Kelas 6, Tema 7, Subtema 2, Pembelajaran 1, Pemimpin Idolaku

Fokus pembelajaran Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Pemimpin Idolaku adalah mata pelajaran IPS, Bahasa Indonesia, dan PPKn. Tujuan yang ingin dicapai pada pembelajaran kali ini adalah; (1). Menghubungkan antara nilai-nilai kepemimpinan dengan manfaat lembaga–lembaga politik, ekonomi, budaya, pendidikan dan sosial, (2). Menuliskan hubungan antara nilai-nilai kepemimpinan dengan manfaat lembaga–lembaga politik, ekonomi, budaya, pendidikan dan sosial, (3). Menyempurnakan teks pidato dengan obyektif, (4). mampu berpidato di depan teman dengan percaya diri, (5). Membandingkan nilai-nilai kepemimpinan tentang cinta tanah air sebagai wujud nilai persatuan dan kesatuan dengan obyektif dan (6). Mampu mengomunikasikan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan percaya diri.

Langsung saja kita bahas Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1, Pemimpin Idolaku.

Apakah kamu memiliki seorang pemimpin idola? Siapa pemimpin idolamu? Apa yang telah diperbuatnya sehingga ia dijadikan pemimpin idolamu? Tulislah pemimpin idolamu dan nilai-nilai kepemimpinan yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Jangan lupa menuliskan contoh kegiatan yang telah dilakukannya.
Ir. H. Joko Widodo atau yang lebih akrab disapa Jokowi adalah Presiden ke-7 Indonesia yang mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Ia terpilih bersama Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla dalam Pemilu Presiden 2014. 
Nilai-nilai kepemimpinan dari beliau yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai persatuan dan kesatuan diantaranya adalah perang terhadap korupsi. Beliau pernah menyatakan k?ata kunci untuk mencegah dan memerangi korupsi adalah partisipasi rakyat untuk terlibat dalam melawan korupsi dan kerjasama bahu membahu antar lembaga-lembaga penegak hukum.? Persatuan dan kesatuan mutlak diperlukan. Tanpa adanya persatuan dan kesatuan, mustahil korupsi akan dapat dihilangkan. 
Beliau juga pernah memberikan pengarahan dihadapan 1.500 prajurit korps Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU. TNI adalah perekat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, jangan pernah mundur dari ancaman yang ingin memecah belah dan mengadu domba bangsa. Sebagai Panglima Tertinggi TNI, saya perintahkan TNI khususnya Korps Paskhas agar selalu setia kepada NKRI, menjaga Pancasila dan mempertahankan Undang-Undang Dasar 1945, serta menjaga Bhinneka Tunggal Ika.
Ayo Bacalah
Kita mengidolakan seorang pemimpin karena kita tahu mereka bekerja untuk kepentingan rakyatnya. Ayo, belajar dari salah seorang pemimpin yang patut kita teladani melalui bacaan berikut!
Pamanku, Lurah Idola
Ini cerita tentang pamanku, Badi namanya. Ia seorang lurah di desanya. Warga biasa memanggilnya dengan sebutan Pak Lurah. Tetapi aku tahu mereka mengenal dekat, hormat, serta sayang pada beliau.
Walau menjabat sebagai lurah, pamanku hidup sederhana. Gaji dan fasilitas yang diperolehnya tidak digunakan untuk kepentingan pribadinya. Rumahnya tetap mungil sederhana, hanya berlantai semen.
“Ah, untuk apa rumah mewah, berlantai keramik? Yang penting bersih dan nyaman saja. Lantai semen justru terasa lebih dingin kan?” ujarnya ketika aku mengomentari rumahnya.
Ternyata, dari cerita bibi aku tahu. Paman menyisihkan gajinya justru untuk meningkatkan kesejahteraan warganya. Dibangunnya balai belajar sederhana untuk tempat warga belajar membaca. Paman ingin warganya maju. Ia ingin warganya melek informasi.
Membaca merupakan salah satu cara untuk membuka pintu informasi.
Bergantian dengan bibi, di sore hari paman mengajar membaca di balai belajar. Ia sabar dan penuh canda, sehingga warga tak sungkan belajar dengannya. Kadang warga seperti lupa, bahwa sang guru adalah lurah, pejabat pemerintahan desa. Paman sedikit demi sedikit juga menyediakan berbagai buku di balai belajar. Berbagai buku disediakan, seperti buku bercocok tanam, pemeliharaan hewan, atau buku pengetahuan umum tersedia di sana. Ia selalu menyisihkan sebagian gajinya untuk membeli buku di pasar buku bekas.
Bukan hanya memikirkan kesejahteraan warganya, pamanku juga selalu bermusyawarah dengan warga sebelum menentukan kebijakan. Aku ingat, pernah sekali waktu sekelompok investor datang menemui paman. Mereka ingin membangun toko swalayan di desa. Sebagai lurah, paman bisa saja langsung menyetujui, tetapi paman justru mengumpulkan warga untuk berdiskusi. Dikemukakannya dampak positif dan negatif jika ada toko swalayan di desa mereka.
Sebagian besar warga tidak setuju karena khawatir akan mengalahkan usaha kecil warga. Warung dan pasar tradisional akan tersaingi. Tanpa ragu paman pun menolak rencana pembangunan toko swalayan tersebut. Aku yakin, banyak warga yang ingin dipimpin oleh lurah seperti Pak Badi, pamanku. Seorang pemimpin yang memilih untuk tidak menjulang tinggi di tengah kesederhanaan warganya. Seorang pemimpin yang memilih untuk berjuang maju bersama warganya.
Perhatikan nilai-nilai yang dimiliki oleh tokoh. Sebagai seorang pemimpin, ia sedang mengamalkan nilai-nilai persatuan. Apa yang dilakukannya merupakan wujud dari cintanya terhadap tanah air.

