Soal Latihan Pendidikan Agama Islam Materi Mengutamakan Kejujuran dan Menegakkan Keadilan

Pada postingan yang lalu telah dibahas materi tentang Mengutamakan Kejujuran dan Menegakkan Keadilan. Pengertian Jujur sendiri adalah suatu prilaku yang mencerminkan adanya kesesuaian antara hati, perkataan dan perbuatan. Apa yang diniatkan oleh hati, diucapkan oleh lisan atau mulut kita  dan di gambarkan  dalam perbuatan memang itulah yang sesungguhnya terjadi dan sebenarnya. Sedangkan adil adil dapat berarti memberikan hak kepada orang yang berhak menerimanya, meletakkan segala urusan pada tempatnya. Orang yang adil adalah orang yang memihak kepada kebenaran, bukan berpihak karena pertemanan, persamaan suku, maupun bangsa.

Kita dapat menerapkan perilaku jujur dan adil di lingkungan rumah, sekolah, maupun masyarakat. Menerapkan perilaku jujur di rumah misalnya kita melaksanakan tugas yang diberikan orang tua dengan sebaiknya-baiknya. Misalnya, ibu minta tolong dibelikan minyak goreng dan kebutuhan pokok lainnya. Sebagai anak jujur, semua uang sisa kembalian diberikan kepada ibu. Hal ini berarti memegang dan menjalankan amanah dengan baik. Memberitakan sesuatu hal baik ke orang tua ataupun ke dalam lingkungan masyarakat. Di sekolah misalnya mengerjakan tugas yang diberikan bapak-ibu guru dengan penuh tanggung jawab. Tidak menyontek saat ulangan, melaksanakan piket sesuai jadwal, mentaati tata tertib sekolah, bertutur kata yang benar kepada bapak-ibu guru, karyawan, dan teman. Jika bersalah harus mengakui kesalahannya. Dan di lingkungan masyarakat misalnya kita dapat berperilaku jujur dalam rangka membangun masyarakat yang tenang, harmonis dan saling menghormati. Seseorang yang jujur tidak akan mengarang cerita atau gosip sehingga akan menimbulkan gaduh dan suasana lingkungan menjadi tidak kondusif, antara ucapan dan perbuatan. Seseorang yang jujur harus sama. Dengan berperilaku jujur, maka orang lain akan merasa aman dan tenteram.

Kemudian Penerapan perilaku adil di lingkungan rumah misalnya setiap awal bulan ayah memberikan uang saku kepada ketiga anaknya, termasuk kalian sebagai anak pertama. Ayah menitipkan uang saku untuk kedua adikmu. Masing-masing mendapat Rp.100.000 dan Rp.50.000, sedangkan kamu mendapat Rp.200.000. Ayah memberikan uang saku secara adil berdasarkan tingkat kebutuhan anak-anaknya. Sebagai kakek, kalian harus adil kepada adik-adik kalian, yaitu memberikan hak uang saku kepada mereka sesuai perintah ayah. Di lingkunga sekolah misalnya menghormati dan menghargai tugas ketua dan semua pengurus kelas. Kalian harus memperlakukan mereka dengan adil sesuai posisinya masing-masing di kepengurusan kelas. Bukan justru sebaliknya, meremehkan dan merendahkan mereka sebagai “pesuruh” kelas. Dan di lingkungan masyarakat  diantaranya dengan berlaku adil kepada tetangga dan warga dalam satu RT, RW ataupun kelurahan. Memperlakukan tetangga dengan baik, tidak merusak nama baiknya dengan menyebarkan cerita-cerita negatif. Tidak mengganggu tetangga dengan suara musik yang terlalu keras dari dalam rumah kita. Mengapa demikian? Sebab tetangga juga punya hak untuk dihormati dan diperlakukan dengan baik. Dengan memberikan hak kepada tetangga berarti kita telah berperilaku adil kepada tetangga.

Dan untuk lebih memahami atau memperdalam tentang materi ini, berikut disajikan soal latihan untuk materi ini dengan diserjai jawaban agar dapat digunakan untuk belajar secara mandiri.
A. Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1. Untuk menumbuhkan kepercayaan orang lain kepada diri kita, maka dibutuhkan perilaku ....
  • a. pasrah 
  • b. jujur
  • c. optimis 
  • d. tabzir
Jawaban: a
Pembahasan:

Dengan berperilakulah jujur kepada siapa pun, kita akan memiliki banyak teman dan dipercaya orang lain. Kejujuran akan membimbing seseorang kepada kebaikan, dan kebaikan akan membimbing kepada surga.

