Contoh Teks Eksemplum Singkat Tentang Pendidikan dan Pengalaman Pribadi

Contoh Teks Eksemplum Singkat Tentang Pendidikan dan Pengalaman Pribadi - Teks Eksemplum Singkat Tentang Pendidikan dan Pengalaman Pribadi - Teks eksemplum ialah jenis teks fiksi yang pada umumnya mengisahkan kejadian maupun perilaku yang dialami oleh tokoh pada cerita. Umumnya teks eksemplum akan dimulai dengan pernekalan figur tokoh yang ada dalam cerita, kemudian dibuntuti dengan peristiwa yang dirasakan tokoh dalamkisah dan diselesaikan dengan interpretasi yang hadir dari figur dalamkisah tersebut. Contoh teks eksemplum yang paling tidak sedikit kita temui ialah tentang pendidikan, empiris pribadi, kisah hewan dan maupunkisah rakyat.


Contoh 8 Teks Eksemplum Singkat Tentang Pendidikan dan Pengalaman Pribadi
Sebelumnya saya akan membicarakan mengenai teks eksemplum ini. Didalam jenis teks ini mempunyai pengertian, struktur maupun ciri ciri teks. Hal tersebut bermanfaat untuk memisahkan jenis teks ini dengan jenis teks lainnya. Struktur dan ciri teks eksemplum juga bermanfaat dalam pembuatan misal teks eksemplum singkat ini. Teks eksemplum adalah jenis teks yang mendiskripsikan sikap figur dalam suatu cerita. Dalam pembuatan misal teks eksemplum empiris pribadi maupun tentang edukasi akan tidak jarang kali ada struktur yang dimulai dengan pengenalan tokoh. Setelahtersebut dilanjutkan dengan peritiwa yang figur alami. Kemudiandiselesaikan dengan evolusi sikap pada figur tersebut. Dalam misal teks ini seringkali berisi empiris hidup seseorang.

contoh teks eksemplum singkat
contoh teks eksemplum singkat tentang edukasi dan empiris pribadi
Sebelum kamu membuat misal teks eksemplum maka mesti menyimak struktur teksnya. Struktur teks eksemplum ini menjadi pedoman dalam penciptaan teks yang baik dan benar, inilah penjelasannya :

Orientasi mengandung pembukaan kisah untuk memulai sebuah peristiwa. Misalnya wanita tersebut penyabar dan baik hati.
Absrak berisi mengenai pokok kejadian yang ada dalam cerita. Struktur ini bermanfaat sebagai pendahuluan dalam suatu peristiwa yang bakal terjadi dalam cerita. 
Insiden mengandung tentang suatu peristiwa yang tidak diinginkan. Misalnya Ina tak sempat belajar guna ulangan hari ini disebabkan malam kemaren ia tertidur.
Interpretasi berupa suatu amanat yang diserahkan oleh tokoh tentang peristiwa yang sudah terjadi tersebut.
Koda berisi mengenai penutup dari suatu cerita.

Dalam membuat misal teks eksemplum, kamu harus menyimak struktur sertaurusan yng berhubungan dengan jenis teks ini. Hal itu dilakukan supaya contoh teks itu menjadi lebih bagus. Di samping struktur teks eksemplum adapula ciri cirinya. Ciri ciri teks ini bermanfaat sebagai pembeda dengan jenis teks lainnya. Ciri ciri teks eksemplum ini mencakup stukturnya yang lengkap, berupa suatu kejadian yang tidak diharapkan oleh tokoh, peristiwa itu disajikan secara urut dan jelas, dan termasuk kedalam bahasa yang naratif. Contoh teks eksemplum diciptakan denganbagian kebahasaan yang baik. Unsur kebahasaan ini memiliki keserupaan dengan kebahasaan dalam teks prosedur. Unsur teks eksemplum tersebutmencakup :

Menggunakan kata penghubung atau konjungsi
Didalamnya ada kalimat kompleks
Menggunakan kata kerja
Menggunakan kata rujukan

Setelah membicarakan pengertian teks eksemplum, struktur teks eksemplum disertai dengan ciri ciri teks eksemplum dan bagian kebahasaan teks eksemplum. Selanjutnya saya bakal menyajikan misal teks eksemplum singkat tentang edukasi dan empiris pribadi.



