Widget HTML Atas

Kelas 5, Tema 4, Subtema 1, Pembelajaran 2

Banyak minum air putih dapat membantu menjaga kesehatan tubuh manusia. Pertanyaan yang mancul kemudian adalah Mengapa Minum Air Jadi Penting? 70 persen tubuh kita terdiri dari air. Bila kebutuhan air dalam tubuh tidak terpenuhi, maka tubuh akan menanggung sejumlah konsekuensi kesehatan jangka pendek dan jangka panjang yang negatif. Dehidrasi yang berkepanjangan misalnya, dapat menyebabkan rheumatoid arthritis, migrain, angina, kolitis, dispepsia, hipertensi, obesitas, wasir, kanker payudara, tuberkulosis paru, batu ginjal, sinusitis, dan kanker rahim. Cara penerapannya

Minum air setelah bangun tidur adalah metode hidup sehat yang telah terbukti untuk mengobati kelainan tubuh, gangguan menstruasi, dan penyakit terkait mata. Selain itu, Anda akan merasa segar kembali seharian setelah mengikuti perawatan air ini.
  1. Minumlah empat gelas air dengan takaran sekitar 160 ml air per gelas setelah bangun tidur, sebelum menyikat gigi dan dengan kondisi perut kosong.
  2. Jangan makan apapun selama 45 menit berikutnya.
  3. Minumlah air 30 menit sebelum makan.
  4. Jika Anda tidak bisa minum empat gelas air pada saat perut kosong, maka Anda bisa memulainya dengan satu gelas atau sebanyak yang Anda butuhkan. Anda bisa secara bertahap meningkatkan asupan air sampai Anda mencapai tingkat yang diinginkan sebesar 640 ml.
Agar tubuh terhindar dari penyakit-penyakit serius tersebut, maka bantu tubuh kita untuk lebih banyak mengkonsumsi air putih agar tetap terhidrasi sepanjang hari.

“Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Semboyan tersebut sangatlah benar adanya. Apabila tubuh seseorang sehat, orang itu pun akan kuat. Kuat di sini tidak hanya kuat dalam hal fisik. Namun, juga kuat dalam berpikir. Salah satu cara supaya tubuh sehat yaitu dengan cara rajin berolahraga. Perhatikan gambar Udin dan teman-temannya yang sedang bermain bola voli mini.

Ayo Amati
Amatilah gambar di atas! Apa saja alat yang digunakan olahraga bola voli mini?
Alat yang digunakan dalam olahraga bola voli mini
  1. Bola voli
  2. Net
  3. Lapangan
  4. Kaos seragam, sepatu, dll
Bola voli mini adalah modifikasi dari permainan bola voli standar. Bola voli mini mengembangkan peraturan-peraturan bola voli standar. Agar menarik dan lebih mudah dilakukan anak-anak usia 9 sampai 13 tahun.

Bola voli mini dimainkan di lapangan dengan ukuran panjang 12 meter dan lebar 4,5 meter. Tinggi net (jaring) 2,10 m bagi tim putra dan 2 m bagi tim putri. Bola sesuai dengan kriteria yang tertera pada peraturan biasa, hanya lebih ringan (± 200 gram). Teknik permainan bola voli mini sama dengan permainan bola voli standar, yaitu ada servis, passing, smash, dan membendung (blocking).

