Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Kita

Setiap hari manusia membutuhkan makan. Jika kita buat daftar berapa banyak kegiatan manusia yang berkaitan dengan kata makan, tentu akan sangat panjang daftarnya. Namun dari kegiatan makan tersebut selanjutnya muncul pertanyaan Apakah makanan yang kita konsumsi itu sehat? dan apakah pola makan kita pun sehat atau sudah benar? Jawaban yang mungcul bisa sangat beragam tergantung dari tingkatan pengetahuan gizi dan kesadaran tiap-tiap orang tersebut. Oleh karena hal itu maka perlulah kiranya pengetahuan tentang gizi agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan penyediaan makanan yang sehat dalam keluarga, maka kondisi setiapanggota keluarga akan lebih terjamin. Kondisi tubuh yang baik atau sehat akan mendukung segala bentuk aktivitas untuk menuju kesuksesan atau prestasi. Dengan demikian, penyediaan makanan sehat sangatlah penting untuk mendukung kesuksesan masing-masing anggota keluarga.

A. Pentingnya Makanan
Apakah kegunaan makanan bagi tubuh kita? Setiap makhluk hidup pasti melakukan yang namanya gerak. Tidak terkecuali kita yang masih hidup kitapun bergerak sebagaimana makhluk hidup yang lain. Untuk mendaparkan suatu gerak kita memerlukan gaya (tarik dan dorong). Dan tanpa energi mustakhil kita dapat melakukan tarikan dan dorongan itu. Lantas apa itu energi? Energi adalah suatu kemampuan untuk melakukan usaha/kerja. Jadi untuk dapat bergerak kita harus memiliki atau mempunyai yang namanya energi yang menghasilkan gaya.

Kita memperoleh energi dan bahan bakar yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Pembakaran tubuh kita disebut dengan oksidasi. Oksidasi ini menghasilkan energi yang kita perlukan untuk melakukan berbagai macam kegiatan hidup. Selain itu, oksidasi biologi juga menghasilkan kalor yang menjaga kesetabilan suhu tubuh agar tetap stabil. Suhu yang stabil sangat diperlukan untuk kelangsungan proses biologi yang serasi dari tubuh kita. Beberapa bahan makana menghasilkan energi yang lebih banyak dari bahan makanan lainnya dari tiap berat yang sama. Makanan juga memenuhi kepentingan yang lain salah satunya yaitu membantu agar kerja tubuh akan lancar dan teratur.

B. Makanan yang Diperlukan Tubuh
Masalah gizi sangat berkaitan dengan kualitas SDM dan merupakan faktor penentu keberlangsungan suatu bangsa atau generasi. Dan untuk mencapai kualitas SDM tersebut, diperlukan suatu keadaan gizi yang baik dan pendidikan yang baik pula. Kekurangan gizi, tidak produktif, dan tingkat pendidikan yang rendah berdampak pada tidak tersedianya tenaga kerja yang berkualitas dan berdaya saing serta terampil dan berpengetahuan. Ini berdampak pada negara yang kualitas SDM nya rendah tentu tidak akan dapat bersaing dengan negara-negara lain di dunia.

Dan jika berbicara tentang gizi tentunya kita juga tidak lepas dari yang namanya makanan karena keduanya saling berhubungan. Lantas Apakah makanan yang bergizi itu? Makanan bergizi adalah bahan makanan yang memiliki nilai atau kandungan gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Zat-zat gizi tersebut meliputi;
  1. Karbohidrat
  2. Protein
  3. Lemak
  4. Vitamin, dan 
  5. Mineral.
Dalam sekali makan kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung lima unsur tersebut. Dengan kata lain kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung nilai gizi seimbang misalnya adalah menu makanan yang mencakup nasi/roti (karbohidrat), lauk nabati dan hewani (protein dan lemak), serta sayur dan buah (vitamin dan mineral). Makanan bergizi adalah makanan yang cukup kualitas dan kuantitasnya serta mengandung unsur yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebelum memilih menu makanan, ada baiknya diketahui kandungan dari makanan tersebut. Makanan yang kita pilih hendaknya tidak hanya membuat perut kenyang saja, makanan dikatakan sehat jika makanan itu mengandung zat-zat yang telah disebutkan diatas, dimana makanan yang sehat ini akan sangat berguna untuk membina tubuh bahkan mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Makanan juga akan menghasilkan panas dan energi pada tubuh kita.

Makanan yang mengandung protein, mineral, dan air berperan penting didalam membangun sel jaringan tubuh (zat pembangun). Kemudian karbohidrat dan lemak merupakan unsur yang berguna untuk memberi tenaga sehingga kita mampu melakukan aktivitas sehari-hari. Vitamin dan mineral juga sanga penting bagi tubuh dimana unsur ini berperan dalam mengatur pekerjaan jaringan tubuh (zat pengatur). Jadi, unsur yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi kembali lagi hendaknya selalu diperhatikan jumlah keseimbangan kandungan zat-zat tersebut, dan tidak kalah penting adalah jumlahnya harus sesuai dengan kebutuhan.

C. Fungsi makanan bergizi bagi tubuh
Fungsi makanan bergizi bukan hanya sekedar untuk menhilangkan rasa lapar, tetapi lebih utama adalah untuk mendapatkan tenaga, mendapatkan zat-zat pembangun bagi sel-sel tubuh, memperkuat daya tahan tubuh terhadap penyakit, serta untuk menjamin kelancaran segala macam proses yang terjadi di dalam tubuh. Untuk itu, makanan yang dikonsumsi setiap hari hendaknya mengandung unsur-unsur penghasil tenaga, pembangun sel-sel, dan mengatur segala macam proses dalam tubuh.

Juka memperhatikan hal tadi, sesuai dengan kegunaannya, maka makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat dikelompokkan menjadi;

  1. Makanan sebagai sumber tenaga terutama yang mengandung hidrat arang.
  2. Makanan sebagai sumber zat pembangun, digunakan sebagai pembentukan sel-sel jaringan tubuh yang baru, pembentukan sel darah merah, sel darah putih, dan zat kekebalan atau antibody.
  3. Makanan sebagai sumber zat pengatur, mutlak diperlukan walaupun sangat sedikit.

D. Ciri-ciri makanan bergizi dan sehat

  1. Tidak banyak mengandung lemak-lemak hewani
  2. Rendah garam dan MSG
  3. Banyak mengandung sayuran atau serat
  4. Tidak/sedikit menggunakan bahan pengawet.
  5. Menggunakan sedikit minyak goreng
  6. Mengandung zat-zat gizi seperti: karbohidrat, Protein, Vitamin, Lemak, Mineral, dan air
E. Ciri-ciri makanan tidak sehat

  1. Mengandung formalin
  2. Mengandung zat-zat kimia berbahaya
  3. Memiliki bahan pengawet

F. Syarat Makanan bergizi dan Sehat Bagi Balita
Didalam pemberian makanan yang bergizi dan sehat pada balita mempunyai beberapa kriteria yaitu:

  1. Memenuhi kecukupan energi dan semua zat gizi sesuai dengan umur
  2. Susunan hidangan disesuaikan dengan pola menu seimbang, bahan makanan yang           tersedia, dan selera terhadap makanan
  3. Bentuk dan porsi makanan disesuaikan dengan daya terima, toleransi, dan keadaan bayi atau anak, dan
  4. Memperhatikan kebersihan perorangan dan lingkungan.

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post