Tema 4, Subtema 1, Pembelajaran 3

Tuhan telah memberikan air yang melimpah kepada makhluk-Nya. Oleh karena itu, sebagai manusia yang mempunyai akal dan pikiran kita wajib menggunakan air sesuai kebutuhan. Selain itu, kita juga harus selalu menjaga kebersihan air. Bagaimana caranya? Siapa yang dapat menjawab?

Hari ini Siti, Dayu, Edo, dan teman-temannya pergi ke suatu tempat. Tempat yang dikunjungi tepatnya di daerah Bogor, Jawa Barat. Mereka akan mengamati sumber air bersih yang digunakan oleh penduduk. Di daerah yang dikunjungi, mereka berkenalan dengan Tono, Nisa, dan Dita. Rumah Tono, Nisa, dan Dita masih satu kecamatan. Untuk memahami tentang pengamatan, ayo, lakukan pengamatan berikut.

Ayo Amati
Amatilah peta rumah Tono, Nisa, dan Dita berikut!
Ayo Berlatih
1. Jelaskan letak rumah Dita dari rumah sakit.
- Rumah Dita berada di sebelah barat Rumah Sakit.

2. Suatu hari Dita akan bersepeda ke rumah Nisa.
Tuliskan dua petunjuk jalan yang dapat dilalui Dita.
Hitunglah jarak yang ditempuh Dita untuk masing-masing jalan tersebut. Jalan
mana yang jaraknya lebih dekat?
- Jarak yang harus ditempuh Dita untuk ke rumah Nisa adalah sepanjang 50 m, karena Dita harus melewati 5 kotak yang masing-masing berukuran 10 m X 10 m.

3. Suatu hari Dita, Nisa, dan Tono akan latihan menari di Balai Desa. Mereka berangkat dari rumah masing-masing. Tuliskan jalan yang ditempuh Dita, Nisa, dan Tono agar mereka lebih cepat sampai di Balai Desa!
- Jalan yang harus ditempuh Tono menuju Balai desa: ke arah selatan melewati Jalan Pattimura.
• Jalan yang harus ditempuh Dita menuju Balai desa: Jalan Dipanegara ke utara – perempatan belok ke kanan/timur – Jalan Kartini ke arah timur – perempatan belok ke kiri/utara – jalan Pattimura - balai Desa.
• Jalan yang harus ditempuh Nisa menuju Balai desa: Jalan Imam Bonjol ke arah timur – perempatan belok ke kanan/selatan – Jalan Pattimura – balai desa.

4. Tepat di sebelah barat rumah sakit terdapat kolam renang. Jika Nisa ingin ke kolam renang tersebut, jalan manakah yang harus ditempuh? (Berikan dua alternatif jalan yang dilalui Nisa. Hitunglah juga panjang jalan yang dilalui Nisa).
- Rute Rumah Nisa ke kolam renang
  • a. Rute 1 : Jalan Imam Bonjol ke arah barat – perempatan belok ke kiri/selatan – Jalan Dipanegara – perempatan belok kiri/timur – Jalan Kartini – Kolam renang. Panjang rute: 50 m / 5 kotak.
  • b. Rute 2 ; Jalan Imam Bonjol ke arah timur - perempatan belok kanan/selatan - Jalan Pattimura - perempatan belok kanan/ barat - Jalan Kartini – kolam renang. Panjang rute: 80m/ 8 kotak.
Siti dan teman-temannya telah memperoleh informasi mengenai sumber air bersih di daerah yang mereka kunjungi. Rata-rata penduduk di daerah itu menggunakan sumur sebagai sumber air bersih. Para penduduk pun telah paham jika sumur dengan septictank harus berjarak minimal 10 meter. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar air tetap sehat dan terhindar dari pencemaran kotoran dari dalam septictank.

Hak dan kewajiban terhadap air yang ada di bumi ini pun telah diketahui oleh Siti dan teman-temannya. Hak kita terhadap air bersih, yaitu menerima atau memperoleh air sesuai kebutuhan kita. Misalnya, kita harus memperoleh air untuk mandi, minum, dan mencuci. Jika tidak memperoleh air bersih, kita akan rugi sendiri karena badan kita menjadi kotor dan tidak sehat. Sebaliknya, kewajiban kita terhadap air, yaitu selalu menjaga kebersihannya. Misalnya, jangan membuang sampah ke dalam sumber air seperti sumur, sungai, selokan, dan danau. Hal ini dapat merugikan diri sendiri dan orang lain karena air menjadi kotor juga tercemar bakteri.