Ayo Diskusikan
Cara servis
  1. Berdiri di area yang digunakan untuk servis.
  2. Mengambil sikap awal: kaki kiri sedikit maju, lebih maju dibandingkan dengan kaki kanan.
  3. Pegang bola voli pada tangan kiri, dan tangan kanan mengepal.
  4. Ayunkan tangan kanan dari arah belakang
  5. Bola voli dilambungkan ke atas, kemudian tangan kanan diayunkan ke depan hingga memukul tepat pada bagian bawah bola.
  6. Bola dipukul keras hingga melewati net ke daerah lawan.
Cara passing
a. Passing atas
  1. Ambil sikap awal yaitu berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua lutut kaki agak ditekuk dan badan merendah atau agak dibungkukkan ke depan. Berat badan bertumpu pada ujung kaki bagian depan. 
  2. Saat bola datang, secepat mungkin tempatkan badan di bawah bola, dengan tangan diangkat, dan lengan agak ditekuk, serta telapak tangan terbuka lebar dengan jari-jari renggang dan membentuk cekung seperti mangkok. Kedua ibu jari dan telunjuk yang berdekatan akan membentuk seperti setengah lingkaran ataupun segitiga. 
  3. Saat bola sudah tepat berada di atas dari badan, dengan kedua tangan ditekuk pada bagian siku ataupun pergelangan tangan. Posisi tangan harus sedikit berada diatas dahi. Perkenaan bola yang baik yaitu tepat mengenai jari-jari tangan. 
  4. Saat bola menyentuh jari, jari-jari harus sedikit ditegangkan agar bola dapat memantul dengan baik, dan kemudian didorong dengan menggerakkan pergelangan tangan yang selanjutnya diikuti dengan gerakan meluruskan siku. Dalam mendorong bola jari yang paling dominan saat mendorong adalah ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah. 
  5. Gerakan diakhiri dengan tumit sedikit terangkat dari lantai, pinggul dan lutut naik, kedua lengan luru serta pandangan mengikuti arah gerakan bola. Ini merupakan gerak dasar dalam melakukan gerakan dorongan.
b. Passing Bawah
  1. Sikap badan berdiri, kedua kaki dibuka selebar bahu, dan kedua lutut agak ditekuk.
  2. Badan agak condong ke depan, pandangan ke arah datangnya bola.
  3. Kedua tangan dirapatkan dan diluruskan di depan badan.
  4. Perkenaan bola pada bidang datar lengan bawah dekat pergelangan  tangan.
  5. Saat perkenaan, gerakkan kedua lengan ke atas dengan sumber gerakan dari pangkal bahu, kemudian luruskan kedua tangan.
  6. Gerakan tangan disesuaikan dengan keras atau lemahnya kecepatan bola yang datang
Cara smash
  1. Melakukan awalan 1 sampai dengan 3 langkah.
  2. Langkah yang dibuat menggunakan langkah kaki yang lebar.
  3. Pada saat mendekati net kedua lengan di ayunkan ke belakang.
  4. Kedua kaki dihentakan bersusulan, lalu meloncat
  5. Saat lengan yang akan memukul mulai terayun ke depan,punggung menegang ke belakang.
  6. Bola di pukul dengan lengan terjulur, tangan terbuka dan menaungi bola. Sementara pergelangan tangan harus longgar.
Cara membendung
  1. Melakukan langkah ke kiri atau kekanan.
  2. Meloncat ke atas dengan bertumpu pada kedua kaki.
  3. Menggerakkan lengan dan tangan agar dapat menguasai bola.
  4. Mendarat secara lentik dengan kedua kaki.
  5. Tolakan dilakukan sesaat setelah smasher melakukan tolakan ke atas. Hal ini berlaku kalau bola di-set up dekat dengan jaring. Kalau bola di-set up agak jauh dari jaring, maka saat tolakan agak sedikit diperlambat.
Dalam bermain bola voli mini dibutuhkan tubuh yang sehat dan otot yang kuat. Mengapa demikian? Dalam olahraga bola voli mini pemain banyak melakukan gerak, di antaranya melangkahkan kaki pada saat akan menerima bola, meloncat ke atas pada saat membendung bola dan melakukan smash. Kadang-kadang juga meliukkan badan dalam mengantisipasi datangnya bola.

Bagian tubuh kita ada yang dinamakan rangka tubuh. Rangka tubuh berfungsi di antaranya sebagai pendukung berbagai gerakan. Rangka tubuh manusia merupakan kumpulan tulang-tulang yang menyusun tubuh manusia. Bagian-bagian rangka tubuh terdiri atas rangka kepala, rangka badan, dan rangka anggota gerak.