Contoh Teks Eksemplum Pengalaman Pribadi
Orientasi :
Aku adalahseorang mahasiswa yang sedang kembali kuliah. Setelah kembali aku segera hendak makan siang. Kemudian aku mencari santap yang dekat dengan rumah sebab aku terlampau capek guna berjalan. Akhirnya akumelakukan pembelian mie ayam yang terdapat digang depan rumahku. Sesampainya disana aku bertemu dengan kakakku yang pun sedang melakukan pembelian mie ayam. Sesampainya dirumah kakakku langsung membuka mie ayamtersebut lalu memakannya. Tapi aku menantikan mie ayam tersebut sampai dingin terlebih dahulu. (Awalan Contoh Teks Eksemplum )

Inisden :
Melihat kakakku yang lahap santap membuatku tidak sabar guna segera membuka mie ayam tersebut. Akhirnya aku tergoda guna segera membuka mie ayam tadi walaupun masih dalam suasana yang panas. Aku buru buru hendak membuka plastik mie tersebut karena sudah paling lapar. Namun plastik yang aku gigit tersingkap lebar dan mie ayam tadi tumpah terbit dari mangkok. Mie ayam tersebut juga menciptakan celanaku menjadi basah. Dengan kejadian ini membuatku malu didepan kakakku. Kakakku berpesan bahwa aku mesti sabar dan hati hati dalam membuka mie ayam tersebut supaya tidak tumpah. Kejadian tersebut membuatku tidak santap siang. (Peristiwa tak tersangka Contoh Teks Eksemplum )

Interpretasi :
Cerita ini menyatakan bahwa anda harus berhati hati dan sabar sebelummemungut sebuah keputusan. Kemudian kita pun harus memperhitungkandampak yang akan dimunculkan nanti. (Pesan Contoh Teks Eksemplum).

Contoh Teks Eksemplum Pengalaman Pribadi (Kejadian di Parkiran Reataurant)
Pengalaman ini adalahsebuah peristiwa yang tidak bakal pernah tak sempat dalam hidupku. Dua bulan yang kemudian aku menemukan prestasi karyawan teladan dalam suatu kantor perpajakan tahun ini. Dengan prestasi karyawan terbaik yang aku dapatkan ini menciptakan para kawan dan teman kerjaku menyampaikan selamat secara langsung maupun melewati media sosial. Prestasi ini mmbuat kedua orang tuaku bangga dan merekamenyerahkan hadiah kepadaku. Ayah memberikanku suatu mobil sport Lamborgini Gallardo dengan desain yang mewah ekuivalen 5.200.000.000. Mobil mewah ini diserahkan kepadaku sebab ayah paling bangga sebab prestasiku diusia muda ini.

Setelah kejadian tersebut kira kira seminggu lantas aku berniat untukmenyuruh seluruh keluargaku untuk santap malam disebuah restoran berbintang yang terdapat di Bandung. Akupun bertanya untuk seluruh pihakfamily dan mereka menyetujuinya. Makan malam ini sekaligus merayakan prestasi yang aku dapatkan dan menciptakan seluruh keluargaku bahagia. Setelah seluruh keluargaku setuju, lantas hari yang dinantikanpun tiba. Kami bareng sama mengarah ke restaurant yang dituju. Setelah hingga direstaurant itu kami memesan makanan dan sesudah seleai lantas membayarnya. Makan malam tersebut dilangsungkan secara bahagia sarat canda tawa dari semua keluarga. Karena kami terlampau asik mengobrol bincang ternyata waktu telah menujukkan pukul 19.00 malam. Pada ketika itulah aku mesti menghadiri suatu konferensi pers yang terdapat di Mall Bandung.

Pertemuan ini bertujuan guna mempromosikan toko batik yang bakal aku buka minggu depan. Karena janjiku itu membuatku segera menyelesaikansantap dan segera berpamitan dengan meminta maaf disebabkan pergi terlebih dahulu. Setelah meminta ijin guna pergi, lantas aku segera keparkiran mengarah ke mobilku tadi. Akupun segera masuk kemobil tetapi ada perempuan yang unik tanganku lantas menutup mulutku. Wanitatersebut tangguh dan menyeramkan, ia berbicara untuk memberikan uang yang aku punya atau memilih guna mati. Karena perasaaanku telah tidak tenang kesudahannya aku segera memungut seluruh dana yang ada didompetku lantas aku berikan untuk wanita tadi.

