Macam-Macam Gerak Otot

Pak Anto dan Beni kaget, tiba-tiba terdengar suara teriakan minta tolong. Mereka berdua pun segera mencari dan menghampiri sumber suara tersebut. Oh, ternyata kaki salah satu pekerja keseleo karena terpeleset saat melangkah keluar dari sawah. Dia nampak kesakitan sekali.
“Kenapa dengan Pak Bejo, Pak?” tanya Beni khawatir.
“Oh, kaki Pak Bejo keseleo. Rasanya sakit sekali,” jawab Pak Anto.
“Apa itu keseleo, Pak?” tanya Beni penasaran.
“Keseleo merupakan gangguan atau cedera yang terjadi pada otot.
Hal tersebut dapat terjadi karena adanya gerakan dadakan, kekurangsiapan otot untuk melakukan suatu gerakan, juga karena adanya paksaan gerakan pada otot,” jelas Pak Anto.

“Oh, begitu ya, Pak” sahut Beni.
“Beni, keseleo bisa terjadi kapan saja dan dimana saja serta dalam kegiatan apa saja, misalnya saat berolahraga. Salah satu jenis olahraga yang rentan terjadi keseleo atau cedera otot adalah sepak bola. Karena dalam sepak bola, kerja otot sangat diforsir. Tubuh harus bergerak dan berlari dalam waktu yang lama.” jelas Pak Anto.

“Oleh karena itu, untuk memperkecil kemungkinan terjadinya cedera, sebelum melakukan permainan sepak bola dan olahraga lainnya harus menguasai teknik-tekniknya terlebih dulu. Selain itu, kita harus melakukan pemanasan agar tulang dan otot-otot kita dalam keadaan siap,” tambah Pak Anto.

“Oh, menguasai tekhnik berarti sangat penting ya, Pak. Agar kita dapat melakukan permainan dengan baik, juga untuk memperkecil resiko terjadinya cedera,” kata Beni.

Setelah dirawat dan diobati, kaki Pak Bejo yang keseleo berangsur-angsur membaik. Dari yang sebelumnya tidak bisa digerakkan dan sakit, kini sudah bisa digerakan tanpa terasa sakit. Kaki Pak Bejo sudah bisa ditekuk, diluruskan dan diputar-putar. Pak Anto dan Beni pun senang melihatnya. Sekarang kaki Pak Bejo pun bisa digerak-gerakkan kembali. Pak Bejo pun dapat melakukan berbagai aktivitas yang memanfaatkan kerja otot.

Macam-Macam Gerak Otot
  1. Gerak meluruskan contohnya meluruskan lutut, siku dan ruas jari.
  2. Gerak menekan ke bawah atau menurunkan.
  3. Gerak memutar lengan sehingga telapak menelungkup.
  4. Gerak menjauhkan, contohnya gerak tungkai menjauhkan dari sumbu tubuh.
  5. Gerak yang memutar lengan sehingga tangan menegadah.
  6. Gerak yang mendekatkan sumbu tubuh contohnya gerak yang mendekatkan tungkai dengan sumbu tubuh.
  7. Gerak yang membengkokkan contohnya membengkokkan siku, ruas jari dan lutut.
Ayo Berkreasi!

Untuk menambah pemahamanmu mengenai otot buatlah model sederhana dengan menggunakan stryrofoam. Kegiatan ini dapat kamu lakukan bersama dengan kelompokmu.

Siapakan alat dan bahan:
Satu lembar styrofoam, pensil, spidol warna, pemotong/cutter

Langkah kerja:
  1. Menggambar pola pada styrofoam menggunakan pensil.
  2. Memotong styrofoam sesuai pola.
  3. Memberikan warna yang berbeda pada tiap-tiap jenis otot.
  4. Merangkai tiap jenis potongan sesuai gambar berikut.
Perhatikan contoh berikut.
Banyak fungsi dari jaringan otot pada tubuh manusia. Namun terkadang orang kurang memperhatikan cara menjaga kesehatan otot. Oleh karena itu sering terjadi kram, nyeri, atau cedera otot yang cukup menyakitkan. Bagaimanakah cara menjaga kesehatan otot?

Cara menjaga dan merawat otot pada manusia adalah sebagai berikut.

1. Menghindari gerakan yang membebani kerja otot secara berlebihan.
Agar terhindar dari gangguan atau cedera pada otot, maka kita harus menghindari kegiatan atau gerakan yang dipaksakan, gerakan tiba-tiba, dan kegiatan-kegiatan yang terlalu membebani kerja otot.

2. Melakukan peregangan
Lakukan beberapa gerakan peregangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas tertentu yang memanfaatkan kerja otot dalam jangka waktu yang lama seperti saat melakukan olah raga, berjalan jauh, dan berlari.

3. Melakukan latihan rutin
Banyak latihan fisik yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan otot. Latihan rutin ini dapat dilakukan dengan beban maupun tanpa beban, bisa dilakukan di dalam maupun di luar ruangan. Misalnya jogging, bersepeda, latihan kebugaran di pusat kebugaran, dan lain-lain.

4. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh
Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Sedikitnya mengonsumsi 6 gelas air sehari agar dapat menjaga kesehatan tubuh. Cairan dapat membantu otot melemas setelah berkontraksi serta dapat melembabkan sel-sel otot, sehingga tidak mudah mengalami ketegangan.

Selain fungsi tersebut, cairan tubuh mempunyai fungsi lain diantaranya;

a. Mengatur suhu tubuh
Bila kekurangan air, suhu tubuh akan menjadi panas dan naik

b. Melancarkan peredaran darah
Jika tubuh kita kurang cairan, maka darah akan mengental. Hal ini disebabkan cairan dalam darah tersedot untuk kebutuhan dalam tubuh. Proses tersebut akan berpengaruh pada kinerja otak dan jantung.

c. Membuang racun dan sisa makanan
Tersedianya cairan tubuh yang cukup dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Air membersihkan racun dalam tubuh melalui keringat, air seni dan pernafasan..

d. Mengatur Struktur fungsi Kulit
Air sangat penting untuk mengatur struktur dan fungsi kulit. Kecukupan air dalam tubuh berguna untuk  menjaga kelembaban, kelembutan, dan elastisitas kulit akibat pengaruh suhu udara dari luar tubuh.

e. Berperan dan Proses Perncernaan
Peran air dalam proses pencernaan untuk mengangkut nutrisi dan oksigen melalui darah untuk segera dikirim ke sel – sel      tubuh. Konsumsi air yang cukup akan membantu kerja sistem  pencernaan  di dalam usus besar karena gerakan usus menjadi lebih lancer sehingga feses pun keluar dengan lancar.

f. Pernafasan
Paru – paru memerlukan air untuk pernafasan karena paru – paru harus basah dalam bekerja memasukkan oksigen ke sel –  sel tubuh dan memompa karbondioksida keluar tubuh.

5. Mengonsumsi makanan yang bergizi dan bermanfaat bagi otot
Banyak jenis makanan yang mengandung gizi yang baik bagi otot, khususnya untuk pembentukan otot. Makanan-makanan tersebut antara lain putih telur, susu, ikan tuna, sayur brokoli, dada ayam, daging sapi, minyak ikan, keju, kacang almond dan kacang arab, dan bayam.

6. Meringankan nyeri otot
Gunakan krim khusus otot untuk menimbulkan rasa hangat sehingga otot yang kram menjadi lebih rileks. Untuk nyeri otot karena olehraga, biasanya mulai terasa satu atau dua hari setelah olahraga dan bisa dialami oleh siapapun tidak soal tingkat kebugaran tubuhnya. Artinya, orang yang sudah biasa olahraga pun bisa mengalami nyeri otot setelah olahraga.

Nyeri pada otot seusai melakukan aktivitas fisik yang energik disebut sebagai DOMS—Delayed Onset Muscle Soreness. Ini merupakan sesuatu yang biasa terjadi saat seseorang baru memulai suatu program latihan, mengubah rutinitas latihan, atau meningkatkan intensitas latihan rutin. Apabila otot-otot dilatih sedemikian kerasnya atau dengan cara yang berbeda dari biasanya, bisa terjadi kerusakan mikroskopis di serat-serat otot. Inilah yang menyebabkan otot menjadi nyeri dan kaku.

Cara Menghilangkan Nyeri Otot Setelah Olahraga
  • Peregangan: 
Saat otot sedang dalam masa pemulihan, otot cenderung jadi tegang sehingga memperburuk rasa nyeri. Untuk mengatasinya, lakukanlah peregangan secara perlahan di bagian yang terasa nyeri. Hal ini akan mengurangi ketegangan otot dan meredakan rasa sakit.
  • Pijatan:
Memijat otot yang sakit dapat membantu mengurangi ketegangan sekaligus meningkatkan kelancaran peredaran darah. Jika dilakukan terus-menerus, hal ini pada akhirnya akan membantu mempercepat proses pemulihan nyeri otot DOMS.
  • Mandi air hangat:
Sama seperti pijatan, air hangat dapat meregangkan otot-otot yang tegang sekaligus meningkatkan sirkulasi darah. Memiliki sirkulasi darah yang lancar artinya lebih banyak oksigen dan nutrisi yang diedarkan ke otot dan mempercepat proses pemulihan otot.
  • Kompres panas dan dingin:
Tempelkan kompres es selama 15 menit kemudian diikuti dengan kompres panas selama 15 menit, dan ulangi lagi. Penelitian membuktikan bahwa perpaduan kompres panas dan dingin sangat efektif untuk melancarkan sirkulas darah dan menyembuhkan otot-otot yang terluka.