Apakah kamu memiliki nilai-nilai yang sama dengan nilai-nilai pemimpin idolamu? Tulislah nilai-nilai kepemimpianmu yang mencerminkan persatuan dan kesatuan saat kamu berada di sekolah. Jangan lupa sertakan contoh perilakumu yang mencerminkan nilai-nilai tersebut dan manfaatnya bagimu.

Salah satu tokoh dalam cerita di atas adalah seorang lurah. Apa yang kamu ketahui tentang lurah?
Lurah merupakan pimpinan dari Kelurahan sebagai Perangkat Daerah Kabupaten atau Kota. Seorang Lurah berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat. Tugas Lurah adalah melaksanakan Kewenangan Pemerintah yang dilimpahkan oleh Camat sesuai karakteristik wilayah dan kebutuhan Daerah serta melaksanakan Pemerintahan lainnya berdasarkan ketentuan Peraturan perundang-undangan.
Ayo Bertanya
Kamu dan teman sekelasmu akan pergi ke kelurahan untuk mewawancarai lurah. Tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya untuk diajukan kepada lurahmu. Pertanyaanmu harus memuat hal–hal yang berhubungan dengan program kerja, manfaat kelurahan bagi warga, pendapat lurah tentang warga, dan kegiatan staf kelurahan. Kamu dapat menambahkan hal lainnya sesuai kebutuhan.

Apabila di daerahmu tidak ada lurah, kamu bisa mewawancarai kepala desa. Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan informasi yang ingin diperoleh.

Ayo Ceritakan
Setelah mewawancarai lurah di kantornya, kamu dapat menceritakan informasi yang kamu peroleh melalui tulisan. Tulisanmu dapat juga memuat:
  1. Tugas lurah
  2. Kegiatan yang sudah dilakukan
  3. Nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki
  4. Manfaat kegiatan kelurahan bagi masyarakat
Tugas ini bisa kamu selesaikan di rumah.
1. Tugas Lurah
  • Memimpin penyelenggaraan pemerintahan desa berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama BPD;
  • Mengajukan dan menetapkan rancangan peraturan desa;
  • Menyusun dan mengajukan rancangan APBDesa untuk dibahas dan ditetapkan bersama BPD;
  • Membina kehidupan dan perekonomian masyarakat desa;
2. Kegiatan yang dilakukan lurah
  • Membentuk Tim Pengawas Kebersihan Tingkat Kelurahan, sebagai Wujud Peningkatan Intensitas Pengelolaan Persampahan. 
  • Memberikan penyuluhan tentang perilaku hidup bersih dan sehat. Mengingatkan warganya untuk tidak membuang Sampah di sembarang Tempat Terutama pada Sungai, Got/Drainase, Pada tempat atau Lahan Kosong yang belum terdapat bangunan. 
  • Koordinasi Peningkatan Sarana dan Prasarana air Limbah domistik/limbah rumah tangga (drinase Perkotaan) dengan dinas terkait. 
  • Koordinasi Pembangunan MCK Umum dan Sanitasi Lingkungan dengan dinas Kesehatan. 
  • Koordinasi Peningkatan sarana dan Prasarana Air bersih, pada dinas Tekait. 
  • Koordinasi Peningkatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat pada Puskesmas atau Sarana Kesehatan Lainnya.
  • Kordinasi Peningkatan sarana dan Prasarana Olah Raga pada instansi Terkait. 
  • Melakukan Pembersihan secara Rutin, bersama semua komponen masyakat  pada saluran drinase perkotaan dari timbulan sampah dan membersihkan gulma dan sedimentasi untuk mencegah banjir dan genangan.
3. Nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki
  • Mau menerima kritik atau saran yang sifatnya membangun. 
  • Memperhatikan kesejahteraan anggota organisasi yang dipimpinnya.
  • Jujur.
  • Berkomunikasi dengan baik. Pemimpin yang baik dapat memastikan pesan yang disampaikannya diterima oleh setiap orang dalam organisasinya dengan persepsi yang sama dan jelas.
  • Menjadi Teladan yang baik bagi warganya.
  • Tekun.
4. Manfaat kegiatan kelurahan bagi masyarakat
  • Meningkatkan kesejahteraan dan ketertiban masyarakat.
  • Masyarakat mendapatkan pelayanan dalam bidang adinistrasi kependudukan.
  • Terbinanya nilai-nilai sosial budaya dan adat istiadat warga setempat
Ayo Lakukan
Lurah idola, seperti tokoh dalam cerita sebelumnya, memang dicintai masyarakatnya. Penduduk dengan beragam latar belakang agama, sosial, suku bangsa, dan budaya dapat bersatu karena seorang lurah yang bekerja keras untuk penduduknya.

