Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 SD Halaman 1 2 4 5 7 8, Subtema 1 Pembelajaran 1

mediamengajar.com Materi yang diuraikan berasal dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018, halaman 1, 2, 4, 5, 7, 8, dan 9. Materi yang dijabarkan yaitu ‘menemukan contoh-contoh kerja sama Indonesia dengan negara-negara ASEAN, di bidang kebudayaan’, ‘menemukan informasi pada bacaan’, ‘mengidentifikasi proses menghasilkan energi listrik’.

Kunci jawaban ini dapat adik-adik jadikan sebagai pedoman dalam mempelajari Tema 4 yang berjudul Globalisasi, Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku.

Kunci jawaban Tema 4 Kelas 6 juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa. Nah, mari kita simak bersama kunci jawaban berikut ini!

Kunci Jawaban Halaman 1 2 4 5

Ayo Mengamati

Amati berbagai produk yang ada di sekitarmu. Produk tersebut bisa berupa pakaian, tas, atau sepatu yang kamu, temanmu, dan gurumu kenakan. Bisa juga makanan dan minuman, atau produk lain yang ada di sekitar kelas dan sekolah. Bisakah kamu menerka negara mana yang memproduksinya?

Jawaban:

1. Batik asal Indonesia

2. Boneka asal Tiongkok

3. Permadani asal Turki

4. Mobil asal Jepang

Lengkapi tabel di atas berdasarkan peta dunia berikut.

Globalisasi memungkinkan beragam produk dari negara lain dapat kita temui. Kita bisa menemui berbagai makanan dari negara lain seperti pizza, jam tangan atau boneka dari negara lain. Produk Indonesia juga bisa ditemui di luar negeri, misalkan batik. Perkembangan komunikasi dan transportasi menjadikan barang-barang tersebut mudah ditemui di negara lain.

Diskusikan bersama teman tentang beragam hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang globalisasi. Tuliskan pada kolom berikut!

Jawaban:

Apa globalisasi itu?

Bagaimana dampak positif globalisasi?

Bagaimana dampak negative globalisasi?

Tukarkan pertanyaanmu dengan kelompok lain dan diskusikan jawabannya bersama-sama.

Pada era globalisasi ini Indonesia juga melakukan kerja sama dengan negara lain, termasuk dengan negara-negara ASEAN.


Menlu Hillary Clinton Promosikan Angklung ke Dunia


Menjelang akhir pertemuan ke-44 Menteri Luar Negeri ASEAN, tepatnya pada tanggal 22 Juli 2011 malam di Hotel Nusa Indah Bali, diselenggarakan acara makan malam. Acara tersebut dihadiri lebih dari 50 menteri luar negeri. Tampak menteri luar negeri Amerika Hillary Clinton dan menteri luar negeri dari negara-negara ASEAN, China, Rusia, Uni Eropa, peninjau, dan tamu dari berbagai negara lain.

Tentu saja berbagai makanan tradisional dihidangkan, dan berbagai kesenian daerah ditampilkan, seperti tari-tarian tradisional Jakarta, Bali, dan Aceh. Sebagai acara puncak adalah penampilan angklung interaktif oleh Saung Mang Udjo. Semua hadirin dibagikan angklung berbagai tangga nada, kemudian memainkannya bersama-sama dengan dipimpin oleh Daeng Udjo.

Tampak semua undangan berbahagia. Mereka dihadiahi angklung yang baru saja mereka mainkan sebagai tanda-mata dari Indonesia. “It’s for you, a souvenir from Indonesia”, kata Daeng Udjo sang komandan. Bagaimana peran Indonesia dalam kerja sama di bidang sosial budaya dengan negara-negara ASEAN? 4 Buku Siswa SD/MI Kelas VI Malam yang berkesan itu sangat membantu dalam menciptakan iklim yang kondusif.

