Pentingnya Air Untuk Kesehatan Diri dan Lingkungan

Manusia dan lingkungan tentu membutuhkan air. Mengapa air penting bagi kehidupan manusia dan lingkungan? Air merupakan salah satu kebutuhan pokok semua makhluk hidup. Tidak hanya manusia yang membutuhkan air. Hewan dan tumbuhan pun membutuhkan air. Tanpa air, tidak ada kehidupan di dunia ini. Semua makhluk hidup tidak dapat bertahan hidup tanpa air.

Amatilah gambar-gambar berikut.
Setelah mengamati gambar-gambar di atas, tentu kamu mengetahui pentingnya air bagi kehidupan makhluk hidup. Tuliskan manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman.

Ayo Simpulkan

Manfaat air bagi manusia
  1. Untuk keperluan rumah tangga, seperti minum, masak, mandi, mencuci dll
  2. Untuk keperluan umum, seperti untuk kebersihan jalan dan pasar, pengangkutan air limbah, hiasan kota, tempat rekreasi dan lain-lainnya.
  3. Untuk keperluan industri, misalnya pabrik dan bangunan serta pembangkit tenaga listrik.
  4. Untuk keperluan irigasi
  5. Peternakan
  6. Pelayaran dan lain sebagainya
Manfaat air bagi hewan
  1. Sebagai tempat hidup pada ikan
  2. Pengaturan suhu tubuh, 
  3. Membantu proses pencernaan, 
  4. Pengaturan tekanan osmose darah,
  5. Produksi susu, dan lain sebagainya
Manfaat air bagi tanaman
  1. Penyusun utama protoplasma seperti protein, karbohidrat, pektin dan lain - lain.
  2. Menjadi pelarut bagi zat hara yang diperlukan tumbuhan.
  3. Menjadi alat transpor untuk memindahkan unsur hara. 
  4. Menjadi media berlangsungnya reaksi-reaksi biokimia. 
  5. Sebagai sistem hidrolik. 
  6. Sebagai alat gerak 
Sekarang kita tahu bahwa air sangat penting bagi kehidupan manusia, hewan, dan tanaman. Sangat tepat jika ada yang mengatakan bahwa air merupakan sumber kehidupan. Dapat kita bayangkan apa jadinya jika ingin minum ternyata tidak ada air untuk diminuma dan pa jadinya jika tanaman tidak pernah disiram air. sepertinya tidak ada kehidupan lagi di bumi ini.

Pagi itu, setelah menyiram tanaman di sekitar sekolah, Edo merasa haus. Edo ingin kembali ke kelasnya untuk mengambil air minum. Air minum ada di dalam galon yang diletakkan di atas meja di dalam kelas. Untuk menuju kelasnya, Edo harus berjalan ke timur, kemudian ke utara.

Ayo Menggambar
Gambarkan arah Edo berjalan sesuai petunjuk arah mata angin di atas! Untuk menuju kelasnya, Edo harus berjalan ke timur, kemudian ke utara.

Arah mata angin dapat digunakan untuk membantu menentukan letak suatu benda. Arah mata angin terdiri atas arah utara, timur laut, timur, tenggara, selatan, barat daya, barat, dan barat laut. Perhatikan letak galon pada gambar berikut.
Berdasarkan gambar di atas, misalnya Siti berdiri di kotak merah. Ada pertanyaan sebagai berikut.

  • “Ke mana Siti harus melangkah untuk mendapatkan air minum di dalam galon yang berada di kelas 2?” 
Jawabannya adalah “Untuk mendapatkan air minum di dalam galon yang berada di kelas 2, Siti harus melangkah ke timur sebanyak 6 langkah, lalu ke utara sebanyak 1 langkah”.

Dari contoh tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini. Gunakan arah mata angin untuk menjawab pertanyaan tersebut.

1. Edo berdiri pada kotak yang berwarna merah. Ke arah mana Edo harus melangkah untuk mendapatkan air minum di dalam galon yang berada di kelas 5?