2. Berperilaku jujur di sekolah, sama pentingnya dengan berperilaku jujur di rumah. Seorang peserta didik hendaknya jujur kepada ....
  • a. bapak dan ibu guru saja
  • b. teman sekelas dan karyawan
  • c. bapak dan ibu guru, karyawan dan teman
  • d. teman, karyawan, dan penjaga kantin
Jawaban: c
Pembahasan:
Berperilaku jujur di lingkungan sekolah misalnya mengerjakan tugas yang diberikan bapak-ibu guru dengan penuh tanggung jawab. Tidak menyontek saat ulangan, melaksanakan piket sesuai jadwal, mentaati tata tertib sekolah, bertutur kata yang benar kepada bapak-ibu guru, karyawan, dan teman. Jika bersalah harus mengakui kesalahannya.

3. Kejujuran peserta didik pada saat mengerjakan ulangan akan sangat membantu bapak ibu guru karena ....
  • a. guru membutuhkan analisis hasil pembelajaran yang valid dan objektif
  • b. guru akan menghukum peserta didik yang curang
  • c. nilai ulangan harian peserta didik akan dilaporkan kepada kepala sekolah
  • d. nilai ulangan harian peserta didik dijadikan acuan bagi kebijakan pemerintah pusat
Jawaban: a
Pembahasan:
Apabila peserta didik mengerjakan ulangan dengan jujur, maka hasil yang diperoleh merupakan hasil pemikiran sendiri. Ini bisa dijadikan indikator sudah sejauh mana peserta didik memahami materi yang diajarkan. Akan berbeda apabila peserta didik berbuat curang atau tidak jujur saat ulangan. Walaupun hasilnya baik, tetapi itu tidak menjadi tolak ukur kemampuan yang sebenarnya yang dimiliki peserta didik.

4. Orang yang adil adalah orang yang memihak kepada ....
  • a. teman dekat
  • b. persamaan suku
  • c. organisasi
  • d. kebenaran
Jawaban: d
Pembahasan:

Allah Swt menegaskan bahwa kebencian terhadap suatu golongan, atau individu, janganlah menjadi pendorong untuk bertindak tidak adil. Rasa benci kepada seseorang atau suatu golongan menjadi pintu masuk setan untuk menjerumuskan manusia kedalam lubang kehancuran. Bisa dibayangkan betapa sulinya ketika harus berbuat adil kepada orang atau golongan yang kita benci. Meskipun sulit, karena ini perintah agama maka harus dilaksanakan.

5. Allah Swt. menegaskan bahwa kebencian terhadap suatu golongan, atau individu, janganlah menjadi pendorong untuk bertindak tidak adil. Ini menjadi bukti bahwa Islam ....
  • a. menjunjung tinggi keadilan
  • b. keras dalam segala hal
  • c. memihak kepada kaum mayoritas
  • d. membela orang kafir
Jawaban: a
Pembahasan:

Ajaran Islam menjunjung tinggi azas keadilan. Hal ini bisa difahami karena Islam membawa rahmat bagi seluruh alam (rahmatan lil ‘alamin). Oleh karena itu setiap muslim wajib menegakkan keadilan dalam posisi apapun. Apalagi seorang muslim yang menjadi polisi, jaksa, hakim atau aparat hukum lainnya harus menegakkan keadilan tanpa memandang suku, agama, status sosial, pangkat maupun jabatan. Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin akan terwujud apabila setiap muslim menegakkan keadilan.

6. Menurut Q.S. al-Maidah/5 ayat 8, Allah Swt memerintahkan untuk berperilaku adil, karena ....
  • a. menghindari kekacauan 
  • b. lebih dekat kepada rakyat 
  • c. Allah Swt membela kaum kafir
  • d. lebih dekat kepada takwa
Jawaban: d
Pembahasan;

Wahai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakan kebenaran karena Allah Swt, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekal-sekali kebencianmu terhadap suatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah Swt, sungguh, Allah maha mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan” (QS Al-Maidah/5 ayat 8)

7. Menurut Hadis riwayat Ahmad, ada tiga orang yang doa mereka tidak terhalang, yaitu sebagai berikut, kecuali ....
  • a. pemimpin yang adil
  • b. orang yang berpuasa hingga ia berbuka
  • c. orang miskin yang tidak meminta-minta
  • d. doa orang yang dizolimi
Jawaban: c
Pembahasan;
“Telah menceritakan kepada kami Abu Al Mudillah pelayan Ummul Mukminin, bahwa ia mendengar Abu Hurairah berkata: .” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Tiga orang yang doa mereka tidak terhalang, yaitu imam (pemimpin) yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka, dan doa orang yang dizholimi. Doa mereka dibawa ke atas awan dan dibukakan pintu langit untuknya” (HR Ahmad)

8. Perilaku jujur dan adil ini harus dilatih dan dibiasakan sejak .....
  • a. usia dini 
  • b. usia 8-10 tahun 
  • c. 11-14 tahun
  • d. 15-18 tahun
Jawaban:a
Pembahasan:
Perilaku jujur dan adil ini harus dilatih dan dibiasakan sejak usia dini. Sebab pada usia dini, seorang anak akan sangat mudah dididik dan dilatih.

