Pengertian Kewajiban, Hak dan Tanggungjawab, Kelas 5, Tema 4, Subtema 1, Pembelajaran 3

Warga masyarakat di tempat tinggal Edo sedang kerja bakti. Mereka membuat jalan setapak untuk masuk ke gang perumahan setempat. Mereka juga bekerja bakti membersihkan lingkungan. Semua warga masyarakat ikut dalam kegiatan kerja bakti, termasuk Edo.

Kerja bakti membersihkan lingkungan merupakan upaya menciptakan lingkungan sehat. Dengan lingkungan sehat, warganya pun hidup sehat. Semua warga harus mengikuti kerja bakti. Karena kerja bakti merupakan kewajiban sekaligus tanggung jawab setiap warga masyarakat. Sebagai warga masyarakat, kita juga berhak untuk hidup di lingkungan yang bersih dan sehat. Apakah yang dimaksud kewajiban, hak, dan tanggung jawab? Hak berarti sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang dan penggunaannya tergantung kepada orang yang bersangkutan. Kewajiban berarti sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Tanggung jawab berarti tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan. Kerja bakti yang dilakukan sekelompok warga masyarakat merupakan bentuk interaksi manusia dengan lingkungan. Apa yang dimaksud dengan interaksi manusia dengan lingkungan? Apakah akibat dari interaksi manusia dengan lingkungan? Apakah interaksi sosial dapat menimbulkan persatuan dan juga perpecahan? Untuk memahami hal ini, perhatikan gambar berikut.
Manusia hidup dalam lingkungan tertentu. Lingkungan adalah ruang yang ditempati oleh makhluk hidup dan benda tidak hidup. Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungannya, baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Manusia tidak bisa hidup sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia pasti membutuhkan orang lain.

Secara kodratnya, setiap manusia akan berinteraksi. Intersaksi antar individu, individu dengan kelompok. Interaksi tersebut dinamakan interaksi sosial. Melalui gambar diatas kamu telah mengetahui contoh interaksi sosial. Untuk lebih memahami interaksi sosialm lakukan kegiatan berikut.

Ayo Menulis!
Coba kamu cari contoh lain bentuk interaksi sosial. Kamu dapat mencari dari buku, internet, atau sumber lain. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

1. Contoh interaksi antarindividu
  • Seorang siswa bertanya kepada gurunya tentang materi pembelajaran.
  • Seorang anak menolong temannya yang jatuh.
  • Seorang anak menyapa teman saat bertemu di jalan.
2. Contoh interaksi antara individu dan kelompok
  • Orang berpidato di depan khalayak pada suatu acara.
  • Presiden dengan rakyatnya.
  • Ketua kelompok dengan anggotanya saat berdiskusi.
3. Contoh interaksi antarkelompok
  • Pertandingan basket antarsekolah.
  • Suatu kelompok melakukan presentasi di depan kelompok lain saat pembelajaran di kelas.
Interaksi sosial penting dilakukan oleh setiap individu. Mengapa demikian? Karena dengan melakukan interaksi sosial, individu dapat mencukupi semua kebutuhan hidupnya. Contoh, saat kamu makan nasi, tentu nasi yang di makan berasal dari beras. Beras berasal dari padi yang ditanam petani. Sebelum menjadi beras, padi digiling oleh orang lain. Bahkan, nasi yang di makan merupakan masakan orang lain. Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup, interaksi juga merupakan sarana untuk mencapai tujuan bersama.

Interaksi sosial tidak selamanya mengarah kepada kebersamaan atau persatuan. Oleh karena itu, interaksi sosial dibedakan menjadi dua (2) yaitu.
  1. interaksi yang mengarah ke persatuan,
  2. interaksi yang mengarah ke perpecahan.
Untuk memahami kedua interaksi tersebut, ayo lakukan kegiatan berikut.

Ayo Menulis!
Carilah contoh interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan dan perpecahan. Kamu dapat mencari informasi dari buku, internet, atau sumber lain. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Interaksi sosial mengarah pada persatuan
  • Siswa-siswi bergotong royong membersihkan lingkungan sekolah.
  • Siswa-siswi mengadakan musyawarah untuk pelaksanaan pemilihan ketua kelas.
Interaksi sosial mengarah pada perpecahan
  • Saling mengejek teman.
  • Tawuran antarpelajar.
Masyarakat Indonesia yang hidup tersebar di berbagai wilayah Indonesia memiliki beragam karakteristik. Karakteristik antara satu wilayah dengan wilayah lainnya berbeda-beda. Perbedaan tersebut mencakup aspek seni, ekonomi, sosial, budaya, maupun politik. Oleh karena itu, setiap warga negara Indonesia hendaknya menjaga interaksi yang baik. Interaksi yang baik, Perbedaan tersebut dapat mendukung pembangunan nasional.

