Pembelajaran 4, Bumiku dan Musimnya

Sekarang kita ada di pembelajaran 4, Tema 8, Subtema 2. Fukus pembelajaran kali ini adalah mata pelajaran IPA, Matematika, PJOK, PPKn. Langsung saja kita mulai pembahasannya. Pada Pembelajaran 3 kita sudah belajar tentang penyakit-penyakit yang timbul saat musim hujan tiba. Sekarang saatnya kita membuat sebuah poster. Di dalam postermu harus berisi informasi tentang penyakit yang kamu pilih dan ajakan untuk menghindari penyakit itu. Setelah selesai, kampanyekan postermu itu ke adik-adik kelasmu! Jelaskan juga tentang penyakit, gejala, penyebab, dan pencegahan penyakit serta ajakan untuk menghindarinya.

Penyakit demam dengue disebabkan oleh virus dengue yang penyebarannya terjadi melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus dimana nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus ini banyak berkembang biak di daerah beriklim lembap dan hangat serta padat penduduk. Demam dengue tidak bisa menular dari orang ke orang secara langsung selayaknya penyakit flu, melainkan melalui gigitan kedua nyamuk tersebut.

Berikut ini beberapa langkah pencegahan demam berdarah yang bisa dilakukan;
  1. Mensterilkan bagian dalam rumah dengan menyemprotkan cairan pembasmi nyamuk
  2. Membersihkan bak mandi dan menaburkan serbuk abate agar jentik-jentik nyamuk mati.
  3. Menutup, membalik, atau jika perlu menyingkirkan media-media kecil penampung air lainnya yang ada di rumah Anda.
  4. Memasang kawat antinyamuk di seluruh ventilasi rumah Anda.
  5. Memasang kelambu di ranjang tempat tidur.
  6. Memakai lotion antinyamuk, terutama yang mengandung N-diethylmetatoluamide (DEET) yang terbukti efektif. 
  7. Mengenakan pakaian yang longgar yang bisa melindungi dari gigitan nyamuk.
  8. Melakukan gotong royong untuk membersihkan lingkungan
  9. Mengadakan fogging untuk mensterilkan lingkungan dari nyamuk dan jentik-jentiknya.
Apakah pernah terjadi wabah penyakit menular di lingkunganmu? Apa yang dilakukan warga saat itu? Apakah yang dilakukan warga sudah menunjukkan hubungan saling ketergantungan? Jelaskan.
Di lingkungan pernah terjadi wabah penyakit menular yaitu penyakit Chikungunya. Saat terjadi wabah penyakit ini, warga berkordinasi dengan petugas dari dinas kesehatan untuk melakukan penanganan berupa pengobatan bagi penderita dan pemusnahan sumber penyakit tersebut.

Warga melakukan pengasapan atau vogging dan kerja bakti membersihkan lingkungan. Dan disini terjadi hubungan saling ketergantungan antar sesama warga. Warga membutuhkan dukungan obat-obatan dari dinas kesehatan dalam hal ini rumah sakit dan puskesmas. 

Ayo Analisis
Pada siang hari, suhu udara panas. Akibatnya, kaca jendela memuai. Namun, pada malam hari suhunya menurun. Perubahan suhu membuat kaca jendela menyusut. Karena itulah ukuran bingkai dibuat lebih besar daripada ukuran kaca. Ada cukup ruang tersedia saat kaca memuai sehingga kaca tidak pecah.

Pada malam hari cuaca cerah di musim kemarau, cobalah pergi ke luar teras rumahmu. Pandangilah Bulan. Bagaimana bentuk Bulan? Apakah Bulan bergerak? Apakah Bulan memiliki cahaya sendiri? Apakah Bulan berputar? Apa yang dikelilinginya?

