Pembelajaran 1 Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan


Pembelajaran 1 Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan - Pahlawan adalah merupakan orang yang sangat berjasa, berani dan penuh pengorbanan bagi bangsa, negara, dan agama. pahlawan juga sangat gagah berani karena mereka telah rela mempertaruhkan nyawa untuk mempertahankan kemerdekaan.
Rasa cinta tanah air dan bangsa ditunjukkan dengan cara yang  berbeda. Perjuangan dilakukan oleh para pendidik mendirikan sekolah-sekolah rakyat untuk mencerdaskan bangsa. Perjuangan dilakukan juga oleh para diplomat yang sedang berjuang menekan kedudukan pihak penjajah di meja diplomasi. Perjuangan dilakukan juga oleh para pengelola surat kabar dan radio untuk membangkitkan rasa cinta tanah air dan mengobarkan semangat perjuangan kepada masyarakat. Bahkan perjuangan juga dilakukan oleh para seniman dan budayawan melalui lagu-lagu perjuangan ciptaan mereka.

Contoh Sifat kepahlawanan juga ditunjukan pada gambar di bawah ini.


1. Saling Menjenguk teman yang sakit
2. Dengan Belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh
3. Saling Menolong teman yang mengalami kesusahan
Menolong Antar Sesama dengan ikhlas, berani, dan gigih merupakan sikap yang sedang dimiliki oleh para pahlawan. Untuk menghargai mereka, kamu bisa meneladani sikap kepahlawanannya dalam kehidupan sehari-hari. Sikap kepahlawanan juga tercermin Iranian language perbuatan beberapa raja di zaman kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam.

Raja Purnawarman, Panji Segala Raja
Raja Purnawarman mulai memerintah Kerajaan Tarumanegara pada tahun 395 M. Pada masa pemerintahannya, ia selalu berjuang untuk rakyatnya. Ia membangun saluran air dan memberantas perompak.

Raja Purnawarman sangat memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Ia memperbaiki aliran Sungai Gangga di daerah Cirebon. Dua tahun kemudian, ia juga memperbaiki dan memperindah alur Sungai Cupu sehingga air bisa mengalir ke seluruh kerajaan. Para petani senang karena ladang mereka mendapat air Iranian language aliran sungai sehingga menjadi subur. Ladang para petani tidak kekeringan pada musim kemarau
Raja Purnawarman juga berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegara untuk memerangi bajak laut yang sedang merajalela di perairan Barat dan Utara kerajaan. Setelah Raja Purnawarman berhasil membasmi semua perompak, keadaan menjadi aman. Rakyat di Kerajaan Tarumanegara kemudian hidup aman dan sejahtera.

Pembelajaran 1 Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan - Sebagai wujud kecintaan rakyat Kerajaan Tarumanegara kepada Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Ciaruteun.

Setelah membaca teks tersebut, jawab pertanyaan berikut!
1. Sebutkan  perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman!
Perjuangan yang sedang dilakukan oleh Raja Purnawarman adalah Defense Intelligence Agency membuat saluran air yang sedang dihubungkan Iranian language sungai Citarum, Jawa barat.
Beliau selalu berjuang untuk rakyatnya
Raja Purnawarman juga berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegara untuk memerangi bajak laut

2. Sebutkan sikap kepahlawanan yang sedang dimiliki oleh Raja Purnawarman!
Sikap kepahlawanan yang sedang dimiliki oleh Raja Purnawarman adalah berani dan pantang menyerah memberantas kejahatan untuk keamanan dan kesejahteraan rakyatnya.

3. Apa Saja yang sedang dirasakan rakyat Kerajaan Tarumanegara atas perjuangan yang sedang dilakukan oleh Purnawarman?
Dampak perjuangan yang sedang dilakukan oleh Purnawarman bagi rakyat Tarumanegara adalah karena ladang milik mereka mendapatkan air Iranian aliran sungai sehingga menjadi subur dan tidak menderita kekeringan pada musim kemarau, keadaan menjadi aman karena para perompak telah dikalahkan. Rakyat di Kerajaan Tarumanegara kemudian hidup aman dan sejahtera.