Aku tidak dapat melawannya sebab ia bareng kedua orang laki laki yangmembawa pisau. Pisau tersebut d arahkan tepat keleherku. Setelahmemungut seluruh uangku lantas mereka pergi mengunakan mobil miliknya. Melihat mereka telah pergi lantas aku segera masuk kemobil dan menguncinya. Didalam mobil aku berjuang untuk tenang dampak kejadian yang menimpaku tadi. Keringatku masih mengalir turun dan badanku masih gemetaran. Aku paling bersyukur sebab Allah masih melindungiku dari penjahat penjahat tadi. Walaupun aku kehilangan seluruh uang yangterdapat didompetku tetapi aku masih bersyukur tidak terdapat barang berharga beda yang dipungut sepeti laptop dan beda lain yang terdapat dalam mobilku. Hal ini mengajarkan untuk kita bahwa anda harus berhati hati dan pintar menata waktu terutama ketika hari telah malam.



Contoh Teks Eksemplum Pengalaman Pribadi (Tidak Ada Makan Malam)
Setelah salat maghrib aku merasa lapar sebab sudah waktunya untuk santap malam. Aku segera menggali makanan digang depan rumahku. Karena aku tidakhendak berjalan terlampau jauh lantas aku melulu membeli ketoprak digang depan saja. Sesampainya disana ternyata telah ada tetangga tetanggaku yang pun makan disana. Mereka dengan lahapnya memakan ketoprak yang masih panas. Karena terlampau panas aku tidak segera memakannya walaupun aku sebenarnya paling lapar. Ketoprak yang terdapat dipiringkupaling lezat guna segera dimakan. Karena aku sudah paling lapar lantas aku tergesa gesa memakannya.
Contoh teks eksemplum empiris pribadi ini mengisahkan pengalaman buruk ketika berkeinginan makan
Setiap sendok lahapan ketoprak aku santap dengan lezatnya. Akhirnyasebab tergesa gesa kesudahannya ketoprak yang aku beli tumpah danmenciptakan celana dan bajuku kotor. Tiba mendarat aku kaget dan malu
karena kejdian tersebut. Saat tersebut rasa kaget dan maluku spektakuler karena ditonton oleh tetangga tetanggaku. Ada di antara tetanggaku yangberbicara kepadaku, ketika makan tidak boleh buru buru dan tergesa gesa. Apabila anda tidak sabar tentu akan tumpah laksana yang aku alami. Akhirnya santap malamku hancur dan aku kelaparan dimalam itu. Berdasarkan kisah ini mengajarkan bahwa apapun yang saya dan anda lakukan harus dilaksanakan dengan sabar dan hati hati sebab harus memperhatikan dampak nantinya.

Contoh Teks Eksemplum Singkat Tentang Pengalaman Pribadi (Wahana Menyeramkan)
Saat semasa liburan sekolah aku memiliki pengalaman yang tak bakal kulupakan. Saat liburan sekolah tiba, adalahsaat ketika yang sangat menyenangkan. Siang tersebut aku ditemui oleh rekan teman sekolahku. Mereka datang guna menjemputku karena hendak mengajak kekota. Kamibareng sama mengarah ke sebuah taman bermain dengan tidak sedikit sekali wahana. Disana ada wahana yang menantang dan menyeramkan laksana wahana berputar 360 derajat, wahana halilintar, dan masih tidak sedikit lagi. Kami hingga di wahana histeria lantas segera melakukan pembelian tiket guna menaikinya. Wahana ini menciptakan aku dibanting keudara setinggi 20 meter, lantas dijatuhkan seakan bakal jatuh kebawah tanpa pengaman.

Namun ketika sedang asik dan berada diatas, wahana ini mendarat tiba berhenti sendiri. Kami juga panik merasakan kejadian ini sebab posisinya masih diatas ketinggian. Semua yang menaiki wahan ini meminta tolong. Peristiwa ini tak tersangka bahkan tidak terbayangan akanlaksana ini. Ada orang yang ketakutan bahkan menangis dampak wahana yang mati seketika ini. Akupun merasa fobia seakan nyawaku sedang diambang batas, mendadak aku terkenang kedua orang tuaku. Aku menangis danmenyinggung nama mamaku. Sudah nyaris 30 menit kami tercantol diwahana ini,namun terdapat sejumlah petugas yang membetulkan wahana tersebut.
Akhirnya berkat semua petugas tadi nyawa kami seluruh terselamatkan tanpa terdapat satupun yang terluka. Setelah tersebut kami terasa lega dan bersyukur untuk Allah sebab masih diberi keselamatan. Akibat kejadian tersebut aku menjadi takut saat melihat wahana yang sama. Akhirnya aku tidak jarang kali hati hati dan waspada dalam mengerjakan sebuah tindakan. Karena anda tidak akan pernah menduga apa yang bakal terjadi kedepannya. Sebelum menaiki wahana itu harusnya anda bertanya terlebih dahulu untuk petugas apakah wahana ini aman guna dinaiki.


Contoh Teks Eksemplum Tentang Pendidikan
Selein membicarakan teks ekspemplum empiris pribadi, kali ini kita akan akan membicarakan teks eksemplum tema edukasi yang pada dasarnya akanmengisahkan pengalaman figur yang berkaitan dengan pendidikan.

Jangan Matematika
Aku sebetulnya memang tidak terlampau pandai andai harus dihadapkan dengan permasalahan matematika. Ketika aku duduk di bangku sekolah dasar, aku mengupayakan mengerjakan soal soal matematika yang aku rasa paling berat dan sulit untuk dikerjakan.

Ibuku sendiri ialah wanita penyabar dan perhatian, terlebih lagi pada anak anaknya. beliau hendak semua anaknya menjadi anak yang cerdas, berbakti dan dapat membanggakan orangtuanya. Sedangkan memasuki bangkuruang belajar 2 SD saja aku telah mulai malas dan badung terutama dalamurusan belajar. Jika ada rekan sekelas yang mengajakku bermain, pasti aku bakal lebih memilih bermain dikomparasikan mendengarkan keterangan guru yang berbelit belit menyatakan pelajaran yang tidak aku mengerti.


contoh teks eksemplum mengenai pendidikan
Disuatu siang, aku kembali sekolah dalam suasana capek, lemas dan lesu. Bukan sebab alasan, namun sebab nilai matematika yang aku dapatkan tidakcocok harapanku alias jelek. Sembari menerbitkan bukuku dari dalam tas ibuku bertanya "Kamu bisa nilai berapa hari ini?" Aku hanya dapat diam mendengar pertanyaan ibuku. Hingga kesudahannya ibu mengulangi pertanyaantersebut kembali. Dengan paling berat hati aku beritahukan nilaiku yangsebetulnya pada ibu.

Dengan gugup dan takut membuat kecewa ibu aku berbicara "Nilai matematikaku melulu dapat 2 bu". Mendengar jawabanku ibu langsung marah dan melemparkan kitab matematikaku ke lantai sampai menimbulkan suara yang keras. Tetapi dibalik kemarahan ibuku, beliau pun bangga sebab aku mampu berbicara jujur meskipun tersebut akan menciptakan ibuku marah. Ibuku bangga saat aku mengakui kesalahanku sendiri dan inginkan untukberjuang lebih rajin.
Baca juga: 6 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru
Sejak ketika itulah aku mulai berjuang untuk menyenangi matematika danlatihan pelajaran yang tadinya dulu aku benci. Selain tersebut aku pun telah berkomitmen guna tidak mengulangi kekeliruan yang sama laksana bermain dengan teman saat guru menjelaskan materi pembelajaran untuk muridnya.

Contoh teks diatas dapat anda kategorikan sebagai misal teks eksemplum tentang edukasi maupun empiris pribadi sebab bersenggolan denganempiris pribadi seorang figur dengan tema pendidikan

Inilah sejumlah contoh teks eksemplum singkat tentang edukasi dan empiris pribadi yang bisa saya sajikan. Pembuatan teks eksemplum inimesti memperhatian struktur, ciri ciri serta hal beda yang terdapat didalamnya. Contoh teks eksemplum yang baik dapat diciptakan dengan berpedoman untuk hal urusan tersebut. Semoga tulisan ini dapatberfungsi untuk anda. Terima kasih.

1 Comments

  1. Terimakasih Atas artikel nya ya pak sangat membantu sekali dalam mengerjakan tugas sekolah
    semoga lancar dan semakin jaya serta barokah yapak website nya

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post