Piala Dunia 2018 Dibuka dengan Pertandingan yang Menjemukan

Undian pembagian grup Piala Dunia 2018 telah dilakukan di Istana Kremlin, Jumat (1/12/2017). Melihat hasilnya, bisa dikatakan tak ada grup neraka di Rusia 2018 nanti. Meskipun demikian, tiap grup menghadirkan keseruan persaingan antara tim pesertanya. Sebagai tuan rumah, Rusia langsung dipastikan berada di Grup A. Rusia juga dianggap sebagai unggulan sehingga masuk dari pot 1. Di Grup A, Rusia akan ditemani Uruguay (pot 2), Mesir (3), dan Arab Saudi (4). Yang menarik, Rusia sesungguhnya merupakan tim terlemah di Piala Dunia 2018 jika ranking FIFA menjelang undian yang dijadikan patokan. Rusia berada di peringkat 65 FIFA, di bawah Uruguay (17), Mesir (30), dan Arab Saudi (63). Jadi, semua pertandingan akan sangat berbahaya bagi tim tuan rumah. Sejarah mencatat hanya Afrika Selatan tuan rumah Piala Dunia yang gagal melewati fase grup.

Dari data diatas, pertandingan pembuka piala dunia dapat dikatakan akan sangat menjemukan karena akan bertanding di laga pembuka itu dua tim sepak bola dengan ranking terbawah dari 32 tim yang bertanding. Tuan rumah Rusia dan Arab Saudi akan bermain pada 14 Juni di Moscow. Namun keesokan harinya atmosfer mungkin akan berubah saat juara Piala Dunia 2010, Spanyol, bertemu dengan juara bertahan Eropa, Portugal. Pertemuan Portugal dan Spanyol mungkin akan menjadi tema utama di Grup B. Tentu karena ada figur megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo di tim Portugal.

CR7 adalah kapten dan bintang terdepan Portugal. Di kualifikasi lalu, dia menjadi penentu dengan mencetak 15 dari 32 gol Portugal. Namun, di Piala Dunia 2018, Ronaldo bakal menghadapi tantangan sulit. Saat ini merumput di La Liga Spanyol bersama Real Madrid, dia akan bertemu lawan-lawan yang sudah sangat mengenal gaya permainannya. Faktanya, Cristiano Ronaldo tidak pernah mencetak gol dalam empat pertemuannya dengan Spanyol. Kejadiannya di Di Euro 2004 (20/6/2004), Piala Dunia 2010 (29/6/2010), uji coba 2010 (17/11/2010), dan Euro 2012 (27/6/2012).

Tapi perlu diingat juga bahwa CR7 baru-baru ini berhasil menyamai prestasi pemain Argentina, Lionel Messi, sebagai pemain yang menyabet lima penghargaan Pemain Terbaik FIFA. Nah, Messi sendiri baru akan berjuang untuk mendapatkan gelar juara Piala Dunia pertamanya keesokan hari menghadapi Islandia. Pelatih Islandia pun mewanti-wanti kepada anak asuhnya untuk waspada dengan "No 10".

Dari voaindonesia.com_Amerika Serikat untuk pertama kalinya sejak 1986 tidak akan ikut kompetisi sepak bola paling akbar itu bersama juara empat kali, Italia yang terpaksa harus menonton pertandingan jadi jauh untuk pertama kalinya sejak 1958.

Sementara Jerman masih jadi tim favorit dan ini tampak jelas ketika pasukan panzer menang Piala Konfederasi di Rusia, pada Juli. Jerman akan membuka pertandingan melawan Meksiko, kemudian akan menghadapi Swedia dan Korea Selatan di Grup F.

Inggris, yang tereliminasi dari penyisihan grup tiga tahun lalu, masuk ke Grup G bersama dengan pendatang baru Panama, Tunisia dan Belgia. Ini adalah ajang Piala Dunia pertama Gareth Southgate sebagai pelatih, yang juga mengulang debutnya sebagai pemain. Debut Southgate pada Piala Dunia 1998, Inggris menang 2-0 melawan Tunisia. "Kami ahli menyingkirkan tim-tim dan dikalah oleh mereka," kata Southgate.

Peru, tim terakhir dari 32 tim yang masuk kualifikasi putaran final di Rusia, bergabung di Grup C bersama juara Piala Dunia 1998, Perancis, Australia, dan Denmark. "Bisa saja hasil undian lebih buruk," kata pelatih tim nasional Perancis, Didier Deschamps.

Satu-satunya grup tanpa mantan juara Piala Dunia adalah Grup H, yang akan mempertemukan Polandia, Senegal, Colombia dan Jepang.

Para pemain Russia masuk bersama juara Piala Dunia pertama, Uruguay, di Grup A bersama dengan Mesir dan Arab Saudi. Berada di urutan nomor 65, Rusia adalah tim paling bawah di turnamen tersebut, bersama dengan Arab Saudi yang hanya dua ranking lebih tinggi.

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post