Tema 5, Subtema 1, Pembelajaran 3

Siapa sangka, seorang tukang jamu gendong dapat menjadi pengusaha gedong? Sejak kecil Jumi Jumari sudah mengenal jamu tradisional. Dulu, ia sekedar membantu orang tuanya berjualan jamu dari rumah ke rumah. Sosoknya ramah, humoris dan rendah hati. Kini, Mbok Jumi – begitu ia biasa dipanggil - memiliki puluhan jenis tanaman obat di lahannya sendiri dan memproduksi sendiri jamu tradisional yang dipasarkan hingga mancanegara.

Mbok Jumi bercerita, awalnya ia hanya seorang penjual jamu gendong keliling. 10 tahun ia menjalani pekerjaannya tanpa kenal lelah. Saat itu ia hanya menjalankan pekerjaannya sesuai dengan kemampuan dan keuangannya. “Dini hari saya sudah mulai meramu jamu. Usai subuh, saya mulai menggendong bakul jamu, berjalan kaki dari rumah ke rumah hingga komplek perkantoran, sekolah, dan pertokoan. Kadang kaki saya terasa lelah karena harus berjalan dari pagi hingga sore. Menjelang tidur, saya membalurkan ramuan beras kencur saya untuk mengurangi rasa lelah,” kata Mbok Jumi.

Perlahan pelanggan jamu Mbok Jumi bertambah. Permintaan dalam jumlah banyak mulai datang, untuk dibawa pulang atau untuk diberikan kepada anggota keluarga sebagai buah tangan. “Saya mulai kewalahan memenuhi permintaan jamu dari para pelanggan. Akhirnya saya mulai menanam sendiri berbagai tanaman bahan baku jamu. Diawali dengan sepuluh jenis tanaman obat di lahan kecil belakang rumah, hingga akhirnya saya harus mempekerjakan kerabat untuk membantu,” begitu kisah Mbok Jumi tentang awal usahanya.

Sekarang ia telah menjadi pengusaha obat tradisional yang sukses. Meski sukses menjalankan industri rumahan yang mengelola jamu dan obat tradisional, Mbok Jumi menganggap usahanya bukan untuk mengejar limpahan materi. “Bagi saya, yang penting menjalankan usaha ini dengan niat yang baik. Ingin berbagi ilmu dan senang bisa membantu sesama yang membutuhkan obat,” ujarnya.

1. Apa jenis usaha yang dilakukan Mbok Jumi?
  • Pengusaha jamu/obat tradisional
2. Apa hasil dari kerja keras Mbok Jumi?
  • Hasil dari kerja keras Mbok Jumi adalah sekarang ia telah menjadi pengusaha obat tradisional yang sukses.
3. Apa manfaat usaha Mbok Jumi bagi lingkungan dan warga sekitarnya?
  • Manfaat usaha Mbok Jumi adalah terpenuhinya kebutuhan obat/jamu tradisional untuk warga sekitar, serta dapat membuka lapangan pekerjaan dengan mempekerjakan orang-orang di sekitarnya.
4. Sebutkan tujuan Mbok Jumi mengembangkan usahanya!
  • Tujuan Mbok Jumi Mengembangkan usahanya adalah untuk membantu sesama yang membutuhkan obat.
5. Menurutmu, bagaimana karakter Mbok Jumi?
  • Mbok Jumi adalah seorang yang gigih, pekerja keras, dan pantang menyerah.
6. Nilai-nilai apa yang bisa kamu pelajari dari kisah tersebut?
  • Nilai-nilai yang dapat kita pelajari adalah bahwa dengan kerja keras, semangat, pantang menyerah, untuk berusaha maka kita akan memperoleh kesuksesan.
Sungguh hebat ciptaan Tuhan. Berbagai jenis tumbuhan dapat kita manfaatkan. Bagaimana cara Mbok Jumi membuat jamunya? Yuk, kita baca informasi berikut!

Ayo Amati!
Proses Pembuatan Jamu Kunyit Asam Setiap pagi Mbok Jumi mengolah berbagai rempah dan tanaman obat untuk dijadikan jamu siap minum. Salah satu jamu dagangannya yang selalu laris dibeli
pelanggan adalah jamu kunyit asam. Sebotol jamu kunyit asam dibuat dari bahan-bahan sebagai berikut:
  • 1 kg kunyit
  • ¼ kg asam jawa; direndam dalam air panas, ambil airnya
  • ½ kg gula aren atau gula merah; sisir halus
  • 5 buah jeruk nipis
  • garam ¼ sendok teh
  • air matang 500 ml
Inilah rangkaian proses yang dilakukan Mbok Jumi setiap pagi untuk membuat sebotol jamu kunyit asam:
  1. Setelah dikupas, kunyit diparut hingga halus.
  2. Air dituang ke dalam panci kemudian dipanaskan hingga mendidih.
  3. Masukkan parutan kunyit aduk rata hingga air berubah warna.
  4. Saring dan peras ampas kunyit hingga habis sarinya.
  5. Panaskan lagi larutan kunyit, tambahkan gula aren, jeruk nipis, dan garam. Aduk terus hingga seluruh bahan melarut.
  6. Saring lagi larutan tersebut, agar kotoran dari gula merah terpisah dan sisa-sisa bahan yang tidak melarut terpisah.
Air panas mendidih mempercepat proses melarutnya kunyit dan gula merah. Beberapa menit saja diaduk, kunyit parut tercampur menjadi larutan berwarna kuning kecoklatan. Mbok Jumi pernah mencoba membuat larutan kunyit asam dengan air yang tidak terlalu panas. Memang dengan terus mengaduk, kunyit gula merah, dan bahan-bahan lain dapat terlarut dalam air, membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan ketika dilarutkan dalam air mendidih.