Malam tersebut membuat pertemuan para menteri luar negeri ASEAN dan berbagai pertemuan bilateral lainnya berlangsung sukses. Foto Ibu Hillary Clinton-pun menghiasi berbagai surat kabar di dunia. Berkat angklung, Bu Hillary Clinton-pun menjadi duta Indonesia.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 SD Halaman 1 2 4 5 7 8, Subtema 1 Pembelajaran 1


Cermati pertanyaan berikut berdasarkan artikel berita tersebut!

1. Bagaimana bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara di masa globalisasi ini?

Jawaban:

Bentuk Kerjasama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara, di antaranya Kerjasama pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN.

2. Bagaimana peran Indonesia dalam kerja sama tersebut?

Jawaban:

Dalam pertemuan ke 44 Menteri Luar Negeri ASEAN, Indonesia berperan sebagai tuan rumah. Berbagai makanan tradisional dihidangkan, dan berbagai kesenian daerah ditampilkan, seperti tari-tarian tradisional Jakarta, Bali, dan Aceh. Sebagai acara puncak adalah penampilan angklung interaktif oleh Saung Mang Udjo. Semua hadirin dibagikan angklung berbagai tangga nada, kemudian memainkannya bersama-sama dengan dipimpin oleh Daeng Udjo.

3. Bagaimana peran angklung dalam acara tersebut?

Jawaban:

Angklung membantu menciptakan iklim yang kondusif. Para tamu undangan terlihat bahagia dan senang. Sehingga pertemuan para menteri luar negeri ASEAN dan berbagai pertemuan bilateral berlangsung sukses.

Diskusikan pertanyaan tersebut bersama teman dan tuliskan jawabannya.

Tugas Mandiri

Carilah informasi tentang berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial dan budaya yang dilakukan oleh Indonesia dengan negara-negara ASEAN. Kamu bisa mencari informasi tersebut di berbagai media, seperti surat kabar, majalah, atau artikel-artikel berita di media elektronik.

Jawaban:

Kerja sama Indonesia dengan Negara-Negara di Asia Tenggara di Bidang Sosial Budaya di Masa Globalisasi

Bidang Sosial

Indonesia mengirimkan bantuan kemanusian kepada negara-negara yang dilanda bencana alam atau konflik. Contohnya, Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban topan haiyan di filipina. Selain itu Indonesia juga memberikan bantuan untuk para pengungsi di Rakhine State di Myanmar.

Bidang Budaya

Indonesia turut berperan aktif dalam kegiatan kebudayaan Asean. Misalnya, mengirim tim kesenian untuk mengikuti dan mempromosikan kesenian dan budaya Indonesia ke berbagai negara di dunia. Mengundang seniman dari negara tetangga untuk mengadakan pentas seni di Indonesia. Menyelenggarakan festival dan pekan film. Mengadakan festival seni.

Laporkan hasil temuanmu kepada guru.

Kita sering mendengar bahwa abad 20 merupakan abad globalisasi. Berbagai peristiwa dari berbagai belahan dunia dapat kita saksikan langsung melalui layar televisi pada jam, menit, atau bahkan detik yang sama. Kita dapat berhubungan dengan sanaksaudara, kerabat, atau sahabat yang berada di negara lain dengan mudah. Kita seakan hidup dalam satu desa yang sangat besar.


Kunci Jawaban Halaman 7

Ayo Membaca

Baca teks ekplanasi ilimiah berikut dengan teliti.


Menghasilkan Energi Listrik

Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Tidak dapat dimungkiri, bahwa globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Dengan ditemukannya televisi, komputer, dan telepon genggam, arus informasi kemudian menyebar dengan begitu cepat ke berbagai negara di berbagai Tahukah kamu? Listrik mempunyai peranan penting di era globalisasi. Bagaimana produksi listrik di era globalisasi ini? Ayo, kita diskusikan. Kebutuhan akan listrik kemudian menjadi suatu hal yang harus dipenuhi bagi semua negara di era globalisasi saat ini.