Setiap warga negara hendaknya memahami bahwa perbedaan merupakan kodrat dari Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, kamu harus mengelola perbedaan tersebut menjadi suatu kekuatan. Ada tiga teori sosial budaya di Indonesia yang hingga kini berlaku di masyarakat yaitu musyawarah, paternalistik, dan gotong royong. Budaya ini apabila dikembangkan akan mendukung pembangunan nasional. Selain itu, musyawarah, paternalistik, dan gotong royong juga akan mendukung ketahanan aspek sosial budaya yang tangguh. 

Warga masyarakat Indonesia harus bertanggung jawab dalam meningkatkan pengalaman sosial budaya. Dengan demikian, setiap indivisu memiliki tanggung jawab yang sama. Tanggung jawab tersebut di antaranya menjaga kebersihan, ketertiban, dan keamanan lingkungan. Di sini dapat disimpulkan bahwa kekuatan masyarakat terletak pada ikatan kerja sama. Pentingnya kerja sama dalam masyarakat dapat diungkapkan dengan sebuah pantun. Pantun berikut ini memudahkan untuk mengingatnya.
Turun ke paya memetik kangkung
Hati senang dibantu si dia
Bergotong-royong penduduk sekampung
Hasil mufakat hidup bahagia
Masih banyak contoh pantun yang mengandung nasihat. Terutama tentang pentingnya kerja sama dan mufakat dalam masyarakat. Simaklah contoh pantun berikut.
Merah muda baju si bibi
Di tangannya ada bayam seikat
Masalah warga datang bertubi
Berkumpullah untuk mufakat
Pantun di atas sangat bermakna. Maknanya adalah setiap manusia hendaknya menyisakan waktu untuk berkumpul bersama warga kampunya. Berkumpul untuk membicarakan masalah bersama hingga mencapai mufakat. Untuk lebih memahami pantun yang berisi nasihat, lakukan kegiatan berikut.

Ayo Menulis!
Carilah contoh pantun yang mengandung nasihat. Jika tidak menemukan contohnya, maka buatlah sendiri. Lengkapi dengan maknanya atau artinya. Bacakan hasil pantunmu di depan kelas.

Pantun NasehatMakna
Wahai ananda kuntum pilihan
Syarak dan sunnah jangan abaikan
Berbuat baik janganlah segan
Supaya engkau dirahmati Tuhan
Agar kita selalu berbuat baik.
Sebab dengan banyak berbuat baik Tuhan akan merahmati kita.
Rahmat adalah kasih sayang.
Jadi jika berbuat baik, kita mendapatkan kasih sayang Tuhan.
Jika angin berputar-putar
Layang-layang tak terkejar
Jika adik ingin pintar
Rajin-rajilah belajar
Nasehat pada pantun adalah agar kita rajin belajar.
Dengan belajar kita bertambah pintar.
Tanpa belajar pasti menjadi bodoh.
Orang-orang yang rajin belajar tidak hanya pintar, mereka juga tekun.
Tekun belajar dan bekerja menjadikan kita mudah meraih masa depan cerah.
Ada ubi ada talas
Ada budi ada balas
Sebab pulut santan binasa
Sebab mulut badan merana
Agar kepada orang yang menolong/berbuat baik pada kita,
selayaknya kita bisa memblasnya dengan kebaikan juga
Bunga mawar bunga melati
Kala dicium harum baunya
Banyak cara sembuhkan hati
Baca Quran paham maknanya
Seseorang yang sedang sedih, memiliki masalah atau
penyakit dalam hatinya, salah satu obatnya adalah dengan membaca Al-quran
Hati-hati menyeberang
Jangan sampai titian patah
Hati-hati di rantau orang
Jangan sampai berbuat salah
Jangan cepat marah kepada orang, karena itu membuat hati orang sakit
Sumber pantun; guruberbahasa.com

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post