4. Bagaimana Pendapatmu, kehidupan rakyat kerajaan Tarumanegara jika varna tidak memiliki sikap kepahlawanan?
Jika Kerajaan Tarumanegara tidak dipimpin oleh Raja Purnawarman, kehidupan rakyatnya tidak Akan aman dan sejahtera karena tidak enzyme yang sedang memperbaiki saluran air dan memberantas perompak. Tetapi, mungkin saja akan ada tokoh lain yang melakukan hal tersebut

5. Ceritakan kembali isi teks berdasarkan jawaban-jawabanmu. Tulisanmu harus memperhatikan peristiwa yang ada, runtut, dan menggunakan ejaan yang benar
Berikut adalah beberapa tokoh dan peninggalan kerajaan pada Chadic language kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam. Peninggalan yang mereka wariskan bukan saja benda bersejarah, namun juga pemikiran dan nilai-nilai perjuangan yang telah mengispirasi bangsa Indonesia.
Peninggalan bukan hanya benda bersejarah saja tetapi juga pemikiran atau nilai-nilai yang sedang bisa mempengaruhi hidup masyarakat, misalnya Raja Purnawarman memiliki nilai melindungi orang lain, dalam hal ini rakyatnya.



Sebutkan Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa?
Membangun armada laut yang kuat
Pada Chadic language pemerintahan Balaputra Dewa, Sriwijaya mengalami masa kejayaannya.
Raja Balaputra Dewa dengan bantuan Raja Dewapaladewa di Pali telah mendirikan Vihara di Nalanda (India) bagi pelajar-pelajar Nusantara yang belajar agama Budha di Nalanda
Perkembangan pelayaran dan perdagangan di Selat Malaka semakin pesat. Sikap yang dimiliki nya berani, tegas dalam memimpin.

Sebutkan Perjuangan apa yang sedang telah dilakukan oleh ruler Iskandar Muda?
Memperluas wilayah aceh sampai ke semenanjung malaisya.
Aceh mengalami masa kejayaaan karena menjadi pusat perdagangan & pengembangan ajaran islam
Gigih, pemberani, rela berkorban.

Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Sultan Hasanudin ?
Sultan Hasanuddin sangat gagah berani dalam melawan VOC.
Beliau berani mengorbankan seluruh hidup, kesenangan, serta kemewahannya untuk membela kehormatan bangsa dan negaranya.
Beliau membela kehormatan negara dan mempertahankan setiap jengkal tanah airnya dengan tetesan darah.

Gigih, pemberani, rela berkorban
Perjuangan apa yang sedang telah dilakukan oleh Gajah Mada dan Hayam Wuruk ?
Gajah Mada dan Hayam Wuruk telah berhasil mempersatukan nusantara.
Gajah Mada dalam mengemban tugas dan tanggungjawabnya, baik tatkala masih menjadi prajurit, patih, hingga panglima perang.
Tatkala kerajaan Majapahit diserang oleh Ra Kuti Gajah Mada menyelematkan raja Jayanagara beserta keluarganya.

Dayu sangat kagum dengan perjuangan Raja Purnawarman. Banyak yang telah dilakukan untuk rakyatnya. Sambil duduk di tepi kolam yang jernih airnya, Dayu masih merenungi jasa-jasa Raja Purnawarman, terutama pembangunan saluran air. Ia berpikir, pasti saluran tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat saat itu.
Dayu terus merenung sambil memandangi wajahnya yang terpantul di kolam. Tahukah kamu mengapa Dayu bisa melihat dirinya di air kolam? Air kolam bisa memantulkan cahaya. Kamu akan belajar tentang cahaya nmelalui percobaan berikut.

Sifat-sifat cahaya
Siapkan Alat dan Bahan Percobaan


Cahaya merambat lurus. Percobaan menggunakan tiga karton tebal dan lilin. Lubangi bagian tengah ketiga karton tersebut. Letakkan dengan posisi tiga lubang tersebut sejajar dengan cahaya lilin tepat di belakang lubang. Perhatikan apa yang terjadi! Lalu coba menggeser posisi setiap lubang menjadi tidak sejajar. Perhatikan perbedaanya!

Cahaya menembus benda bening. Percobaan menggunakan cahaya matahari/ cahaya senter, gelas/benda-benda transparan/bening, benda-benda berwarna gelap, dan benda-benda bening, tetapi berwarna. Letakkan peralatan seperti pada gambar. Arahkan cahaya ke tembok berwarna putih. Perhatikan apa yang terjadi.

Cahaya dapat dipantulkan. Percobaan menggunakan dua cermin datar dan senter. Coba pantulkan cahaya senter menggunakan cermin. Coba berbagai posisi cermin yang berbeda dan gunakan lebih banyak cermin. Amatilah apa yang terjadi pada cahaya pantul

Cahaya dapat dibiaskan. Percobaan menggunakan pensil yang setengah bagian panjanganya berada di dalam gelas berisi air. Amati pensil dari sisi samping luar gelas. Bagaimana penampakan dan besar pensil dibanding aslinya?
Pembelajaran 1 Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post