6 Cara Mengosongkan Memori Tanpa Menghapus Aplikasi, Agar Ruang Penyimpanan Luas

cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi


Dilema ruang penyimpanan yang melimpah telah menjadi momok yang mengganggu bagi banyak pengguna, yang kini tengah mencari cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi. Fakta ini menegaskan pentingnya peran ponsel sebagai alat bantu sehari-hari yang tak tergantikan.

Tentu saja, memori yang terlalu penuh akan merugikan kinerja ponsel dan menghambat penggunaan yang lancar. Oleh karena itu, solusi-solusi yang tidak melibatkan penghapusan aplikasi sangat dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa metode yang bisa digunakan untuk membersihkan ruang penyimpanan tanpa harus melakukan uninstallasi aplikasi.

1. Memindahkan File ke Memori Eksternal

Pemanfaatan memori eksternal, atau yang sering dikenal sebagai Micro SD, memberikan keuntungan besar bagi pengguna ponsel. Salah satu keunggulannya adalah kemampuan untuk mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi.

Dengan memasang memori eksternal, pengguna dapat menyimpan beberapa file di dalamnya untuk memindahkannya ke kapasitas memori tersebut. Dengan demikian, ruang penyimpanan internal ponsel tidak akan terganggu.

2. Menghapus File yang Tidak Digunakan

Kadang-kadang, pengguna dapat mengunduh beberapa file yang sebenarnya tidak lagi diperlukan atau relevan. Di sisi lain, terkadang mereka lupa untuk menghapusnya, sehingga file-file tersebut hanya memenuhi ruang penyimpanan di perangkat mereka.

Ketika menerima notifikasi bahwa ruang penyimpanan hampir penuh, langkah yang dapat diambil oleh pengguna adalah melakukan pengecekan terhadap file-file yang disimpan. Untuk file yang tidak lagi dibutuhkan, disarankan untuk dihapus agar dapat memberikan ruang yang lebih besar pada perangkat.

3. Menghapus Cache Aplikasi

Cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi yang ketiga juga bisa dengan cara menghapus cache aplikasi. Sampah yang dihasilkan dan menumpuk dari setiap aplikasi yang diunduh dan dijalankan dalam ponsel merupakan masalah yang harus diperhatikan. Dampaknya dapat merugikan pengguna karena dapat mengganggu kinerja sistem ponsel mereka.

Penumpukan cache juga berpotensi membebani ruang penyimpanan, yang pada akhirnya dapat mengisi kapasitas penyimpanan hingga penuh. Oleh karena itu, disarankan agar pengguna secara rutin menghapus cache dari setiap aplikasi yang terinstal dalam ponsel mereka.

4. Restart Ponsel

Kadang-kadang, ruang penyimpanan bisa menjadi penuh karena penggunaan yang terus-menerus dari ponsel tanpa istirahat. Tidak disangka bahwa panas yang dihasilkan oleh ponsel juga dapat mempengaruhi kapasitas penyimpanan dan membuatnya cepat penuh.

Agar ruang penyimpanan ponsel tetap terjaga, disarankan untuk melakukan restart secara teratur. Ini akan membantu menjaga kesehatan penyimpanan dan memperpanjang umur ponsel. Selain itu, penting untuk menghindari membiarkan ponsel mati secara tiba-tiba karena kehabisan baterai, karena hal ini dapat berdampak negatif pada kinerja sistemnya.

5. Menyimpan Data dengan Memanfaatkan Cloud

Pengguna sebenarnya dapat memanfaatkan layanan Cloud yang disediakan oleh ponsel yang mereka gunakan. Layanan ini merupakan opsi yang sangat baik untuk menyimpan file dengan kapasitas memori yang besar.

Untuk menyimpan data, pengguna dapat mengunggahnya ke Cloud menggunakan alamat email yang terhubung dengan ponsel mereka. Dengan cara ini, pengguna tidak perlu khawatir saat menghapus data karena telah tersedia cadangan yang disimpan sebelumnya.

6. Membersihkan Riwayat Penelusuran di Chrome

Untuk mengosongkan memori, salah satu langkah yang bisa diambil adalah dengan menghapus riwayat penelusuran di browser Chrome. Beberapa orang mungkin belum menyadari bahwa riwayat penelusuran sebenarnya dapat menghabiskan ruang memori yang signifikan. Berikut adalah langkah-langkah untuk membersihkannya:

  • Akses aplikasi Chrome di ponsel Android.

  • Klik opsi Lainnya yang berada di bagian kanan atas layar.

  • Pilih opsi History.

  • Setelah itu, klik opsi Hapus data penelusuran.

  • Untuk menghapus semua riwayat penelusuran, pilih opsi Sepanjang waktu.

  • Centang kotak yang terletak di sebelah kiri dengan label History Penelusuran.

  • Hapus centang pada data lain yang tidak ingin dihapus.

  • Terakhir, klik opsi Hapus Data dan proses selesai.

Nah itulah tadi uraian yang juga disertai penjelasan cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi. Jadi pada saat terdapat notifikasi ruang penyimpanan hampir penuh, pengguna bisa lakukan cara-cara diatas.

Rianda

Saya seorang penulis freelance

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post