Amati gambar berikut!
Apa yang dapat kamu simpulkan tentang gerak Bulan?
Bulan merupakan satelit bumi. Bulan bukan termasuk bintang karena tidak memancarkan cahaya sendiri. Cahaya bulan yang terlihat berasal dari cahaya matahari yang dipantulkan kembali oleh permukaan bulan. Seperti halnya bumi yang melakukan gerakan mengelilingi matahari, bulan melakukan gerakan yaitu;

a. Rotasi Bulan
Sama halnya dengan bumi dan planet planet lainnya, bulan juga berputar pada porosnya atau berotasi. Waktu yang diperlukan bulan untuk melakukan satu kali rotasi sama dengan waktu yang diperlukan bulan untuk berevolusi mengelilingi bumi, hal itu menyebabkan permukaan bulan yang menghadap bumi akan selalu terlihat sama.

b. Revolusi Bulan mengelilingi bumi
Selain berputar pada porosnya, bulan juga bergerak mengelilingi bumi yang disebut revolusi bulan. Akibat revolusi bulan, bulan akan tampak berubah-ubah jika dilihat dari bumi yang disebut dengan fase bulan. Fase bulan dipengaruhi oleh posisi bulan terhadap bumi dan matahari.

c. Revolusi bulan mengelilingi matahari
Selain berputar pada porosnya dan bergerak mengelilingi bumi, bulan juga bergerak mengelilingi matahari. Saat bumi bergerak mengeliling matahari bulanpun melakukan hal yang sama. Waktu yang diperlulan bulan untuk bergerak mengelilingi matahari sama dengan waktu yang diperlukan bumi untuk bergerak mengelilingi matahari, atau dengan kata lain adalah bahwa dalam 1 tahun, bulan hanya satu kali bergerak mengelilingi matahari dan duabelas kali bergerak mengelilingi bumi. . Hal inilah yang menyebabkan ada 12 bulan selama 1 tahun di dalam kalender masehi. Berikut akibat-akibat gerak bulan :
  • Adanya fase-fase bulan
  • Terjadinya pasang surut air laut
  • Terjadinya gerhana
  • Permukaan bulan yang terlihat dari bumi selalu sama
Fakta Sains
Bulan berotasi pada porosnya. Bulan berevolusi mengelilingi Bumi. Bulan selalu bersama Bumi sehingga disebut sebagai satelit Bumi. Bulan bersama Bumi mengelilingi Matahari. Hal itu disebut revolusi Bulan. Bulan tidak memiliki cahaya sendiri. Cahaya Bulan berasal dari pantulan yang diterima dari cahaya Matahari. 

Ayo Mencoba
Apakah bentuk Bulan akan selalu sama setiap hari? Amati gambar dan lakukan percobaan untuk membuktikannya!

Menguji Ketampakan Bulan Purnama
Alat dan Bahan
  1. Kotak sepatu besar.
  2. Kertas hitam.
  3. Bola plastik busa/styrofoam dengan ukuran diameter 5 cm.
  4. Lampu senter kecil dengan cahaya yang kuat, isolasi kertas, dan benang hitam.
Langkah Percobaan
  1. Lapisi permukaan kotak sepatu bagian dalam dengan kertas hitam.
  2. Gantungkan bola styrofoam dengan benang hitam 5 cm dan tempelkan ujung benang pada pertengahan penutup kotak.
  3. Buatlah 1 lubang yang sama besarnya dengan diameter lampu senter pada ujung kotak dan tutup rapat celah di antara lampu senter dan kotak dengan menggunakan isolasi kertas. Buat juga 5 lubang intip pada sisi-sisi kotak di mana 4 lubang pada tiap sisi memanjang dan 1 lubang pada posisi miring yang lebih rendah dari lampu senter.
  4. Pasang penutup kotak bersama bola yang tergantung padanya di atas kotak dan rapatkan tepi-tepinya dengan menggunakan selotip kertas.
  5. Nyalakan senter, lalu amati bola dengan mengintip melalui lubang-lubang intip dengan urutan seperti gambar.
Temukan Jawabannya
Seorang nelayan menangkap ikan dan udang pada saat air laut surut menggunakan jaring. Setiap jaring membutuhkan beberapa pelampung. Berikut adalah tabel dan data gambar yang menunjukkan banyak jaring dan pelampung yang dibutuhkan.
Data MasukData Keluar
11x3-2=1
22x3-2=4
33x3-2=7
44x3-2=10
55x3-2=13
Berapakah pelampung yang dibutuhkan pada setiap jaring? data masuk x 3 - 2

No comments for "Pembelajaran 4, Bumiku dan Musimnya"