1. Rangka kepala
2. Rangka badan
3. Rangka Anggota Gerak
Rangka berfungsi sebagai penopang dan penunjang tegaknya tubuh, menguatkan tubuh, tempat melekatnya otot, memberi bentuk tubuh, serta melindungi bagian-bagian tubuh yang lunak. Contoh rangka pelindung bagian tubuh yang lunak sebagai berikut.
  1. Tengkorak kepala melindungi otak, mata, telinga, hidung, dan saluran pernapasan bagian atas.
  2. Ruas-ruas tulang leher melindungi tenggorokan dan kerongkongan.
  3. Tulang dada melindungi paru-paru, jantung, dan alat pencernaan.
  4. Rangka pinggul melindungi alat pencernaan dan alat reproduksi.

Tulang-tulang pada rangka manusia harus dirawat supaya tetap sehat. Cara merawat kesehatan tulang di antaranya dengan berolahraga secara teratur dan makan makanan yang bergizi. Berolahraga secara teratur dapat memperkuat tulang. Berolahraga sebaiknya dilakukan pada waktu pagi hari. Sinar matahari pagi sangat baik bagi kesehatan tulang. Sinar matahari pagi membantu mengubah provitamin D menjadi vitamin D.

Ayo Bacalah
Mengapa air begitu penting bagi kehidupan?
Air (H2O) sangat penting bagi semua makhluk hidup terutama bagi kehidupan manusia. Beragam aktivitas manusia selalu berhubungan dengan air, seperti mencuci, mandi, dan minum. Dalam membangun tempat tinggal, manusia juga membutuhkan air. Air sebagai pelarut campuran semen dan pasir supaya bangunan berdiri kokoh. Coba bayangkan, apa jadinya jika campuran semen dan pasir tanpa kehadiran air. Tanpa air, tentu semen dan pasir tidak dapat bersenyawa dengan baik. Bagi manusia, air tidak pernah dapat digantikan oleh senyawa lain. Tubuh manusia terdiri atas 65% air dan sekitar 47 liter air terdapat pada orang dewasa. Setiap harinya 2,50 liter dari jumlah air tersebut harus diganti dengan air baru. Diperkirakan dari sejumlah air yang harus diganti, 1,5 liter berasal dari air minum dan sekitar 1 liter berasal dari bahan makanan yang dikonsumsi. Dengan terpenuhinya kebutuhan air, maka seluruh proses metabolisme dalam tubuh manusia bisa berlangsung dengan lancar. Sebaliknya, jika kekurangan air, maka proses metabolisme terganggu, tubuh manusia bisa mengalami dehidrasi. Peristiwa dehidrasi ini dapat menimbulkan hal-hal berikut.
  1. Penyakit diare. Diare dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan.
  2. Dehidrasi bisa terjadi karena melakukan olahraga berat sehingga banyak mengeluarkan keringat yang merupakan hasil metabolisme dalam tubuh untuk menghasilkan energi. Jika banyak mengeluarkan keringat, berarti banyak cairan tubuh keluar.
  3. Dehidrasi bisa terjadi pada orang yang berada di daerah yang sangat kering atau tandus.
  4. Dehidrasi juga bisa terjadi pada orang yang bekerja di ruangan ber-AC. AC dapat menyedot cairan yang ada di sekitarnya.
Bahkan jika tidak ada air yang masuk ke tubuh manusia dalam waktu yang lama, manusia tidak akan bisa hidup.

Dengan air, tumbuh-tumbuhan dapat tumbuh subur sehingga menghasilkan buah enak dan pemandangan hijau menyejukkan mata. Dengan air, hewan-hewan dapat hidup sehingga daging dan air susu dapat berguna bagi kesehatan manusia. Hewan laut (seperti ikan) tidak akan dapat hidup tanpa air.

Disadur dari: http://www.chem-is-try.org

No comments for "Kelas 5, Tema 4, Subtema 1, Pembelajaran 2"