Globalisasi di Sekitar Kita

Globasilsasi berasal dari kata globe yang artinya dunia. Sedangkan globalisasi berarti mendunia. Ini dapat diartikan juga dunia yang begitu luas dimana jarak antarnegara tidak lagi menjadi halangan untuk bisa saling berhubungan. Dan kemajuan teknologi berperan penting dalam terciptanya proses globalisasi ini. Kita ambil contoh saat menyaksikan televisi yang menayangkan peristiwa di berbagai belahan bumi. Kita bisa mengetahui bahkan secara langsung peristiwa yang terjadi di berbagai belahan bumi. Kita juga bisa berkomunikasi dengan kerabat atau teman yang tinggal di negara lain dengan mudah. Semua ini bisa terjadi berkat kemajuan teknologi dan komunikasi yang begitu canggih.

Adanya globalisasi ini bukan tanpa pengaruh. Globalisasi mampu memengaruhi perilaku masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan. Baik pada masyarakat perkotaan ataupun masyarakat yang tinggal di perdesaan. Pengaruh globalisasi ini bisa berdampak positif dan juga negatif, dan kita harus bisa memilih yang baik untuk diterapkan dan yang buruknya kita tinggalkan.
Perubahan perilaku akibat globalisasi ini dapat kita lihat pada gaya hidup. Perubahan pola hidup yang sangat jelas terlihat di kota besar seperti Jakarta yang banyak dipenuhi gedung-gedung pencakar langit. Sebagaimana pula yang terlihat pada kota-kota besar yang ada di negara lain yang telah maju. Kehidupan masyarakatnya pun telah berubah karena pengaruh dari barat. Mulai dari pakaian, rambut, bersosialisasi dan gaya rumah. Namun perlu juga diingat tidak semua pengaruh yang datang dari luar negara kita bisa diterapkan begitu saja. Perilaku bangsa lain yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa kita hendaknya kita jauhi.

Yang kedua adalah makanan. Jika dahulu kita menjadikan nasi sebagai makanan pokok, maka dengan adanya globalisasi kita mengenal mie, spaghetti, burger dan pizza sebagai pengganti makanan pokok. Kita bisa menjumpai berbagai makanan asal negara lain di sekitar kita. Berbagai restoran cepat saji pun tersebar di nusantara seperti Mc Donald, Pizza Hut, dan KFC yang semua makanan dan minuman yang disajikan berasal dari Negara Amerika. Kini dengan adanya globalisasi, makanan asing tersebut mudah dijumpai di mana-mana terutama di pusat-pusat perbelanjaan.

Yang ketiga adalah Pakaian. Celana jeans, T-Shirt, setelan jas, gaun malam, baju pesta, hingga baju pengantin juga tidak terlepas dari dampak globalisasi yang ada di sekitar kita. Setelan jeans dan T-shirt mudah sekali kita jumpai. Bahkan setelan jas yang dahulu hanya dipakai oleh bangsa barat, kini sudah menjadi pakaian resmi internasional. Gaun malam, baju pesta, dan baju pengantin ala barat yang beragam, juga bisa dimiliki dengan mudah. Baju-baju tersebut berasal dari negara barat yang kini sudah mendunia.
Berikutnya adalah perubahan perilaku di bidang telekomunikasi. Adanya smartphone merupakan salah satu kemajuan teknologi komunikasi yang berkembang seiring arus globalisasi yang ada. Teknologi internet yang kian berkembang juga memungkinkan orang untuk berkomunikasi dan bertukar informasi di berbagai belahan dunia manapun dengan cepat dan aktual.

Kelima adalah bidang transportasi. Pesawat terbang merupakan salah satu contoh kemajuan di bidang transportasi sebagai dampak lain dari arus globalisasi. Dengan adanya pesawat terbang, perpindahan arus barang dan orang dari satu negara ke negara lainnya menjadi cepat dan mudah. Jauhnya jarak, tidak lagi menjadi masalah. Perkembangan jenis pesawat pun semakin beragam dan semakin canggih.

Dan terakhir adalah nilai-nilai trasdisi. Nilai atau norma merupakan aturan yang tidak tertulis namun diakui dan dihormati oleh masyarakat. Namun nilai-nilai tersebut kini sudah mulai bergeser bahkan bercampur dengan nilai-nilai yang baru yang berasal dari luar. Tradisi nenek moyang pun perlahan sudah mulai terlupakan. Sebagai orang yang pandai dan cinta tanah air, sepantasnyalah kita tetap mempertahankan nilai dan tradisi yang sesuai dengan kepribadian bangsa.