Setelah membaca bagaimana Mbok Jumi membuat jamu kunyit asam, coba kamu jawab pertanyaan berikut:

1. Mengapa air sari kunyit perlu dipanaskan?
  • Karena akan mempercepat proses melarutnta kunyit dan gula.
2. Apa yang terjadi pada gula dan garam saat dimasukkan ke air sari kunyit yang telah mendidih?
  • Bahan-bahan tersebut akan terlarut dengan air sari kunyit dengan sempurna.
3. Menurutmu, apa yang terjadi jika garam dan gula dimasukkan ke air sari kunyit yang dingin?
  • Yang terjadi jika garam dan gula dimasukkan ke air sari kunyit yang dingin adalah proses pelarutan beberapa bahan akan membutuhkan waktu yang lebih lama.
4. Apakah ada hal lain yang ingin kamu tanyakan dari proses pembuatan
jamu kunyit asam ini? Tuliskan pertanyaanmu, dan diskusikan jawabannya dengan teman di sebelahmu.

5. Secara umum, proses apa yang diceritakan dalam bacaan tersebut?
  • Secara umum, proses yang diceritakan dalam bacaan diatas adalah proses pembuatan jamu kunyit asam, bahan yang diperlukan serta rangkaian proses yang dilakukan.
Kamu dapat menganalisis isi teks jamu kunyit asam.

1. Pernyataan Umum:
Kelarutan adalah jumlah zat yang dapat larut dalam sejumlah pelarut sampai membentuk larutan jenuh. Suhu tinggi maupun rendah akan berpengaruh terhadap kelarutan zat. Tujuan percobaan ini adalah mengetahui pengaruh suhu terhadap kelarutan zat. Alat dan bahan yang dibutuhkan dalam percobaan ini antara lain : Dua buah gelas bening, Dua sendok teh untuk mengaduk, Satu gelas air panas, Satu gelas air dingin, Dua sendok makan gula pasir.

2. Penjelasan proses:
Suhu menunjukan derajat panas benda. Mudahnya, semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas panas benda tersebut. Suhu juga disebut juga temperatur yang diukur dengan alat termometer. Empat macam termometer yang paling dikenal adalah Celcius, Reamur, Fahrenheit, dan Kelvin.

Gula pasir yang digunakan untuk percobaan berbentuk benda padat. Gula adalah suatu karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi dan komoditi perdagangan utama. Gula paling banyak diperdagangkan dalam bentuk kristal sukrosa padat. Gula digunakan untuk mengubah rasa menjadi manis dan keadaan makanan atau minuman.

Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini dibumi. Air sebagian besar terdapat dilaut dan lapisan lapisan es, akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air, yaitu melalui penguapan, hujan, dan aliran air diatas permukaan tanah menuju laut. Air bersih penting bagi kehidupan

Untuk membuktikan apakah gula yang dimasukan dalam air panas akan melarut atau tidak, dapat dibuktikan dengan membandingkannya dengan cara memasukan gula pada air biasa dan gula pada air panas.

Langkah Percobaan:
  • Siapkan air panas dalam sebuah gelas bening.
  • Masukkan satu sendok makan gula pasir.
  • Aduk kira-kira selama 1 menit
  • Amati yang terjadi!
  • Lakukan percobaan yang sama pada satu sendok makan gula pasir yang dimasukan ke dalam segelas air dingin.
  • Amati apa yang terjadi !
Setelah melakukan percobaan dengan cara memasukan gula pasir ke dalam air panas dan air dingin diperoleh fakta bahwa gula yang dimasukan ke dalam air panas lebih cepat larut dalam air jika dibandingkan ketika dimasukan ke dalam air dingin.  Jika tinggi suhu air semakin tinggi semakin cepat gula akan larut.

3. Kesimpulan:
Dengan kegiatan pengamatan serta percobaan diketahui bahwa cepat lambat pelarutan suatu zat pada percobaan ini menggunakan gula dipengaruhi pula oleh suhu media pelarutan yang digunakan. Pada percobaan ini media yang digunakan dengan air dengan suhu yang berbeda. Sehingga dapat disimpulkan semakin tinggi suhu media memungkinkan semakin cepat pelarutan suatu zat.

Temukan sebanyak mungkin contoh perubahan benda karena pengaruh suhu dalam kehidupan sehari-hari, tuliskan dalam tabel berikut ini.
BendaPerlakuanPerubahan
MentegaDipanaskanMeleleh
AirDipanaskanMenguap
AirDidinginkan di dalam freezerMembeku
Gula PasirDimasukan kedalam air panasMelebur
LilinDipanaskan Meleleh
Es BatuDipanaskanMencair
Es KrimDibiarkan di udara terbukaMencair
Minyak KelapaDidinginkanMembeku
GaramDimasukan kedalam airMelebur

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post