Cara Memulihkan Akun Google Setelah di Reset dan Tips Agar Sukses

cara memulihkan akun google setelah di reset


Biasanya setelah melakukan reset pabrik pada smartphone, maka kondisi hp akan kembali ke setelan awal yakni masih kosong termasuk akun google. Cara memulihkan akun google setelah di reset ini bisa dilakukan dengan beberapa tahapan.

Seperti yang telah diketahui bahwa, akun google merupakan salah satu hal penting yang ada di tiap smartphone. Sehingga jika akun google tersebut ke logout, tentu pengguna harus login atau memulihkan kembali.

Namun tak mudah untuk melakukannya, pengguna harus melakukan beberapa tahapan khusus agar proses pemulihan tersebut dapat berhasil. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini terkait dengan bagaimana cara memulihkan akun google dan tips yang harus dilakukan agar berhasil.

Cara Memulihkan Akun Google Setelah di Reset

Hal pertama  yang akan dibahas yakni terkait dengan bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan akun google. Adapun hal yang harus dilakukan diantaranya:

  • Mulailah dengan membuka perangkat seluler pengguna.
  • Selanjutnya, buka aplikasi browser dan arahkan ke situs web resmi Google di https://accounts.google.com/signin/recovery.
  • Pada halaman tersebut, masukkan alamat email terkait akun yang ingin pengguna pulihkan, lalu klik tombol Next.
  • Kemudian, pengguna akan diminta untuk memasukkan kata sandi akun tersebut.
  • Setelah memasukkan kata sandi, masukkan juga kode yang dikirimkan melalui email atau nomor telepon pemulihan yang pengguna tetapkan sebelumnya.
  • Setelah berhasil masuk, pengguna akan diminta untuk memasukkan alamat email pemulihan. Masukkan alamat email yang valid, kemudian klik tombol Next.
  • Selanjutnya, periksa kotak masuk email pengguna dan cari email dari Google yang berisi instruksi untuk mengatur ulang kata sandi.
  • Setelah menemukan email tersebut, ikuti instruksinya untuk mengatur ulang kata sandi akun.
  • Masukkan kata sandi baru yang ingin pengguna gunakan, lalu konfirmasikan kata sandi tersebut.
  • Terakhir, klik tombol Change Password untuk menyimpan perubahan dan menyelesaikan proses pemulihan akun pengguna.

Tips yang Harus Dilakukan Agar Berhasil Memulihkan Akun Google

Setelah melakukan beberapa tahapan tersebut, namun pengguna juga harus mengikuti beberapa tips agar pemulihan dapat berhasil. Adapun beberapa tips yang dimaksud diantaranya:

1. Hindari Kesalahan Penulisan Kata Sandi

Pastikan untuk menghindari kesalahan saat memasukkan kata sandi. Perhatikan dengan seksama setiap ketikan pengguna dan pastikan untuk memperhatikan perbedaan huruf besar dan huruf kecil.

2. Jawab Pertanyaan Sebanyak Mungkin

Usahakan untuk selalu memperhatikan setiap pertanyaan yang muncul di Google dan berusaha memberikan jawaban terbaik. Jika merasa ragu, lebih baik memberikan estimasi terbaik daripada mengabaikan pertanyaan atau mengalihkan ke topik lain.

3. Masukkan Email Lain yang Terhubung dengan Akun

Pastikan alamat email yang pengguna berikan untuk pemulihan akun Google pengguna tetap aktif dan digunakan secara teratur. Ini penting untuk menerima pemberitahuan keamanan yang berkaitan dengan akun pengguna. Jadi, pastikan untuk memasukkan alamat email yang dapat diandalkan dan tetap berlaku untuk jangka waktu yang lama.

4. Gunakan Perangkat yang Sama

Pastikan pengguna memilih perangkat yang umum digunakan untuk mengakses informasi. Contohnya, gunakan laptop dan buka browser seperti Google Chrome atau Safari.

5. Tambahkan Detail Bermanfaat

Jika akses ke akun tidak tercapai melalui langkah-langkah yang diindikasikan, berikan rincian yang menggambarkan situasi dengan jelas.

Misalnya, jelaskan jika akun terkena serangan malware, lupa kata sandi, atau muncul pesan kesalahan spesifik. Menyertakan informasi ini akan mendukung proses pemulihan akun oleh pihak yang berwenang dengan memverifikasi detail yang relevan.

Itulah uraian terkait dengan cara memulihkan akun google setelah di reset. Selain itu, dalam penjelasan ini juga telah diberikan beberapa tips khusus agar pemulihan dapat berhasil.

Rianda

Saya seorang penulis freelance

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post