Ayo Membaca!
Ade Rai, Binaragawan Perkasa Indonesia

Ade Rai adalah sosok pria perkasa yang sangat terkenal di Indonesia, bahkan di dunia. Sebagai binaragawan Indonesia, banyak sudah prestasi yang diraihnya, baik di tingkat nasional maupun internasional. Saat ini Ade Rai telah pensiun sebagai atlet binaraga, meskipun demikian, ia tetap aktif menjadi pembina dan membuka tempat kebugaran di beberapa daerah di Indonesia.

Pada waktu kecil, Ade Rai hanya seorang anak kecil yang memiliki tubuh kurus, bahkan bisa dibilang sangat kurus. Pada umur 10 tahun, Ade Rai hanya memiliki berat badan 25 kg. Bahkan, hingga mencapai remaja dengan tinggi 183 cm, berat badan Ade Rai hanya 55 kg.

Ade Rai, dia memiliki minat yang tinggi dalam bidang olahraga. Pada awalnya dia menggeluti bidang olahraga bulu tangkis. Namun, Ade Rai tidak begitu lama menggeluti bulu tangkis, hingga pada akhirnya dia lebih memilih untuk menjadi seorang atlet binaraga.

Prestasi pertama Ade Rai dalam bidang binaraga diraih pada tahun 1995. Prestasi tersebut memicunya untuk terus aktif mengikuti berbagai kejuaran, mulai dari lingkup kecil hingga besar, mulai dari lokal, nasional, hingga internasional. Hingga akhirnya Ade Rai terus berkembang dan meraih prestasi demi prestasi dari berbagai kejuaraan.

Masalah prestasi yang diraih Ade Rai tidak perlu diragukan lagi. Dari berbagai kejuaraan yang diikutinya selalu membuahkan hasil yang mengagumkan. Salah satunya kemenangannya di Musclemania World (Kejuaraan Dunia Binaraga ) kelas berat ringan. Dari situlah kemudian membawa Ade Rai menuju ke kejuaraan multi-event Asia Tenggara (Sea Games) pada tahun 1997. Pada kejuaraan tersebut Ade rai pun mampu mempersembahkan emas bagi bangsa Indonesia. Bahkan, setelah itu masih banyak piala dan medali yang dia raih dari berbagai kejuaraan tingkat nasional dan internasional.

Berkat prestasi-prestasinya itulah, Ade Rai turut mempromosikan binaraga di Indonesia. Dari sebelumnya yang sepi peminat, hingga akhirnya olahraga binaraga menjadi olahraga yang banyak diminati di Indonesia, baik oleh pria maupun wanita.

Setelah pensiun sebagai atlet pun, Ade Rai masih berkecimpung dalam dunia binaraga. Dia membuka beberapa pusat latihan dan kebugaran di beberapa daerah. Selain itu, Ade Rai juga menjual suplemen dan melakukan perlatihan sertifikasi untuk para profesional di bidang fitness. Ade juga aktif mengampanyekan hidup sehat melalui fitness dengan menerbitkan buku dan majalah serta menjadi pembicara di berbagai seminar dan acara.
Disarikan dari wikipedia

Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok masing-masing paragraf.
ParagrafIde Pokok
1Ade Rai adalah binaragwan
yang tidak hanya terkenal di Indonesia,
tetapi juga di dunia.
2Pada waktu kecil, Ade Rai
hanya serorang anak kecil yang memiliki
tubuh kurus, bahkan bisa dibilang
sangat kurus.
3Ade Rai memiliki minat yang
tinggi dalam bidang olahraga.
4Prestasi pertama Ade Rai
dalam bidang binaraga diraih pada
tahun 1995.
5Prestasi yang diraih Ade Rai
tidak perlu diragukan lagi.
6Berkat prestasi-prestasinya itulah,
Ade Rai turut mempromosikan
binaraga di Indonesia.
7Setelah pensiun sebagai atlet,
Ade Rai masih tetap berkecimpung
dalam dunia binaraga.

Seorang atlet binaraga memerlukan latihan yang rutin, terukur, dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar dalam membentuk otot-ototnya. Selain itu, mereka juga menjaga sekali pola makannya. Tentunya dengan pola makan yang sehat. Mereka sangat memperhatikan asupan makanannya mulai dari gizi, komposisi, porsi, dan kebersihannya. Jadi, untuk menjadi seorang binaragawan tidak bisa dilakukan secara instan dengan hanya minum obat-obatan atau suplemen penambah massa otot saja. Apalagi sampai mengkonsumsi bahan-bahan berbahaya hanya sekedar ingin cepat mendapatkan otot yang besar.

No comments for "Macam-Macam Gerak Otot"