9. Di bawah ini merupakan contoh penerapan perilaku jujur di sekolah, kecuali ....
  • a. bertutur kata yang benar kepada bapak-ibu guru
  • b. mengembalikan barang milik teman karena akan diberi imbalan
  • c. melaksanakan piket kelas sesuai jadwal
  • d. disiplin dalam mentaati tata tertib sekolah
Jawaban: b
Pembahasan:
Cukup jelas

10. Diantara contoh penerapan perilaku adil di masyarakat adalah sebagai berikut, kecuali ....
  • a. bertutur kata yang sopan kepada tetangga
  • b. menjaga nama baik tetangga
  • c. memberikan hak kepada tetangga
  • d. membiarkan tetangga yang sakit
Jawaban: d
Pembahasan:
Berlaku adil di lingkungan masyarakat  diantaranya dengan berlaku adil kepada tetangga dan warga dalam satu RT, RW ataupun kelurahan. Memperlakukan tetangga dengan baik, tidak merusak nama baiknya dengan menyebarkan cerita-cerita negatif. Tidak mengganggu tetangga dengan suara musik yang terlalu keras dari dalam rumah kita. Mengapa demikian? Sebab tetangga juga punya hak untuk dihormati dan diperlakukan dengan baik. Dengan memberikan hak kepada tetangga berarti kita telah berperilaku adil kepada tetangga.

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini !

1. Sebutkan akibat dari ketidakjujuran !
Jawaban:
Akibat dari ketidakjujuran yaitu akan mengakibatkan sakit hati, muncul rasa benci, dan saling tidak percaya, sungguh jika ini terjadi maka kehidupan akan kacau dan penuh dengan perselisihan.

2. Jelaskan pengertian adil ?
Jawaban:
Adil berarti memberikan hak kepada orang yang berhak menerimanya, meletakkan segala urusan pada tempatnya.

3. Jelaskan cara menerapkan kejujuran di sekolah ?
Jawaban;
Cara menerapkan kejujuran di sekolah diantaranya dengan mengerjakan tugas yang diberikan bapak-ibu guru dengan penuh tanggung jawab. Tidak menyontek saat ulangan, melaksanakan piket sesuai jadwal, mentaati tata tertib sekolah, bertutur kata yang benar kepada bapak-ibu guru, karyawan, dan teman. Jika bersalah harus mengakui kesalahannya.

4. Jelaskan kandungan QS Al-Maidah/5 ayat 8 !
Jawaban;
QS Al-Maidah/5 ayat 8 menegaskan bahwa menegakkan keadilan harus karena Allah Swt semata, bukan karena kepentingan pribadi atau duniawi. Kepentingan pribadi atau duniawi harus dikesampingkan dalam menegakkan keadilan. Bahkan jika kita bersaksi untuk kepentingan kerabat dekat, maka kita pun harus bersaksi dengan mengatakan yang sebenarnya, meskipun kesaksian itu merugikannya. Demikian juga jika kita bersaksi untuk musuh, maka kita pun harus bersaksi dengan mengatakan yang sebenarnya, meskipun menguntungkannya.

5. Jelaskan cara menerapkan kejujuran di rumah ?
Jawaban;
Menerapkan perilaku jujur di rumah misalnya kita melaksanakan tugas yang diberikan orang tua dengan sebaiknya-baiknya. Misalnya, ibu minta tolong dibelikan minyak goreng dan kebutuhan pokok lainnya. Sebagai anak jujur, semua uang sisa kembalian diberikan kepada ibu. Hal ini berarti memegang dan menjalankan amanah dengan baik. Memberitakan sesuatu hal baik ke orang tua ataupun ke dalam lingkungan masyarakat.

Demikian pembahasan mengenai Soal Latihan Pendidikan Agama Islam Materi Mengutamakan Kejujuran dan Menegakkan Keadilan. Semoga bisa bermanfaat untuk belajar secara mandiri....

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post