Keseimbangan Ekosistem Pada Bumi


Poin yang paling penting adalah keseimbangan alam dalam suatu ekosistem dipertahankan. Keseimbangan ini dapat terganggu karena pengenalan spesies baru, kematian mendadak beberapa spesies, bahaya alam, atau sebab buatan manusia. Kali ini kita akan mengeksplorasi bagaimana populasi manusia dan pembangunan mempengaruhi keseimbangan ekologis.

Organisme Bumi berinteraksi dengan lingkungannya dalam siklus yang seimbang. Tumbuhan menggunakan energi dari matahari, dan mereka menjadi makanan bagi makhluk lain. Siklus ini berlanjut ketika bentuk-bentuk kehidupan tanaman dan hewan mati dan dikonsumsi oleh mikroorganisme. Siklus kehidupan ini terancam bahaya dari pemanfaatan sumber daya alam yang berlebihan oleh manusia dan kerusakan ekosistem akibat polusi. Baca lebih lanjut tentang menjaga ekosistem yang seimbang. 

Kelola konsumsi bahan bakar fosil kami. 

Perluasan peradaban adalah beban yang tumbuh pada ekosistem. Mineral, bahan bakar fosil dan sumber daya alam lainnya menghilang dengan sangat cepat. Penangkapan ikan yang berlebihan dan perusakan habitat menciptakan hilangnya keanekaragaman hayati yang akan memiliki konsekuensi negatif jangka panjang pada ekosistem. Penggunaan berlebihan mengancam spesies dengan kepunahan. kami dapat melihat ekosistem laut ini, yang merupakan beberapa spesies dapat mengancam seluruh ekosistem. Upaya terpadu untuk menggunakan sumber daya alam secara berkelanjutan akan membantu melindungi dan menjaga keseimbangan ekologis.


Kontrol Populasi 

Mengontrol laju peningkatan populasi mengurangi kerusakan ekosistem. Di alam, predator mencegah spesies dari populasi berlebihan. Sayangnya, manusia tidak memiliki predator alami untuk mengendalikan populasi. Penting untuk mengambil tindakan di tingkat individu dan tingkat pemerintah untuk mengendalikan populasi. Masalah ini penting meskipun sensitivitas emosional, budaya atau agama terhadap masalah ini. Sama seperti terlalu banyak ikan di akuarium kami yang mengotori air, terlalu banyak manusia yang bisa mengganggu keseimbangan ekologis. Antara 1927 dan 1987, populasi Bumi meningkat menjadi 5 miliar. Pada tahun 1999 total populasi mencapai 6 miliar, dan diperkirakan hampir 9 miliar orang akan hidup di Bumi pada tahun 2050. Mengontrol tingkat kelahiran melalui kontrasepsi dan keluarga berencana akan mengurangi tekanan pada ekosistem dengan mengurangi tingkat di mana orang mengkonsumsi sumber daya alam.

Lindungi Air 

Kontaminasi dari limbah, polusi dari manufaktur dan limpasan pertanian mengancam keseimbangan ekosistem laut. Selokan dan pertanian menyebabkan kaskade efek merusak pada ekosistem. Mengambil langkah-langkah untuk mengurangi atau menghilangkan sumber-sumber non-titik seperti jalan dan pertanian akan membantu menjaga keseimbangan ekologis. Limbah dan limpasan pupuk pertanian dapat menyebabkan pertumbuhan ganggang yang cepat di danau dan sungai. Pertumbuhan blok ganggang dan kehabisan oksigen di dalam air. Ini menyebabkan kehidupan tumbuhan alami di ekosistem laut berkurang jumlahnya. Hewan-hewan yang mati pada hewan mati memangsa mereka. Ganggang yang membusuk mempromosikan pertumbuhan organisme anaerob, yang melepaskan senyawa yang beracun bagi hewan laut.


Daur ulang mengurangi permintaan akan sumber daya alam. 

Melindungi keseimbangan ekologis adalah masalah yang dapat melibatkan semua orang. kami memiliki efek positif, sekecil apa pun, menjaga keseimbangan halus ekosistem Bumi. Daur ulang untuk membantu mencegah pemanenan sumber daya alam secara berlebihan. Hemat energi dengan memilih peralatan dan mobil yang lebih hemat energi. Jika setiap orang menggunakan lebih sedikit energi, polusi berkurang dan batu bara akan digunakan untuk memberi daya pada bangsa dan dunia. Dorong keluarga dan teman-teman untuk secara ekologis sadar akan cara mereka hidup sehari-hari. Seperti halnya banyak pekerjaan ringan, banyak individu dapat membantu dengan melindungi dan menjaga keseimbangan ekologis.

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post