Menuliskan Pokok-pokok Berita yang Kita Dengar

Televisi dan radio merupakan sarana yang sangat efektif untuk menyebarluaskan informasi/berita. Berita yang disiarkan melalui televisi atau diperdengarkan melalui radio meliputi berita ekonomi, olehraga, berita kenegaraan, politik, pendidikan, dialog interaktif, peristiwa terkini dan lain-lain.  Radio merupakan media siaran yang paling awal digunakan sebagai penyebar informasi yang dapat mencapai pendengar dalam jumlah besar dengan lebih cepat.

Terdapat fungsi radio yang tidak bisa digantikan oleh televisi, sehingga masih digemari oleh masyarakat. Masyarakat dapat mendengarkan sambil mengemudi dan lainnya, berbeda dengan televisi yang harus rnenggunakan mata dan telinga. Sekarang televisi sudah menjadi medium untuk menyampaikan berbagai hal kepada masyarakat seperti sosial, politik, dan lainnya. Televisi di Indonesia telah menciptakan budaya hiburan malalui layar kaca misalnya musik, sehingga masyarakat tertarik dengan adanya siaran televisi.

Dengan munculnya media siaran televisi, masyarakat menjadi lebih tertarik, apalagi sekarang banyaknya acara program televisi. Selain dari pada itu, radio juga memiliki karakteristik yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia, apalagi dengan munculnya telepon selular yang membuat masyarakat dapat berinteraksi langsung dengan penyiar radio, dan itu membuat peranan radio menjadi semakin kuat di zaman Modern. Apabila kita ingin menyimpulkan isi berita yang didengar, terlebih dahulu kita menuliskannya dalam satu atau dua kalimat singkat tetapi padat yang mencakup isi berita tersebut.

Cara menuliskan pokok-pokok berita yang kita dengar adalah sebagai berikut;
  1. Siapkan alat tulis dan buku catatan,
  2. Simaklah berita dengan sungguh-sungguh dari awal hingga akhir,
  3. Berkonsentrasilah pada berita yang didengar (lewat televisi maupun radio)
  4. Catatlah gagasan pokok atau inti pembicaraan dari berita tersebut, dengan memperhatikan 5 W, 1 H (What/apa, Who/siapa, When/kapan, Where/dimana, Why/mengapa, dan How/bagaimana).
  5. Tulislah kesimpulan dari gagasan pokok yang kita tulis.
Untuk lebih memahami materi, berikut disajikan cuplikan berita, lalu tulislah pokok-pokok beritanya.

Pemirsa, di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung, udara yang bebas dari polusi kendaraan maupun pabrik sangatlah sulit kita temukan. Pencemaran datang dari berbagai sumber dan memasuki udara, air, dan tanah dengan berbagai cara. Pencemaran udara terutama datang dari asap kendaraan bermotor, industri, dan pembakaran sampah. Pencemaran udara dapat pula berasal dari aktivitas gunung berapi. Proses pencemaran dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung yaitu bahan pencemar tersebut langsung meracuni dan berdampak pada kesehatan manusia, hewan ataupun tumbuhan dan mengganggu keseimbangan ekologi, baik itu air, udara, maupun tanah. Sedangkan proses pencemaran tidak langsung yaitu beberapa zat kimia berekasi di udara, air, maupun tanah, sehingga menyebabkan pencemaran. Pencemaran juga ada yang terasa dampaknya secara langsung misalnya berupa gangguan kesehatan (penyakit akut), atau dampak yang dirasakan setelah dalam jangka waktu tertentu (penyakit kronis).
Sebenarnya alam mempunyai kemampuan sendiri untuk mengatasi pencemaran (self recovery), namun alam memiliki keterbatasan. dan setelah batas-batas tersebut terlampaui, pencemaran akan berada di alam secara tetap, terakumulasi, dan kemudian berdampak pada kehidupan makhluk hidup dan ekosistem. Penyelesaian masalah pencemaran dapat melalui langkah pencegahan dan pengendalian. Langkah pencegahan pada prinsipnya mengurangi pencemaran dari sumbernya untuk mencegah dampak kerusakan lingkungan yang lebih berat. Tindakan pencegahan dapat pula dilakukan di lingkunga nterdekat dengan bersikap ramah lingkungan, kegiatan konservasi, penggunaan energi alternatif, alat transportasi alternatif, dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development).
Sedangkan langkah pengendalian sangat penting untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat. Pengendalian dapat berupa pembuatan standar baku mutu lingkungan, monitoring lingkungan dan penggunaan teknologi untuk mengatasi masalah lingkungan. Untuk permasalahan global seperti perubahan iklim, penipisan lapisan ozon, dan pemanasan global, diperlukan kerjasama semua pihak antara satu negara dengan negara yang lain. Dan untuk saat ini, jika kita ingin mendapatkan udara yang sejuk dan bersih, kita harus pergi ke pedesaan. 

