahkan Ani di sebuah sekolah yang cukup ternama di desanya. Pak Yakob memenuhi semua kebutuhan sekolah Ani, seperti buku-buku, seragam sekolah, serta peralatan lainnya. Bu Yakob juga selalu membuat bekal makanan sehat untuk Ani di sekolah. Ani sangat bersyukur dengan perhatian ayah dan ibunya. Ia selalu mematuhi nasihat ayah ibu. Ani juga rajin sekolah, rajin belajar dan mengerjakan tugas sekolah tanpa perlu diingatkan. Ani kemudian selalu naik kelas dengan nilai yang memuaskan. Bapak dan Ibu Yakob sangat bangga dengan Ani.

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan cerita tersebut!
1. Sebutkan hak Ani dalam cerita tersebut!
Jawab:

  • Mendapat jaminan pendidikan yang baik
  • Mendapat kasih sayang dan perlindungan dari orang tua
  • Mendapat jaminan kesehatan
2. Apakah Ani telah mendapatkan haknya? Jelaskan dan berikan contoh!
Jawab:
Ya, Ani telah mendapatkan haknya karena ia telah disekolahkan di sebuah sekolah yang cukup ternama, dan semua kebutuhan sekolahnya telah terpenuhi. Selain itu Ani juga mendapatkan jaminan makanan yang baik untuk kesehatannya. 

3. Apa manfaat hak tersebut bagi masa depan Ani?
Jawab:
Dengan terpenuhinya hak, maka masa depan Ani lebih terjamin.


4. Apakah Ani telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah ia dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!
Jawab:
Ya, Ani telah bertanggungjawab terhadap hak yang telah ia dapatkan, hal itu ditunjukkan dengan ia yang selalu bersyukur atas apa yang telah ia dapatkan, mematuhi nasihat ayah dan ibunya, selalu rajin sekolah dan belajar dan selalu membuat kedua orang tuanya bangga.

5. Apa yang akan terjadi jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap haknya? Jelaskan dan berikan contoh!
Jawab:
Yang mungkin akan terjadi jika Ani tidak bertanggungjawab terhadap haknya adalah akan muncul berbagai masalah seperti dia tidak naik kelas.

1 Comments

Post a Comment
Previous Post Next Post