Sebagai pelajar, kamu pun dapat melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi lingkunganmu.

Buatlah rencana pidato yang mengajak teman sekolahmu untuk membantu adik kelas atau warga di lingkungan rumah untuk belajar membaca. Susunlah naskah pidato dengan struktur penyusunan pidato yang telah dipelajari sebelumnya.

Teks pidato harus memuat:
Salam pembuka
1. Berisikan kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam dan lain-lain)
2. Pendahuluan
Memaparkan topik permasalahan yang akan dibahas. Kali ini kamu akan membahas pengamalan persatuan dan kesatuan di lingkungan yaitu meningkatkan kualitas warga. Kamu akan membantu adik kelas atau warga di lingkungan rumahmu untuk membaca.
3. Inti
Berisikan pembahasan topik secara lengkap. Kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan yang diharapkan.
4. Keterangan lengkap tentang topik disampaikan secara rinci.
5. Penutup
Penyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan.
6. Salam penutup
Berisi kalimat salam penutup seperti ‘terima kasih’.
Pidato Pentingnya Membaca
Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat bapak kepala sekolah... Yang saya hormati Bapak dan ibu guru, serta teman-teman yang saya sayangi...
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhah Yang Maha Kuasa atas nikmat yang tidak terhitung, tidak lupa sholawat dan salam kita panjatkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad Saw, keluarga dan sahabatnya. Hadirin yang berbahagia, perkenankanlah saya menyampaikan pidato singkat tentang pentingnya budaya membaca.

Buku adalah jendela dunia, ungkapan itu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dapat dikatakan membaca adalah sebuah keharusan jika kita ingin menguasai dunia. Dengan membaca, pengetahuan, wawasan, dan pengalaman kita otomatis akan bertambah. Apalagi di era Teknologi seperti sekarang, membaca tidak selalu melalui buku. Kita tidak perlu lagi menumpuk buku di rak-rak atau menyimpannya di lemari. Dengan smartphone dan gadget pendukung lain, kita dapat membaca dan memperoleh informasi tanpa batas.
Untuk meningkatkan minat baca terutama di lingkungan sekolah, dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas perpustakaan sekolah baik dari segi sarana maupun prasarana, penambahan koleksi buku baik jumlah maupun ragam buku judul buku, serta menciptakan suasana perpustakaan yang mendukung.

Selain itu, diadakannya kegiatan lomba misalnya, lomba menulis cerpen atau mengarang, membuat klipping, yang masih berkaitan dengan membaca juga dapat menjadi cara untuk meningkatkan minat baca.

Untuk itu marilah kita jadikan membaca sebagai sebuah kebutuhan. Dengan demikian maka kita akan merasakan manfaat yang besar dari kegiatan membaca tersebut. Marilah kita tumbuhkan minat membaca, untuk menambah wawasan kita mengenai dunia dan lingkungan sekitar kita.

Kesimpulannya adalah bahwa membaca merupakan aktifitas yang sangat penting untuk memperluas wawasan dan menambah pengetahuan bagi siswa dan semuanya. Budaya membaca di sekolah dapat dikembangkan oleh seluruh warga sekolah. Demikian pidato saya, mohon maaf apabila ada salah kata.

Wasalamualaikum wr.wb.

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post