Listrik dihasilkan di pusat pembangkit menggunakan beragam sumber energi. Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), air dari waduk/sungai (1) masuk melalui pintu (2) yang diatur oleh katup pengaman (3). Air kemudian masuk ke tangki pengaman tekanan (4). Air di dalam pipa pesat (5) mengalirkan dan mengarahkan air ke turbin (7) melalui katup pengatur tekanan (6) untuk mendapatkan tekanan energi yang besar. Energi potensial air kemudian menggerakan turbin. Energi gerak tersebut kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator (8). Energi listrik dari generator kemudian diatur kapasitas tegangannya dan dialirkan oleh transformer (9). Energi listrik kemudian dibagikan ke konsumen oleh saluran transmisi (10).

Komponen utama pada semua pembangkit energi listrik adalah turbin dan generator. Turbin tersebut harus bergerak untuk menghasilkan energi gerak yang kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator. Energi penggerak turbin, selain dari aliran air, juga bisa didapat dari angin (PLTA), panas bumi (PLTU), dan sumber energi lainnya. Adakah sumber energi di daerahmu yang bisa digunakan sebagai pembangkit energi listrik?

Baca kembali teks tersebut dengan teliti, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf pada diagram berikut.

Jawaban:


Kunci Jawaban Halaman 8

Ayo Menulis

Kamu telah memahami tentang proses menghasilkan energi listrik dengan komponen-komponen utama pada pembangkit tersebut.

Komponen utama pada semua pembangkit energi listrik adalah turbin dan generator/dinamo. Turbin tersebut harus bergerak untuk menghasilkan energi gerak yang kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator/ dinamo.

Pada pusat pembangkit dari waduk-waduk besar, energi listrik yang dihasilkan juga sangat besar dan mampu memenuhi kebutuhan listrik warga di banyak wilayah.

Di daerah perdesaan yang belum terjangkau aliran listrik dari pemerintah, warga terkadang membuat pembangkit listrik secara mandiri dengan memanfaatkan aliran air dari sungai atau air terjun yang ada di daerahnya. Pembangkit tersebut tentunya menghasilkan energi listrik yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik warga sekitar saja. Pembangkit listrik tersebut dinamakan pembangkit listrik mikrohidro yang memanfaatkan sumber energi alternatif dari aliran air yang ada di lingkungan sekitar.

Amati gambar pembangkit tenaga listrik mikrohidro pada gambar.


Cermati kembali proses menghasilkan energi listrik pada teks sebelumnya. Tuliskan proses dihasilkannya energi listrik oleh pembangkit listrik mikrohidro. Kamu dapat menambahkan gambar pada tulisanmu.

Jawaban:

Air sungai yang mengalir dari hulu bukit dengan mengalir dan melewati kincir air. Kemudian, energi potensial air menggerakan turbin atau dinamo. Energi gerak tersebut, diubah menjadi e energi listrik oleh generator/ dinamo. Sehingga, energi listrik dibagikan ke perumahan oleh saluran transmisi. Pada pusat pembangkit dari waduk-waduk besar, energi listrik yang dihasilkan juga sangat besar dan mampu memenuhi kebutuhan listrik warga di banyak wilayah.

Ayo Renungkan


1. Apa yang kamu pelajari hari ini?

2. Bagian mana yang sudah kamu pahami dengan baik? Jelaskan.

3. Bagian mana yang belum kamu pahami? Jelaskan.

4. Apa manfaat pembelajaran ini bagi kehidupanmu?

5. Apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?

6. Pelajaran berharga apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari? Beri contoh.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Amati benda-benda yang ada di sekitarmu (pakaian, barang elektronik, peralatan rumah tangga, dan kendaraan). Apakah kamu menemukan produk-produk yang berasal dari lintas negara? Catat temuanmu pada tabel di bawah ini.

Buatlah kesimpulan berdasarkan temuanmu sehubungan dengan globalisasi. Diskusikan temuanmu dengan orangtuamu.

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post