  • Jawaban: Untuk mendapatkan air minum di dalam galon yang berada di kelas 5, Edo harus melangkah ke timur sebanyak 3 langkah, lalu ke utara sebanyak 3 langkah.

a. Ke arah mana Edo harus melangkah untuk mendapatkan air minum yang berada di kelas 1?
  • untuk mendapatkan air minum yang berada di kelas 1 Edo harus melangkah ke arah timur sebanyak 4 langkah.
b. Ke arah mana Edo harus melangkah untuk mendapatkan air minum yang berada di kelas 6?
  • untuk mendapatkan air minum yang berada di kelas 6, Edo harus melangkah ke arah timur 3 langkah, ke arah utara 2 langkah, ke arah timur 2 langkah, dan kearah utara 3 langkah.
2. Tentukan letak galon kelas 2 terhadap galon kelas 3.
  • galon kelas 2 terletak pada 4 langkah di sebelah timur galon kelas 3
3. Tentukan letak galon kelas 5 terhadap galon kelas 4.
  • galon kelas 5 terletak pada 1 kotak arah utara dan 3 kotak arah timur dari galon kelas 4.
4. Perhatikan letak galon-galon pada gambar di bawah ini.
a. Dari galon kelas 5, 4 langkah ke timur kemudian 1 langkah ke utara terdapat galon ruang guru. Tandailah letak galon ruang guru.
b. Tentukan letak galon ruang guru terhadap galon kelas 6.
  • letak galon ruang terhadap kelas 6 yaitu 2 kotak ke timur dan 1 kotak ke selatan.
Ayo Renungkan
Mengapa kamu membutuhkan air.
Air merupakan sumber daya yang tidak bisa digantikan oleh apapun. Tidak ada satu makhluk hidup di dunia ini yang tidak membutuhkan air. Manusia hewan serta tumbuhan sangat memerlukan air dalam kehidupannya. Terlebih bagi manusia, air merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap hari. Mengolah makanan, minum, mandi, mencuci tentu membutuhkan air. Dengan demikian air merupakan sumber kehidupan utama, maka menggunakan air harus kita lakukan dengan bijak dan sebaik-baiknya.
Air sangat penting dalam kehidupan, tanpa air semua makhluk hidup yang ada di bumi akan mati. Tanpa air manusia bisa kehausan , kekurangan zat air di badannya hingga mengakibatkan kematian. Tanpa air, hewan juga akan kehausan dan akhirnya mati. Begitupula tanah tanpa air akan menjadi tandus dan gersang, tumbuh-tumbuhan akan layu dan kering  hingga kemudian mati.Masalah air adalah masalah dunia dan masalah kehidupan.

Air yang tercemar tentu membawa banyak kerugian bagi masyarakat, mengingat kedudukan air sebagai salah satu elemen terpenting dari kehidupan kita. Berikut ini sebagian akibat pencemaran air bagi kehidupan sehari-hari yang seluruhnya bermuara pada satu hal, yaitu yang mengakibatkan terganggunya kesehatan.

  1. Tumbuhnya mikroorganisme berbahaya yang berasal dari pembusukan sampah. Jika masuk ke dalam tubuh, mikroorganisme ini akan menimbulkan bahaya seperti penyakit.
  2. Air yang beracun, sehingga berbahaya jika dikonsumsi. Racun ini bisa berasal dari limbah kimiawi dari rumah tangga, industri, pestisida dari kegiatan pertanian, dan sebagainya.
  3. Kesulitan untuk memperoleh air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.
  4. Terganggunya keseimbangan ekosistem di dalam air; yang bisa berdampak juga untuk kehidupan manusia, contoh: berkurangnya populasi ikan di sungai atau laut.

Untuk menjaga kelestarian air ada beberapa hal yang dapat kita lakukan yaitu:
  1. Menghemat penggunaan air bersih.
  2. Membuang sampah pada tempatnya.
  3. Mengadakan pengolahan limbah secara benar.
  4. Menjalankan reboisasi agar hutan tetap terjaga kelestariannya.
  5. Mencegah penebangan pohon secara liar.
  6. Mengadakan sosialisasi tentang betapa pentingnya melestarikan lingkungan air dan peranan air dalam kehidupan umat manusia.
  7. Menghapus sistem penambangan secara liar tanpa mempertimbangkan keseimbangan ekosistem.
  8. Membersihkan daerah sumber-sumber air bersih dari segala sampah.
  9. Menciptakan suatu lingkungan yang asri, dengan di mulai dari lingkungan rumah kita sendiri.
  10. Menjaga stabilitas ketersediaan air bersih di dalam tanah.
Oleh karena itu,  marilah kita melakukan perubahan sekecil apapun sejak dini demi kelangsungan hidup yang lebih baik lagi bagi generasi penerus bangsa. Dimulai dari sekarang mari lakukan secara bersama-sama berpikir dan berupaya untuk “menyelamatkan” kelangsungan kehidupan di muka bumi ini dengan upaya “melestarikan” keberadaan air.

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post