Bukti-bukti adanya pengaruh globalisasi
Arus globalisasi yang melanda masyarakat kita telah terasa dampaknya dalam kehidupan kita sehari-hari. Penggunaan handphone, komputer, mobil, baju dan makanan yang sama dengan masyarakat di berbagai negara lain merupakan bukti adanya dampak globalisasi terhadap kehidupan masyarakat. Dengan demikian seolah-olah tidak ada batas antara negara satu dengan negara lainnya. Sebenarnya banyak bukti-bukti dampak globalisasi yang ada, berikut ini ada beberapa yang bisa kita lihat di sekitar kita.

a. Media Cetak dan Elektronik
Dengan adanya media cetak dan elektronik, produsen dengan mudah memberikan informasi suatu produk kepada konsumen. Media cetak itu meliputi surat kabar, majalah, tabloid, selebaran iklan, dan lain-lain. Sedangkan media elektronik antara lain televisi, radio, dan internet. Di era globalisasi ini, membuat iklan untuk memperkenalkan produk menjadi sangat penting agar masyarakat mengenal produk yang ditawarkan.

Di dalam persaingan antar produsen, periklanan berperan penting dalam menunjang keberhasilan penjualan suatu produk. Di antaranya dengan menggunakan artis sebagai bintang iklan. Cara ini lebih efektif karena masyarakat lebih dahulu mengenal artis yang membawakan produk tertentu. Tengoklah televisi yang menayangkan berbagai iklan dengan dibintangi seorang atau beberapa artis terkenal.

b. Pariwisata
Dampak lain yang timbul dari arus globalisasi adalah gencarnya informasi mengenai pariwisata melalui teknologi komunikasi yang ada. Wisatawan mancanegara banyak berdatangan ke negara kita untuk mengunjungi berbagai objek wisata yang ada di Indonesia. Bahkan tidak hanya kawasan wisata yang merasakan dampaknya, penduduk sekitar kawasan pun telah merasakan manfaatnya, mulai dari peningkatan pendapatan yang mereka terima hingga lapangan kerja yang tersedia. Ini merupakan dampak positif dari adanya pengaruh globalisasi. Dengan adanya wisatawan mancanegara ini, menambah pendapatan negara kita. Para wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam dan budaya yang ada di negara kita ini, telah memberikan keuntungan yang besar bagi masyarakat dan negara kita.

c. Migrasi
Migrasi adalah perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya. Alasan penduduk untuk bermigrasi bisa bermacam-macam. Ada yang ingin memperoleh pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik di tempat lain hingga akhirnya menetap, dan ada pula yang sementara untuk keperluan belajar atau bisnis. Perpindahan penduduk ini ditunjang dengan kemudahan teknologi transportasi yang semakin maju dan angkutan yang memadai.

d. Telekomunikasi
Kita mungkin pernah menggunakan internet, untuk sekadar chating, mengirim email atau bermain games dengan orang di tempat yang jauh bahkan tidak kita kenal sekalipun. Dengan teknologi internet, kita mengenal teleconfrence yang memungkinkan seseorang yang saling berjauhan bisa bertatap muka. Perkembangan teknologi melalui satelit memberikan peran berarti untuk kemajuan telekomunikasi. Pengertian telekomunikasi itu sendiri adalah komunikasi yang dilakukan dari jarak jauh.

Ternyata banyak sekali bukan dampak yang bisa dirasakan dalam kehidupan masyarakat kita. Kenyataan ini membuktikan bahwa pengaruh globalisasi ini memberikan manfaat yang besar bagi kita, walaupun tak dipungkiri pula ada dampak negatif yang ditimbulkannya.

Lalu bagaimanakah sikap kita terhadap globalisasi? Arus globalisasi yang demikian besar yang telah melanda negeri kita ini, memang tidak mungkin lagi kita bendung. Dampak positif dan negatif pun mau tak mau akan masuk dalam masyarakat kita. Tidak adanya batas yang menghalangi masuknya informasi baik teknologi maupun komunikasi ini, menjadikan kita untuk mampu memilih dan memilah informasi yang bermanfaat bagi kehidupan.

Sikap masyarakat kita pun beragam dalam menanggapi arus globalisasi yang melanda. Ada yang menerimanya dengan terbuka dan dengan senang hati menerapkannya dalam kehidupan dengan harapan untuk kemajuan, dan ada juga yang tidak mau menerimanya karena menganggap globalisasi ini akan berdampak buruk untuk kehidupan sosial masyarakat dan menimbulkan kesenjangan yang besar antara yang kaya dan miskin.

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post