Bahan Konduktor dan Isolator di Sekitar Kita, Kelas 5, Tema 6, Subtema 3, Pembelajaran 5

Ingatkah kamu cara membuat Bolu Meranti yang sangat terkenal itu? Ya! Adonan bolu itu harus dipanggang ke dalam oven dalam waktu tertentu. Oven adalah alat untuk memanggang kue atau makanan lainnya. Pemanggang atau oven itu, biasanya diletakkan di atas kompor. Ada juga oven listrik yang menggunakan listrik sebagai sumber energi.

Sore itu, Beni tidak sabar menunggu hasil kue kering yang dibuat ibunya. Ibu tampak memasukkan dua loyang kue kering kesukaannya ke dalam sebuah oven. Ibu harus menunggu beberapa saat sampai oven itu panas, sebelum memasukkan kue di atas loyang itu. Tahukah kamu, bahan apa yang digunakan untuk membuat oven atau pemanggang milik ibunya Beni? Proses perpindahan panas apa sajakah yang terjadi dan perlu diperhitungkan untuk membuat dan menggunakan alat tersebut? Bagaimana dengan peralatan lain di rumahmu? Terbuat dari bahan apa sajakah alat-alat tersebut?

Bahan Konduktor dan Isolator di Sekitar Kita-Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari, banyak yang memanfaatkan sifat benda sebagai konduktor atau isolator. Benda apakah itu? Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaatkan sifat ini.

Bagaimana cara kerja selimut? Selimut memerangkap udara. Udara adalah isolator sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuhmu. Dengan demikian, badanmu tetap terasa hangat. Jaket dan sarung tangan wol memiliki cara kerja yang sama, yaitu untuk memerangkap udara agar badan tetap hangat dan tidak kedinginan.

Bagaimana dengan panci yang biasa digunakan di dapur? Panci terbuat dari bahan logam, misalnya Aluminium. Aluminium merupakan penghantar panas yang baik. Panci akan menghantarkan panas ke makanan yang dimasak. Ada bagian pada panci yang justru berfungsi sebagai isolator. Pegangan panci terbuat dari plastik. Plastik merupakan isolator sehingga kamu tidak akan kepanasan ketika memegangnya.

Oven atau pemanggang, juga menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi. Dengan menggunakan bahan konduktor seperti Aluminium, diharapkan panas dari sumber panas seperti kompor, tidak keluar. Sehingga, panas tersebut dapat mematangkan kue atau masakan yang dipanggang. Pemanggang biasanya berbentuk kotak dan tertutup. Bentuk yang tertutup ini ingin memaksimalkan panas untuk mematangkan makanan secara merata.

Mesin mobil dan motor, terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas. Mesin memerlukan panas untuk memperoleh kinerja mesin yang ideal. Mesin juga memerlukan energi listrik sehingga perlu bahan konduktor sebagai penghantar listrik.

Kamu tentu memiliki setrika di rumah. Dahulu, ketika listrik belum banyak digunakan, masyarakat menggunakan bara arang sebagai sumber panas. Arang hitam dibakar terlebih dahulu, setelah menjadi bara baru kemudian dimasukkan ke dalam setrika. Setrika ditutup dengan pegangan yang terbuat dari kayu. Biasanya setrika arang ini terbuat dari tembaga yang berat. Berbeda dengan setrika listrik yang digunakan saat ini. Sumber panas berasal dari aliran listrik yang memanaskan kumparan di bagian bawah setrika. Agar panasnya sampai dari kabel listrik ke pakaian maka pada alas atau bagian bawah setrika dibuat dari bahan logam. Sedangkan bagian pegangan setrika terbuat dari plastik yang bersifat isolator.
Ayo Menulis!
Berdasarkan bacaan di atas, tuliskan hal-hal yang kamu pahami dari setiap paragraf pada bacaan dalam sebuah kalimat. Kalimat-kalimat tersebut akan mewakili isi dari bacaan yang kamu baca. Tuliskan pada tempat yang telah disediakan.

Isi Paragraf 1
Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari, banyak yang memanfaatkan sifat benda sebagai konduktor atau isolator.

Isi Paragraf 2
Selimut dan jaket memiliki cara kerja yang sama yaitu  memerangkap udara agar badan tetap hangat dan tidak kedinginan.

Isi Paragraf 3
Panci terbuat dari logam, logam merupakan penghantar panas yang baik (konduktor). Tetapi ada bagian yang berfungsi sebagai isolator yaitu pada pegangannya agar tidak akan kepanasan saat akan memegang atau mengankatnya.

Isi Paragraf 4
Oven atau pemanggang, juga menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi.

Isi Paragraf 5
Mesin mobil dan motor, terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas untuk memperoleh kinerja mesin yang ideal.

Isi Paragraf 6
Ketika listrik belum banyak digunakan, masyarakat menggunakan bara arang sebagai sumber panas.

Buatlah sebuah paragraf untuk menjelaskan isi bacaan yang melibatkan semua isi dalam setiap paragraf! Jangan lupa untuk memperhatikan penggunaan kata-kata baku dan ejaan yang tepat.
Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari memanfaatkan konduktor atau isolator. Misalnya saja panci dan selimut. Bagaimana cara kerja selimut? Selimut memerangkap udara sehingga badan tetap hangat. Bagaimana dengan panci yang biasa digunakan di dapur? Panci terbuat dari bahan logam yang merupakan penghantar panas. Oven atau pemanggang menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi. Panas dari sumber panas akan mematangkan maskan yang dipanggang. Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas. Mesin juga memerlukan energi listrik sehingga perlu bahan konduktor sebagai penghantar listrik. Kamu tentu memiliki setrika di rumah. Agar panasnya sampai ke pakaian bagian bawah setrika dibuat dari bahan logam, sedangkan bagian pegangan setrika terbuat dari plastik yang bersifat isolator.
Ayo Mengamati!
Perhatikanlah beberapa peralatan yang ada di rumahmu! Jika kamu perhatikan, ada beberapa peralatan yang menggunakan bahan isolator dan konduktor sebagai bagian dari peralatan tersebut. Lakukanlah pengamatan secara saksama di rumahmu. Temukan beberapa peralatan yang menggunakan bahan isolator dan konduktor dengan kegunaannya masing-masing. Identifikasikan nama, kegunaan, dan sifat hantaran yang ada pada alat tersebut. Gunakanlah tabel berikut untuk membantumu! Lihatlah contoh yang telah disediakan.
Nama Alat dan
Bagiannya
BahanKegunaanSifat Hantaran
(Konduktor/Isolator)
Pegangan panci PlastikUntuk membuka
dan menutup
tutup panci
isolator
Panci AluminiumMemasak/merebus airkonduktor
Gagang solder plastikPegangan saat digunakanisolator
Pegangan
setrika
plastikPegangan saat
digunakan
isolator
Gagang
spatula
plastik/kayuPegangan saat
digunakan memasak
isolator
Sendok sayur plastikMengambil sayurisolator

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post