Ayo Menulis
Menghemat air dan menjaga kebersihan air merupakan kewajiban kita. Apa akibat jika manusia tidak memperoleh air bersih? Bagaimana cara kamu menjaga kebersihan air? Apa akibatnya jika tidak menjaga kebersihan air? Bagaimana cara kamu menghemat air? Apa akibatnya jika tidak menghemat air? Coba ceritakan.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menghemat pemakaian air bersih, diantaranya:

1. Hemat air saat mandi.
Penggunaan shower dapat menghemat pemakaian air. Bila tidak, anda dapat membatasi penggunaan air bersih dalam hitungan gayung, atau pun dengan cara membatasi penggunaan air dengan ember.

2. Menutup keran air saat setelah selesai digunakan
Bila menyikat gigi atau mencuci tangan di wastafel, jangan membiarkan air mengalir terbuang percuma saat anda sedang menyikat gigi atau mencuci tangan dengan sabun.

3. Perbaiki Kebocoran sesegera mungkin
Apabila ada kebocoran dalam sistem pipa air di rumah, maka segeralah perbaiki secepat mungkin agar air tidak terbuang percuma.

4. Hemat air saat mencuci Piring
Sabuni terlebih dahulu semua piring, gelas atau peralatan makan lainnya. Setelah itu gunakan bak / ember untuk membilasnya. Gunakan air mengalir untuk bilasan terakhir atau bila anda merasa cucian tersebut masih kotor.

5. Menghemat air saat mencuci pakaian
Kelompokkan pakaian sesuai dengan tingkat kelunturan dan kekotorannya. Gunakan air untuk pakaian dengan tingkat kekotoran atau kelunturan paling sedikit terlebih dahulu.

6. Menghemat air saat menyiram tanaman
Siram tanaman pada pagi atau sore hari. Pada saat itu, air akan lebih cepat diserap tanah, dan memperkecil kemungkinan penguapan air. 

Cara Menjaga Kebersihan Air

1. Mendaur ulang barang bekas
Barang-barang yang tidak didaur ulang sering dibuang ke sumber air seperti sungai atau laut. Benda ini memberi efek yang buruk pada air dan tanah. Oleh karena itu daur ulang bahan bekas agar tidak mengotori lingkungan.

2. Minimalkan penggunaan bahan kimia
Menghilangkan atau meminimalkan penggunaan bahan kimia merupakan cara tepat untuk melindungi perairan global. Ketika bahan kimia larut ke dalam air maka dapat menghancurkan ekosistem. 

3. Buang bahan kimia dengan benar
Bahan berbahaya seperti cat, oli motor dan kimia dengan benar. Jangan buang di sungai yang dapat mencemarkan air serta kehidupan masyarakat. 

4. Mengurangi penggunaan air
Kurangi penggunaan air untuk menjaga pasokan air bersih. Penggunaan air yang tidak bertanggung jawab dapat menyebabkan kekeringan. 

5. Menjaga lingkungan
Bersihkan sampah di sepanjang sungai, pantai, atau di sepanjang jalan-jalan kota atau jalan raya karena sampah dapat mencemari lingkungan. Kebiasaan ini akan berdampak panjang pada kebersihan air.

6. Menanam pohon
Hutan di sepanjang aliran air juga bertindak sebagai penyaring, sehingga melestarikan atau penanaman pohon di sepanjang sungai dan sungai juga dapat membantu untuk menjaga saluran air bersih. Tanaman hijau berperan dalam mencegah polusi udara, tanah dan air. 

7. Mengadakan penyuluhan
Sampai sekarang, masih banyak masyarakat yang belum sadar pentingnya menjaga air. Jika kita mempunyai pengetahuan cara menjaga kebersihan air, sebaiknya berbagi ilmu tersebut pada masyarakat lainnya agar mereka memiliki kesadaran pentingnya air dalam kehidupan.

Akibat jika kita tidak bisa menghemat dan menjaga kebersihan air yaitu kehidupan akan kelangsungan manusia akan terancam, karena sebagian dari tubuh manusia terdiri dari air, cara menjaganya dengan tidak membuang sampah pada sumber air, berupaya menciptakan tekhnologi alternatif yang bisa mengubah air yang awalnya tidak layak konsumsi menjadi sumber air yang layak konsumsi.

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post