Zaman Prasejarah Manusia


Zaman Prasejarah Manusia Seperti apa bumi empat juta tahun yang lalu? Siapa yang tinggal disini Seperti apa rupa mereka?


Manusia adalah makhluk yang ingin tahu. Kami ingin tahu dari mana kami berasal, sebagian, sebagai cara mencari tahu ke mana kita akan pergi di masa depan.

Kebutuhan kita untuk mengetahui kadang-kadang luar biasa. Arkeolog dan antropolog menggali tanah, mempelajari sampel DNA, memeriksa artefak, dan membuat gambar nenek moyang manusia yang paling awal.

Artefak, omong-omong, bukan fakta tentang seni. Sebaliknya, artefak adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia (alat, vas, pakaian) untuk tujuan praktis.

Bisakah kamu menggali itu?
Menggali masa lalu leluhur kita adalah kerja keras. Catatan kehidupan manusia tidak disimpan jutaan tahun yang lalu. Seperti apa kehidupan bagi manusia gua di Zaman Batu? Apakah Fred Flintstone benar-benar memakai jas kulit macan tutul dan makan burger brontosaurus?

Bukti kehidupan sekitar 30.000 tahun yang lalu telah ditemukan dalam lukisan gua, di ruang pemakaman, dan dalam bentuk alat kasar. Tapi bagaimana dengan waktu berkencan lebih awal dari itu? Periode "Prasejarah" ini - sebelum penulisan dan peradaban - disebut Zaman Batu dan sangat berharga bagi pemahaman kita tentang leluhur hominid kita yang paling awal. Hominid terdiri dari manusia saat ini, leluhur yang punah, dan kera yang memiliki kesamaan dengan manusia.

Periode paling awal dan terpanjang dari Zaman Batu disebut Zaman Paleolitik. Ini berasal dari kata Yunani Palaios, yang berarti "dahulu" atau "tua," dan lithos, yang berarti "batu" - disatukan, Zaman Paleolitik berarti Zaman Batu Tua.

Zaman Batu Tua dimulai sekitar 4,5 juta tahun yang lalu. Itu berlangsung hingga sekitar 25 ribu tahun yang lalu - relatif baru dalam hal umur bumi secara keseluruhan. Itu pada awal Zaman Batu Tua, sekitar 4,4 juta tahun yang lalu, leluhur manusia pertama muncul di bumi.

Sekitar 3,5 juta tahun yang lalu, hominid mulai berjalan tegak. Apa yang mereka makan? Di mana mereka tinggal? Bukti arkeologis tidak jelas. Namun, mereka yang mempelajari hominid paling awal tahu bahwa nenek moyang manusia ini secara fisik berubah sebagai respons terhadap lingkungan mereka.

Tenang
Perubahan dramatis dalam iklim dunia mulai terjadi sekitar 1,5 juta tahun yang lalu. Sebagian besar dunia menjadi dingin - sangat dingin. Penurunan suhu ini memulai satu dari empat periode berbeda suhu dingin yang dikenal sebagai Zaman Es. Masing-masing periode dingin ini berlangsung antara 10.000 hingga 50.000 tahun. Yang terbaru mendinginkan Bumi lebih dari 10.000 tahun yang lalu.

Selama Zaman Es yang paling baru-baru ini, icecap kutub utara bergerak sangat jauh ke selatan sehingga lempengan-lempengan es raksasa terbentuk di sebagian besar belahan bumi utara. Di beberapa daerah tebalnya es beberapa mil. Sekitar 1/3 dari permukaan bumi terbungkus dalam lapisan es - itu empat kali jumlah es yang biasanya ditemukan di bumi saat ini. Secara alami, kemampuan berburu dan mengumpulkan terganggu selama Zaman Es.

Setelah tahun-tahun yang dingin ini berakhir, sebuah revolusi terjadi - manusia mulai menanam tanaman. Cara hidup baru ini, yang dimulai sekitar 10.000 tahun yang lalu, menyebabkan permukiman permanen dan komunitas pertama di dunia. Pertanian dan domestikasi hewan menandai awal Zaman Neolitik, juga disebut Zaman Batu Baru.

Jadi, apa yang dipakai dan dimakan Fred Flintstone? Berikut ini adalah beberapa leluhur manusia kita yang paling awal dikenal - bagaimana mereka hidup, bagaimana mereka berubah, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan lingkungan mereka.

Arkeolog dan antropolog "bertemu dengan Flintstones" setiap kali mereka menggali sisa-sisa orang prasejarah. Pekerjaan mereka membantu menjawab pertanyaan mendalam:

Siapa manusia?
Dari mana kita berasal?
Kemana kita akan pergi?

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments