Teks Eksplanasi tentang Percobaan Revolusi Bumi.

Sekarang kita sudah sampai di Pembelajaran 2, Bumiku dan musimnya. Fokus pembelajaran kali ini adalah mata pelajaran IPA, PJOK, dan Matematika. Dan di akhir pembelajaran diharapkan kalian mampu menjelaskan peristiwa revolusi Bumi dan pengaruhnya dengan benar, menuliskan teks eksplanasi tentang peristiwa revolusi Bumi dan dampaknya dengan menggunakan kata baku, dan mengoneksikan data tabel dan data gambar peta grid dengan tepat. Kita mulai saja pembelajarannya. 

Pada bulan-bulan tertentu di beberapa daerah mengalami curah hujan sangat tinggi, namun ada juga di bulan lainnya hujan hampir tidak pernah terjadi. Mengapa demikian? 

Amati gambar dibawah ini.
Diinformasikan bahwa saat ini di Argentina sedang terjadi musim panas. Namun disaat yang bersamaan, di Kanada sedang terjadi musim dingin. Mengapa terjadi perbedaan musim di antara negara-negara di dunia?

Dengan bola dunia yang ada di sekolahmu, amati dan temukan negara-negara yang termasuk wilayah belahan Bumi bagian utara dan belahan Bumi bagian selatan.
Garis merah pada peta dunia diatas adalah garis khatulistiwa atau garis ekuator. Garis ini disebut juga garis lintang 0o . Garis ini merupakan garis khayal yang membagi bumi menjadi dua bagian yaitu bagian utara dan bagian selatan.

Wilayah yang termasuk pada belahan Bumi bagian utara diantaranya Benua Eropa, Amerika Utara (Kanada) Sebagian besar Asia dan Afrika. Negara-negara yang termasuk wilayah belahan Bumi bagian selatan terdiri dari benua Antarktika, Australia, sebagian Amerika Selatan (Argentina), sebagian Afrika dan Asia.
  • Di belahan Bumi bagian mana posisi Kanada? Posisi Kanada terletak di bagian bumi utara.
  • Di belahan Bumi bagian mana posisi Argentina? Posisi Argentina terletak di bagian bumi selatan.
  • Apakah kedua negara itu berada di belahan Bumi yang sama? Tidak! Kedua negara itu terletak di belahan bumi yang berbeda.
  • Apa akibat dari posisi kedua negara tersebut terhadap perbedaan musim yang terjadi? Tuliskan prediksimu. Perbedaan posisi kedua negara dimana Kanada berada di belahan bumi utara dan Argentina berada di belahan bumi selatan mengakibatkan terjadinya perbedaan musim antara kedua negara. 
Ketika posisi negara Argentina lebih condong ke Matahari dan memanasi Bumi bagian selatan, maka di sana sedang mengalami musim panas. Dan sebaliknya, pada saat itu belahan Bumi bagian utara seperti Kanada sedang mengalami musim dingin.

Ada beberapa fakta sains dari gambar di atas, yaitu;
  1. Planet Bumi membuat sebuah jalur atau orbit berbentuk elips melalui ruang angkasa untuk mengelilingi Matahari yang disebut revolusi Bumi.
  2. Jalur atau orbit ini memerlukan waktu satu tahun untuk mengelingi Matahari.
  3. Selama setahun, masing-masing kutub secara bergantian condong ke Matahari sehingga mengakibatkan terjadinya musim yang berbeda.
  4. Akibat perputaran Bumi terhadap Matahari menyebabkan negara yang berada di belahan Bumi bagian utara dan selatan setiap 3 bulan sekali akan mengalami perubahan musim.
Berdasarkan gambar di atas dan bola dunia yang kamu miliki, lengkapi tabel musim di wilayah belahan Bumi bagian utara dan belahan Bumi bagian selatan!
Ayo Lakukan!
Mempraktekkan gerakan bumi mengelilingi matahari.

  • Apakah jarak teman yang menjadi Bumi dengan temanmu yang menjadi Matahari selalu sama? Tidak. Karena planet Bumi membuat sebuah jalur atau orbit berbentuk elips, tidak bulat sempurna.
  • Apa pengaruh jarak Bumi ke Matahari saat Bumi mengelilingi Matahari? Pengaruh jarak Bumi ke Matahari saat Bumi mengelilingi Matahari adalah adanya perbedaan musim
  • Apakah sinar yang kamu terima di seluruh tubuh selalu sama pada seluruh bagian tubuhmu? Apa pengaruhnya? Tidak, saat bagian tubuh terkena sinar akan terasa panas, sedangkan bagian lain yang tidak terkena sinar tidak terasa panas.
  • Bagian tubuh mana yang selalu menerima panas yang sama?
Ayo Menulis
Buatlah teks eksplanasi tentang percobaan revolusi Bumi. Hal yang perlu kamu tulis adalah proses, hasil, dan kesimpulan dari percobaan.

Teks Eksplanasi tentang Percobaan Revolusi Bumi.

Revolusi Bumi adalah pergerakan atau peredaran bumi mengelilingi matahari dari arah barat ke timur. Satu kali putaran bumi mengelilingi matahari memerlukan waktu 365¼ hari, atau 1 tahun sehingga gerak bumi itu disebut Gerak tahunan. Pergerakan bumi mengelilingi matahari ini menimbulkan beberapa gejala alam diantaranya adalah perbedaan lama siang dan malam, pergerakan semu tahunan matahari, terjadinya perubahan musim, perbedaan penampakan bentuk rasi bintang, dan penetapan kalender masehi.

Untuk lebih memahami tentang peristiwa revolusi bumi ini kita dapat melakukan percobaan dengan cara sebagai berikut :
  1. Bentuklah orbit Bumi berbentuk elips dengan titik tengahnya sebagai Matahari.
  2. Gunakan bola dunia dan senter untuk membantu!
  3. Siswa yang berada di tengah memegang senter dan berperan sebagai Matahari.
  4. Satu siswa lainnya memegang globe dan berperan sebagai Bumi.
  5. Siswa yang menjadi Bumi akan mengelilingi Matahari sesuai orbit yang dibentuk sambil memutar bola dunia yang dibawanya. Siswa ini pun dapat pula berputar seperti bola dunia yang dipegangnya.
  6. Berputarlah seperti posisi yang terlihat pada gambar (berlawanan dengan arah jarum jam)!
Dari percobaan tersebut, permukaan bumi yang sedang menghadap matahari mengalami siang. Sedangkan permukaan yang membelakangi matahari mengalami malam.

Kombinasi antara revolusi bumi serta kemiringan sumbu bumi terhadap bidang ekliptika menimbulkan beberapa gejala alam yang diamati berulang setiap tahunnya.
Antara tanggal 21 Maret s.d 23 September
  • Kutub utara mendekati matahari, sedangkan kutub selatan menjauhi matahari.
  • Belahan bumi utara menerima sinar matahari lebih banyak daripada belahan bumi selatan.
  • Panjang siang dibelahan bumi utara lebih lama daripada dibelahan bumi selatan.
  • Ada daerah disekitar kutub utara yang mengalami siang 24 jam dan ada daerah disekitar kutub selatan yang mengalami malam 24 jam.
  • Diamati dari khatulistiwa, matahari tampak bergeser ke utara.
  • Kutub utara paling dekat ke matahari pada tanggal 21 Juni. Pada saat ini pengamat di khatulistiwa melihat matahari bergeser 23,5o ke utara.
Antara tanggal 23 September s.d 21 Maret
  • Kutub selatan lebih dekat mendekati matahari, sedangkan kutub utara lebih menjauhi matahari.
  • Belahan bumi selatan menerima sinar matahari lebih banyak daripada belahan bumi utara.
  • Panjang siang dibelahan bumi selatan lebih lama daripada belahan bumi utara.
  • Ada daerah di sekitar kutub utara yang mengalami malam 24 jam dan ada daerah di sekitar kutub selatan mengalami siang 24 jam.
  • Diamati dari khatulistiwa, matahari tampak bergeser ke selatan.
  • Kutub selatan berada pada posisi paling dekat dengan matahari pada tanggal 22 Desember. Pada saat ini pengamat di khatulistiwa melihat matahari bergeser 23,5o ke selatan.
Pada tanggal 21 Maret dan 23 Desember
  • Kutub utara dan kutub selatan berjarak sama ke matahari.
  • Belahan bumi utara dan belahan bumi selatan menerima sinar matahari sama banyaknya.
  • Panjang siang dan malam sama diseluruh belahan bumi.
  • Di daerah khatulistiwa matahahari tampak melintas tepat di atas kepala.
Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa : bumi melakukan mempunyai dua gerakan yakni rotasi dan revolusi. Rotasi adalah gerakan bumi mengitari sumbunya atau porosnya. Sedangkan Revolusi adalah gerakan bumi mengitari matahari. Gerak revolusi Bumi juga menimbulkan fenomena yang dapat dialami penduduk bumi yakni pergantian musim. Perubahan musim diakibatkan oleh sumbu bumi yang miring ke bidang orbitnya, melainkan menyimpang ke sudut sekitar 23,5 derajat. Dengan demikian, pada waktu tertentu selama musim panas atau musim dingin, salah satu bagian dari planet ini lebih langsung terkena sinar matahari. Pada waktu tertentu belahan utara dan selatan mengalami musim yang berlawanan.

FAKTA SAINS
Ketika puncak musim panas, tempat- tempat di dekat kutub utara miring sehingga hampir sepanjang hari terang. Siang hari berlangsung selama 21 jam!. Sebaliknya, daerah–daerah dekat kutub selatan saat itu dalam keadaan gelap. Keadaan gelap ini merupakan malam hari yang berlangsung selama 21 jam juga.

Gerak revolusi Bumi dengan sumbu rotasi yang miring juga menyebabkan Matahari tampak bergeser ke arah belahan Bumi utara dan selatan. Padahal sesungguhnya Matahari tidak bergerak. Hal ini disebut sebagai gerak semu tahunan Matahari.

Ayo Bacalah
Berbeda dengan negara di belahan Bumi utara dan selatan yang mengalami 4 musim. Negara-negara yang berada tepat di garis tengah Bumi seperti di Indonesia, hanya mengalami dua musim, yaitu panas dan hujan. Indonesia memiliki dua musim karena posisi Indonesia berada di garis Khatulistiwa.

Bacalah teks berikut ini untuk melihat aktivitas sebuah keluarga dalam mempersiapkan musim hujan yang akan datang!

Bersiap Menghadapi Musim Hujan
Hujan besar mengguyur Kampung Jagung. Genangan air pun dapat terlihat di seluruh penjuru kampung. Tak terkecuali rumah keluarga Pak Tani Tua.

Jauh sebelum musim hujan datang, keluarga Pak Tani Tua sudah terbiasa menjalankan pola hidup bersih. Mereka tahu betul penyakit-penyakit apa yang dapat menyerang saat musim hujan tiba. Salah satunya adalah demam berdarah dengue (DBD). Keluarga Pak Tani Tua rajin menguras tempat penampungan air, menutup tempat penyimpanan air dengan rapat, dan mendaur ulang benda-benda yang berpeluang menjadi tempat tergenangnya air seperti kaleng dan botol bekas.

Kewaspadaan keluarga Pak Tani Tua tidaklah tanpa alasan. Mereka merasakan bagaimana berbahayanya penyakit DBD. Dua tahun yang lalu, penyakit DBD mewabah di Kampung Jagung. Bahkan dua dari empat anak Pak Tani Tua juga terkena. Beberapa warga kondisinya sangat parah, sehingga tidak dapat dirawat di Puskesmas Kampung Jagung dan harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum di kabupaten.

Setelah terjadi wabah DBD itu, warga Kampung Jagung beberapa kali mendapat penyuluhan dari Dinas Kesehatan. Melalui penyuluhan itulah, keluarga Pak Tani Tua belajar bahwa penyakit DBD disebabkan virus dengue. Virus itu ditularkan oleh nyamuk yang berkembang biak dalam genangan air bersih. Sejak itu, keluarga Pak Tani Tua menerapkan kebiasaan hidup bersih dan selalu waspada menjaga lingkungan agar tak ada genangan air yang dapat menjadi tempat nyamuk bertelur. Keluarga Pak Tani Tua selalu siap menghadapi musim hujan yang selalu mengakibatkan banjir di Kampung Jagung.
Dari cerita di atas, temukan penyakit yang biasa timbul di musim hujan!
  • Demam Berdarah Dengue (DBD)
    Apakah penyakit tersebut dapat menular kepada orang lain? Mengapa? Berikan pendapatmu.
    • Ya! Penyakit tersebut dapat menular kepada orang lain. Disamping karena daya tahan tubuh yang sedang menurun, penyakit tersebut juga dapat menular karena gigitan nyamuk.
    Temukan penyakit lain yang biasa terjadi di musim hujan.
    Nama PenyakitMenular/TidakGejalaPenyebabPencegahan
    DiareMenularGejala luka, 
    alergi zat tertentu, 
    penyakit dari 
    makanan, 
    kelebihan mengkonsumsi 
    vitamin C
    VirusMencuci tangan 
    dengan sabun dan 
    air hangat sebelum makan 
    atau setelah bermain 
    dengan binatang piaraan, 
    menjaga kebersihan kuku, menjaga kebersihan 
    lingkungan.
    Flu/
    Influenza
    Menular
    Demam,
    menggigil,
    batuk,
    hidung tersumbat,
    nyeri tubuh,
    iritasi mata,
    mata berair
    VirusBiasakan untuk 
    mencuci tangan dengan 
    sabun kesehatan, 
    jauhkan tangan dari 
    mulut, 
    dan hidung, 
    menjaga 
    pola hidup sehat, 
    istirahat yang cukup, 
    rutin berolahraga
    Demam berdarahMenularDemam secara
    tiba-tiba, 
    sakit kepala berat, 
    sakit pada sendi 
    dan otot, serta 
    timbul bintik merah pada kulit
    Nyamuk 
    Aedes Aegypti
    Melakukan 3M,
    melaksanakan kegiatan 
    Pemberantasan 
    Sarang Nyamuk (PSN), 
    melakukan 
    penyemprotan nyamuk di lingkungan sekitar
    TBCMenularBatuk lebih dari 
    2 minggu,
    rasa nyeri di dada, 
    batuk berdahak 
    bercampur dengan darah, penurunan 
    berat badan 
    tanpa alasan yang jelas, 
    demam terutama 
    pada sore hari, menurunnya 
    nafsu makan.
    BakteriHindari 
    kontak langsung 
    dengan penderita, 
    memulai 
    gaya hidup sehat.
      Temukan Jawabannya
      Saat musim hujan terjadi, curah hujan tinggi. Hal ini juga berdampak pada nelayan. Jika curah hujan tinggi, Pak Ali yang bekerja sebagai nelayan tidak dapat melaut, ia hanya dapat bekerja memperbaiki jaring ikan yang rusak. Beberapa jaring dapat diperbaikinya. Berikut data banyak jaring yang dapat diperbaikinya selama 4 hari kerja.
      Data 
      Masuk
      Data 
      Keluar
      12
      24
      36
      48

      Berdasarkan tabel yang ada, berapa banyak jaring yang dapat diperbaiki Pak Ali setiap harinya? Buktikan.
      • Banyak jaring yang dapat diperbaiki Pak Ali setiap harinya adalah 2 jaring. 1x2=2, 2x2=4, 3x2=6, 4x2=8.
      Jika Pak Ali menambah waktu bekerja selama 7 hari, berapa banyak jaring yang dapat diperbaikinya?
      • Jika waktu bekerja ditambah selama 7 hari, maka banyak jaring yang dapat diperbaikinya adalah 7 x 2 = 14
      1. Sekarang amati pola di bawah ini!
      • Apakah gambar tersebut memiliki data yang sama dengan data pada tabel sebelumnya? Ya!
      • Apa yang dapat kamu simpulkan tentang hubungan data pada tabel dengan data gambar pada peta grid itu? Data masuk x 2
      2. Amati gambar pola berikut.

      Buatlah tabel masukan dan keluaran berdasarkan gambar segitiga di atas!
      Data MasukData Keluar
      11x3-2=1
      22x3-2=4
      33x3-2=7
      44x3-2=10
      55x3-2=13
      Temukan pola yang ada pada kolom gambar dan banyak segitiga satuan. Berapa segitiga yang terbentuk pada gambar 5?
      pola yang ada adalah data masuk dikali 3 dikurangi 2.

      *

      Post a Comment (0)
      Previous Post Next Post