Kelas 6, Tema 7, Subtema 2, Pembelajaran 4, Pemimpin Idolaku

Sekarang kita sudah sampai pada pertemuan ke-4. Fokus pembelajaran pada Subtema 2, Pembelajaran 4, Pemimpin Idolaku ini adalah mata PJOK, Matematika, dan IPA. 

Seorang pemimpin yang baik selalu menghargai karya atau usaha orang lain. Bisakah kamu menyebutkan contoh sikap pemimpin tersebut? Apa yang dilakukannya? Menghargai adalah menghormati keberadaan, harkat, dan martabat orang lain. Menghargai hasil karya orang lain artinya menghormati hasil usaha, ciptaan, dan pemikiran orang lain. Kita wajib menghargai dan menghormati hasil karya orang lain, karena dengan sikap seperti itu kehidupan akan berjalan dengan tenteram dan damai karena setiap orang akan menyadari pentingnya sikap saling menghormati dan menghargai tersebut.

Cara Menghargai Hasil Karya Orang lain
Menghargai hasil karya orang lain dapat dilakukan dengan bermacam-macam. Adapun bentuk-bentuk menghargai hasil karya orang lain adalah sebagai berikut:

1. Melalui Ucapan
Dalam hal ini berarti berkata dengan baik, tidak meremehkan hasil orang lain dengan kata-kata yang kasar maupun sindiran. Berkatalah yang baik atau diam.

2. Melalui Perbuatan
Yakni dengan menggunakan hasil karya orang lain tersebut untuk diambil manfaatnya. Kita dilarang berbuat kerusakan dimuka bumi, maka kita juga dilarang berbuat kerusakan terhadap hasil karya orang lain.

Beberapa sikap yang menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain adalah:
  1. Menggunakan hasil karya tersebut dengan cara yang baik dan semestinya.
  2. Memberi penghargaan, semangat, dan dorongan agar orang lain terus berkarya.
  3. Tidak merusak, meniru, dan memalsukan karya orang lain tanpa izin dari pemiliknya.
  4. Menghindarkan perasaan dengki atas prestasi atau hasil karya orang lain.
  5. Meneladani prestasi yang telah dicapai.
Banyak diantara kita yang bekerja sungguh-sungguh. Mereka menghasilkan karya yang luar biasa. Seorang pemimpin yang baik, selain mempercayai anggota timnya, ia selalu memberi perhatian dan penghargaan kepada mereka. Berikut adalah lima kualitas yang dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik:

  • 1. Percaya diri
  • 2. Kreativ
  • 3. Visi
  • 4. Kebulatan tekad
  • 5. Komunikasi
Ayo Berlatih
Pada pembelajaran sebelumnya kamu sudah bermain mengoper bola dengan temanmu. Hari ini kamu akan melakukan hal yang sama. Untuk mengingat keterampilan yang kamu pelajari, kamu bisa membaca kembali teknik mengoper bola dan membaca aturan mainnya sekali lagi.

Ayo Mencoba
Sudin terlihat akrab dengan Ismail dari Aceh. Mereka tinggal sekamar. Setelah berlatih pidato untuk persiapan esok pagi, Sudin dan Ismail beristirahat sambil bermain angka. Mereka mengumpulkan beberapa tutup botol minuman dan menuliskan satu angka di atasnya. Berikut adalah angka-angka yang ditulis mereka di setiap tutup botol.
Sudin memasukkan semua tutup botol ke dalam kantong plastik hitam. Apabila angka yang terambil adalah bilangan kelipatan 3, maka Ismail menang. Apabila angka yang terambil adalah bilangan kelipatan 2, maka Sudin menang.

1. Berapa peluang untuk terambilnya bilangan yang merupakan kelipatan 3?
  • Bilangan yang merupakan kelipatan 3 yaitu; 6, 9, 15, 18, 24, 30. Peluang untuk terambilnya bilangan tersebut adalah 6/8.
2. Berapa peluang untuk bilangan kelipatan 2?
  • Bilangan yang merupakan kelipatan 2 yaitu; 6, 24, dan 18. Peluang untuk bilangan kelipatan 2 adalah 3/8.
3. Apakah menurutmu permainan ini adil? Mengapa?
  • Tidak, karena jumlah bilangan kelipatan 3 dan kelipatan 2 tidak berimbang.
Ayo Lakukan

Kepala Sekolah Sudin adalah seorang pencinta binatang. Di sekolah Sudin banyak sekali burung. Mereka bebas berterbangan dari satu pohon ke pohon lainnya, bahkan terkadang banyak burung di halaman sekolah sedang mencari makan. Pada suatu hari, Kepala Sekolah sangat kaget. Ia melihat banyak burung-burung yang kotor sayapnya. Ternyata air di sekitar sekolah banyak mengandung lumpur sejak hujan deras dua hari yang lalu. Ia sangat prihatin dengan kondisi ini.

Apa sebenarnya yang terjadi dengan air tersebut? Kamu sudah belajar tentang campuran kan? Ayo, kita coba memisahkan kotoran dari air.

Bahan yang dibutuhkan;
  1. Botol Plastik
  2. 1 Mangkuk Pasir Putih
  3. Krikil Besar
  4. Kerikil Sedang
  5. Ijuk
Kegiatan
  1. Potong bagian bawah botol. Minta bantuan gurumu untuk melakukannya.
  2. Isi bagian botol yang terbuka dengan bahan-bahan penyaring dengan susunan seperti pada gambar.
  3. Masukkan air kotor perlahan
  4. Tunggu sekitar 5 menit
  5. Tuang air yang disaring ke dalam mangkuk. Apa yang terjadi?
Hasil percobaanmu dengan hasil percobaan temanmu mungkin berbeda. Berilah komentar yang membangun kepada mereka yang belum berhasil. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak yang berkarya. Sebaliknya, banyak pula yang bersedih karena belum menghasilkan karya. Sebagai pemimpin yang baik, apa yang harus kita lakukan terhadap keduanya?

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post