Dari cuplikan berita diatas, kita dapat menulis pokok-pokok isi berita. Cara menyimpulkan isi berita dapat dilakukan dengan mengambil pokok-pokok pikiran berita kemudian menuliskannya dalam kalimat-kalimat.
  1. Di kota besar, udara yang bersih terbebas dari polusi sangat sulit ditemukan.
  2. Pencemaran datang dari berbagai sunber dengan berbagai cara.
  3. Proses pencemaran dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung.
  4. Untuk menyelesaikan masalah pencemaran dapat dilakukan dengan kegiatan pencegahan dan pengendalian.
  5. Langkah pengendalian sangat penting untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat.
  6. Untuk mendapatkan udara yang bersih kita harus pergi ke wilayah pedesaan.
Kesimpulan:
  • Di kota-kota besar, udara yang bersih, terbebas dari pencemaran sudah sangat sulit ditemukan. Pencemaran itu bisa datang dari berbagai sumber dengan berbagai cara dan proses pencemaran dapat terjadi secara langsung maupun tidak.Untuk menyelesaikan masalah pencemaran ini dapat dilakukan dengan kegiatan pencegahan dan pengendalian. Dan untuk mendapatkan udara yang bersih dan sehat kita bisa pergi ke pedesaan.
Simak juga cuplikan berita berikut;
Pemprov DKI Jakarta Menggarap Jalur Transportasi Air
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membuka jalur transportasi air yang berada di kawasan Kali Ciliwung dan Banjir Kanal Barat. Saat ini tengah dipersiapkan beberapa perangkat pendukungnya, seperti halte. Jalur transportasi air ini merupakan salah satu upaya untuk menghindari kemacetan arus lalu lintas darat yang kerap terjadi di Jakarta. Untuk rute awal, yang akan digunakan adalah jalur Kebon Kacang hingga Pasar Manggarai dengan tiga halte atau dermaga penumpang. Halte atau dermaga penumpang itu saat ini tengah dibangun. Untuk langkah awal, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memfokuskan pembersihan sampah yang akan dilalui jalur transportasi ini. Menurut rencana, seluruh perangkat yang akan digunakan untuk jalur transportasi ini akan selesai pada bulan Juli 2007. Menurut warga, dengan dibangunnya jalur transportasi air ini setidaknya dapat menjadi alternatif angkutan.
Sumber: Metrotvnews.com

Kesimpulan berita diatas adalah;
Pemprov DKI Jakarta akan membuka jalur transportasi air di kawasan Kali Ciliwung dan Banjir Kanal Barat. Jalur transportasi air merupakan salah satu upaya untuk menghindari kemacetan arus lalu lintas darat. Untuk rute awal, jalur yang dilalui adalah Kebon Kacang hingga Pasar Manggarai. Direncanakan seluruh perangkat penunjang transportasi air selesai dibangun pada bulan Juli 2007.

No comments for "Menuliskan Pokok-pokok Berita yang Kita Dengar"