Penjelasan Teori Evolusi Dan Macam Macamnya

Penjelasan Teori Evolusi Dan Macam Macamnya - Teori evolusi telah menjadi teori yang banyak didiskusikan hingga saat ini. Teori evolusi yang paling terkenal dan kontroversial adalah teori yang dikemukakan oleh Charles Darwin. Untuk menjembatani pengetahuan kalian , disini kami akan menjelaskan apa saja teori evolusi menurut para ahli. Tentu saja kebijakan kalian untuk menganalisa teori evolusi mana yang paling terpercaya.



Apa sih itu Evolusi?
Menurut Wikipedia, Evolusi adalah suatu perubahan sifat-sifat terwariskan  makhluk hidup secara bertahap dari satu generasi ke generasi berikutnya dalam waktu yang lama. perubahan dalam evolusi sendiri disebabkan oleh kombinasi tiga proses yaitu reproduksi , variasi, dan seleksi.  
Dalam prosesnya , evolusi membutuhkan waktu hingga berabad abad untuk mencapai bentuk seperti sekarang.

Evolusi sendiri dibedakan menjadi 2 macam yaitu evolusi progresif dan evolusi regresif. Berikut penjelasannya:
1. Evolusi progresif 
Evolusi progresif adalah evolusi untuk bertahan hidup.
2. Evolusi regresif
Evolusi yang memungkinkan untuk terjadinya kepunahan.

Macam macam Teori Evolusi menurut para ahli:

1. Charles Darwin 
Dalam teorinya , chales Darwin mennyatakan bahwa evolusi terjadi karena adanya seleksi alam. Teori Darwin menjadi kontroversial karena menyebutkan nenek moyang manusia adalah kera. Kalimat tersebut menjadi banyak diperdebatkan di kalangan ilmuwan sampai orang awam. padahal teori Darwin tidak berfokus pada pernyataan manusia berasal dari kera tersebut. 
Charles Darwin menyatakan bahwa evolusin terjadi karena seleksi alam karena hasil observasinya yaitu:
1. Lebih baik keturunan yang dihasilkan harus mampu bertahan hidup
2. Dalam suatu spesies tidak terdapat invividu yang sama 
3. Setiap populasi akan betambah dikarenakan reproduksi.
Charles Darwin menulils buku berjudul “The Origin of Species” dan mengemukakan buah pikirannya dalam buku tersebut.
2. Jean Baptise Lamarck
Evolusi menurut lammarck adalah perubahan yang terjadi dalam suatu individu dikarenakan factor lingkungan yang turun menurun. Contoh dari teori ini adalah lammarck berpendapat bahwa  leher jereapah dulu adalah pendek namun jerapah menggapai makanan di atas pohon , hal itu lah yang menjadikan lehernya Panjang. Akibatnya keturunan selanjutnya leher jerapah selalu Panjang. 

3. Erasmus Darwin
Erasmus menulis buku  berjudul Zoonomia or The Laws of Organic Life” . dalam buku tersebut dijelaskan bahwa evolusi terjadi pada  makhluk hidup  dan karakteristik diwariskan dari orang tua secara turun temurun.
4. Aristoteles
Aristoteles mengemukakan bahwa evolusi dapat terjadi berdasarkan pada metafisika alam, metiafisika alam disini berarti mengubah organisme dan habitatnya dari bentuk sederhana ke bentuk  yang kompleks.

5. William Paley
William paley dalam bukunya berjudul”Natural Thurologgy” berpendapat bahwa makhluk hidup yang kompleks adalah bukti dari kerja sama Sang Pencipta

6. Chaeles Lyell
Disini Charles mengemukakan teori uniformitarianisme atau keseragaman. Menurutnya proses perubahan lapisan batuan  dan permukaan bumi selalu sama dari 
zaman ke zaman.

7. Alfred Russel Wallace
Alfred mengembangkan teori yang mirip dengan Darwin, bahkan serupa. Dasar teori yang digunakan oleh Wallace adalah perbandingan penelitian di  Brasilia dan hindia belanda dan Malaya. Teori yang dia kemukakan sama dengan yang Darwin kemukakan. 

8. August Weismann
Teori dari Weissman ini menumbangkan teori milik Lamarck. Weisman melakukan percobaan dengna memotong ekor tikus dan membiarkan berkmbang biak untuk beberapa generasi. Hasil percobaan menunujukkan sampai generasi terakhir ekor tikus tetap tumbuh sama Panjang. 
Teori ini mematahakan teori lammarck , karena menurut teori lammarck, seharusnya tikus generasi terakhir tidak memiliki ekor, dan ini terbukti salah. 

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments