Tata Surya dan Planet-Planet Di Dalamnya

Tata Surya dan Planet-Planet Di Dalamnya - Tata surya merupakan kumpulan benda-benda langit yang tersusun dan berputar mengelilingi matahari sebaga pusat atau porosnya. Matahari dikelilingi oleh 8 planet sebagai benda benda langit inti. Orbit dari planet planet ini berbentuk elips dan terdapat juga benda langit lain seperti komet, asteroid, meteorid dan satelit alami seperti bulan
Nah agar kalian bisa tau lebih jelas, disini kami akan menjelaskan tentang sistem tata surya kita dan planet apa saja di dalamnya. Yuk , simka tulisan di bawah ini!



TATA SURYA & SUSUNANNYA
Tata surya kita termasuk dalam suatu galaxy yaitu galaxy bimasakti. Sistem tata surya sendiri terdiri dari beberapa bagian yaitu matahari , 4 planet dalam, 4 planet luar, sabuk asteroid, sabuk kupier. Dari delapan planet yang ada hanya enam yane mmeiliki satelit alami dan sisnya yaitu venus  dan merkurius tidak memiliki satelit alami. 
Dalam sistemnya, matahari tidak hanya dikelilingi oleh planet teteapi juga objek langit lain seperti asteroid, komet, meteor dan satelit. Berikut penjelasan masing-masing objek:

1. Bintang
Bintang adalaah objek langit yang dapat memancarkan cahaya sendiri dan berbentuk sangat besar. Matahari adalah contoh dari bintang dalam tata surya kita. Matahari dapat menciptakan cahaya dan menjadi sumber panas bagi seluruh makhluk hidup. Matahari sendiri memiliki massa paling besar disbanding bintang lain di tata surya kita. Akibat nya matahari juga memiliki gravitasi yang mampu membuat planet dan objek langit lain mengitarinya. 

2. Satelit
Satelit adalah objek langit yang mengitari suatu planet. Dalam gerak mengitari planet tentu satelit juga bergerak mengitar matahari.  Jadi satelit bergerak rotasi terhdapa dirinya, revolusi planet dan revolusi terhadap matahari. 
Satelit dibedakan menjadi dua yaitu: 

a. Satelit alami
Yaitu satelit yang bergerak mengellingi planet dan merupakan objek dari luar angkasa. Contoh : bulan, phobos,deimos, atlas, janus dll. 
b. Satelit buatan
Yaitu satelit yang dibuat manusia untuk tujuan tertentu dan gerakannya diatur oleh manusia. Contoh: satelit palapa, TIROS, LANDSAT dll

3. Planet
Planet adalah objek langit utama yang mengelilingi matahari dan berbentuk bulat dengan garis obit yang bebas dari objek langit lain yg menghalangi. Setiap planet memiliki karakteristik masing-masing. Berikut adalah planet-planet tersebut:

1. Merkurius
Planet ini mempunyai jarak paling dekat dengan matahari. Merkurius memiliki waktu revolusi terhadap matahari yang sangat singkat disbanding planet lain yaitu 88 hari dan rotasi planet nya membutuhkan waktu 59 hari .

2. Venus
Planet ini memiliki jarakt terdekat kedua  dengan matahari setelah merkurius dan paling dekat dengan bumi. Ciri khas venus adalah suhunya yang paling panas disbanding planet lain. planet ini memiliki nama lain yaitu bintang kejora karena terlihat paling terang saat malam hari. 

3. Bumi
Planet ini adalah planet dimana sekrang kita manusia hidup di dalamnya. Sejauh ini bumi merupakan satu satunya planet yang berpenghuni. Planet ini memiliki atmosfer, air, daratan, dan suhu yang mennjang kehidupan . 

4. Planet mars
Planet ini terletak dalam urutan keempat dari matahari. Wanra dari planet mars tampak kemerah-merahan . seringkali dilakukan misi ekspolaris mars oleh NASA untuk meneliti apakah ada kehidupan disana, 

5. Jupiter
Merupakan planet terbesar dalam tata surya  dengan diameter 139503 km. planet ini memiliki 16 buah satelit. Jupiter dapat diamati dari bumi dalam kondisi tertentu. 

6. Planet saturnus
Dikenal sebagai planet tercantik di tata surya kita . hal ini bisa dilihat dari cincin saturnus yang indah.. cincin ini berisi bongkahan es dan pecahan meteorit. 

7. Uranus
Ciri khas dari planet ini adalah suhunya yang sangat dingin, Hal ini karena letaknya yang jauh dari matahari. Planet ini berukuran cukup besar dengan diameter 49000 km dan memiliki 5 satelit.
8. Neptunus
Planet ini dikenal sebagai kembaran dari Uranus karena bentuk dan warnanya yang hampir sama. Memiliki letak paling jauh dari matahari. Neptunus memiliki 8 satelit diantaranya triton dan nereid.   
  

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments