Pembelajaran 5, Siput Bukanlah Hewan Lemah

Di bawah kandang kelinci, Edo melihat seekor siput yang sedang berjalan perlahan. Edo pun mengambilnya. “Kelinci dan siput sama-sama hewan, tetapi gerakannya kok berbeda, ya? Kelinci bergerak lincah, berlari, dan meloncat, sedangkan siput bergerak sangat pelan. Mengapa bisa begitu, ya?” gumam Edo penasaran. Kelinci adalah hewan mamalia dari famili Leporidae, yang dapat ditemukan di banyak bagian bumi. Kelinci berkembangbiak dengan cara beranak yang disebut vivipar.

Secara umum, kelinci terbagi menjadi dua jenis. Pertama, kelinci liar. Kedua, kelinci peliharaan. Yang termasuk dalam kategori kelinci liar adalah terwelu (Lepus curpaeums) dan kelinci liar (Oryctolagus cuniculus).

Dilihat dari jenis bulunya, kelinci ini terdiri dari jenis berbulu pendek dan panjang dengan warna yang agak kekuningan. Ketika musim dingin, warna kekuningan berubah menjadi kelabu.

Menurut rasnya, kelinci terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya Angora, Lyon, American Chinchilla, Dutch, English Spot, Himalayan, dan lain-lain. Khusus Lyon sebenarnya adalah hasil dari persilangan luar antara Angora dengan ras lainnya. Namun di kalangan peternak kelinci hias, hasil persilangan itu disebut sebagai Lyon atau Angora jadi-jadian.

Di Indonesia banyak terdapat kelinci lokal, yakni jenis kelinci jawa (Lepus negricollis) dan kelinci Sumatera (Nesolagus netseherischlgel). Kelinci jawa diperkirakan masih ada di hutan-hutan sekitar wilayah Jawa Barat. Warna bulunya cokelat perunggu kehitaman. Ekornya berwarna jingga dengan ujungnya yang hitam. Berat Kelinci jawa dewasa bisa mencapai 4 kg. Sedangkan Kelinci sumatera, merupakan satu-satunya ras kelinci yang asli Indonesia. Habitatnya adalah hutan di pegunungan Pulau Sumatera. Panjang badannya mencapai 40 cm. Warna bulunya kelabu cokelat kekuningan. Yang termasuk dalam kategori kelinci liar adalah terwelu (Lepus curpaeums) dan kelinci liar (Oryctolagus cuniculus).

Dilihat dari jenis bulunya, kelinci ini terdiri dari jenis berbulu pendek dan panjang dengan warna yang agak kekuningan. Ketika musim dingin, warna kekuningan berubah menjadi kelabu. (wikipedia)

Siput adalah nama umum yang diberikan untuk anggota kelas moluska Gastropoda. Dalam arti sempit, istilah ini diberikan bagi mereka yang memiliki cangkang bergelung pada tahap dewasa. Dalam arti luas, yang juga menjadi makna "Gastropoda", mencakup siput dan siput tanpa cangkang.

Siput dapat ditemukan pada berbagai lingkungan yang berbeda: dari parit hingga gurun, bahkan hingga laut yang sangat dalam. Sebagian besar spesies siput adalah hewan laut. Banyak juga yang hidup di darat, air tawar, bahkan air payau. Kebanyakan siput merupakan herbivora, walaupun beberapa spesies yang hidup di darat dan laut dapat merupakan omnivora atau karnivora predator. Beberapa contoh Gastropoda adalah bekicot (Achatina fulica), siput kebun (Helix sp.), siput laut (Littorina sp.) dan siput air tawar (Limnaea sp.)

Ayo Mengamati dan Temukan perbedaannya!

Karakteristik KelinciKarakteristik Siput
1. Vertebrata1. Avertebrata
2. gerakannya lincah dan cepat2. gerakannya lambat
3. berpindah tempat dengan berlari,
berjalan, dan meloncat
3. berpindah tempat seolah-olah merayap

Siput merupakan hewan avertebrata. Hewan avertebrata merupakan hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Adapun ciri-ciri hewan avertebrata lainnya antara lain biasanya susunan syarafnya berada di perut, memiliki rangka luar, dan otaknya tidak terlindungi oleh rangka. Contoh hewan avertebrata adalah siput, serangga, cacing, ubur-ubur, cumi-cumi, dan lain-lain.

Amatilah organ gerak siput berikut.

NoNama Organ GerakFungsinya
1Kaki perut dengan
bentuk pipih dan lebar.
Fungsi utama kaki perut pada siput adalah
untuk bergerak dan berpindah tempat.

Ayo Mengamati
Di sekitarmu pastinya banyak sekali jenis hewan avertebrata. Bersama temanmu amati hewan-hewan tersebut dan identifikasikan organ geraknya. Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.

NoNama HewanNama Organ GerakFungsi
1BelalangKaki dan sayapUntuk melompat dan terbang
2CacingOtot (dibawah kulit)melenturkan segmen demi segmen
cacing tanah sehingga dapat bergerak
seperti gelombang
3Ubur-uburTentakelmenyemprotkan air keluar ke belakang
tubuh mereka, menciptakan bentuk
mirip jet air sehingga
ubur-ubur dapat bergerak.
Selain itu, ubur-ubur juga
bergerak dengan cara
melayang  

Ayo Berkreasi
Pilihlah salah satu hewan avertebrata. Kemudian buatlah model sederhana organ gerak dari hewan yang kamu pilih tersebut menggunakan plastisin. Buatlah sebaik mungkin sesuai dengan keadaan aslinya.
Perhatikan contoh berikut.
Ayo Membaca
Siput Bukanlah Hewan Lemah
Siput, menurut sebagian orang dianggap sebagai hewan yang lamban dan menjijikkan. Bahkan karena gerakannya yang lamban, tidak jarang orang membanding-bandingkannya dengan kelinci. Siput juga dianggap menjijikan karena tubuhnya yang penuh lendir. Namun dibalik anggapan-anggapan itu, sebenarnya siput memiliki kelebihan dan keistimewaan. Kelebihan dan keistimewaan siput ini merupakan karunia Tuhan yang tidak dimiliki oleh hewan-hewan lain. Apa saja kelebihan dan keistimewaan tersebut?

Siput merupakan hewan yang berjasa dalam penguraian serpihan daun-daunan. Kenapa berjasa? Karena siput memakan daun-daunan dan menjadikannya bagian-bagian yang kecil (serpihan) sehingga mudah untuk diuraikan oleh bakteri pengurai. Jika benda-benda yang besar seperti daun berubah menjadi serpihan dan diuraikan akan bermanfaat bagi kelestarian lingkungan sekitar siput berada. Hasil penguraian yang diawali oleh siput itu akan berfungsi menjadi pupuk alami sehingga tanah pun menjadi subur.

Siput adalah sang pengembara yang mandiri. Meskipun siput berjalan lamban, namun siput memiliki stamina yang sangat bagus. Daerah pengembaraan siput pun sangat luas. Pengembaraan siput dimulai sejak siput menetas. Setelah menetas, siput langsung mandiri. Siput tidak lagi terikat dan bergantung pada induknya.

Siput memiliki pertahanan diri yang baik dalam beradaptasi dengan lingkungan dan mempertahankan diri dari serangan predator. Meskipun tubuhnya lunak, namun tubuh siput memiliki lendir. Lendir ini berfungsi sebagai minyak pelumas dan pelindung bagi tubuhnya ketika berjalan di permukaan. Jalan sekasar apa pun dan seterjal apa apun akan mudah dilalui tanpa tubuhnya terluka. Selain itu siput juga dikaruniai Tuhan dengan cangkang. Cangkang ini berfungsi sebagai rumah yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi tubuhnya. Cangkang juga berfungsi sebagai tempat persembunyian ketika ia terancam oleh lingkungan atau predator. Meski terik panas atau pun hujan, siput tetap bisa hidup nyaman dan aman dengan cangkangnya. Predator pun akan kebingungan untuk memangsa siput, karena tubuhnya terlindungi oleh cangkang yang keras.

Jadi, siput bukanlah hewan yang lemah. Siput adalah hewan istimewa yang memiliki banyak kelebihan. Siput diciptakan Tuhan dengan kekurangan sekaligus dengan kelebihan. Begitu juga dengan manusia, diciptakan Tuhan dengan kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu kamu tidak boleh menyombongkan iri dengan kelebihan yang kamu miliki. Kamu juga jangan minder jika kamu kekurangan.

Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok dan kalimat pengembang masing-masing paragraf.

Para-
graf
Ide PokokKalimat Pengembang
1Siput, menurut
sebagian orang
dianggap sebagai
hewan yang
lamban dan
menjijikkan.
karena gerakannya yang lamban, 
tidak jarang orang membanding-
bandingkannya 
dengan kelinci. 
Siput juga dianggap menjijikan 
karena tubuhnya yang penuh lendir.
2Sebenarnya siput
memiliki kelebihan
dan keistimewaan.
Kelebihan dan
keistimewaan siput ini
merupakan karunia Tuhan
yang tidak dimiliki oleh
hewan-hewan lain.
3Siput merupakan
hewan yang berjasa
dalam penguraian
serpihan daun-daunan.
Karena siput memakan daun-daunan
dan
menjadikannya bagian-bagian
yang kecil (serpihan) sehingga
mudah
untuk diuraikan oleh
bakteri pengurai.
4Siput adalah sang
pengembara yang mandiri.
Meskipun siput berjalan
lamban,
namun siput memiliki stamina
yang sangat bagus.
Daerah
pengembaraan siput pun sangat luas.
Pengembaraan siput dimulai sejak
siput menetas.
Setelah menetas, siput langsung mandiri.
Siput tidak lagi
terikat dan bergantung
pada induknya.
5Siput memiliki
pertahanan diri
yang baik dalam
beradaptasi dan
juga dalam
mempertahankan diri
dari serangan
predator.
Meskipun tubuhnya lunak,
namun tubuh siput memiliki lendir.
Lendir ini berfungsi
sebagai minyak pelumas dan
pelindung bagi tubuhnya ketika
berjalan di permukaan.

Ayo Berkreasi
Corak gambar cerita atau ilustrasi.

1. Realis
Realis merupakan gambar yang dibuat seperti keadaan aslinya, baik bentuk, ukuran, dan tata letaknya. Contohnya seperti lukisan berjudul Kapal Dilanda Badai karya Raden Saleh berikut ini.

2. Karikatur
Karikatur merupakan gambar yang melebih-lebihkan atau mengubah dari objek aslinya. Gambar karikatur menyajikan objek dengan karakter yang lucu dan aneh. Biasanya gambar karikatur mengandung kritikan dan sindiran.

3. Kartun
Kartun merupakan gambar yang berfungsi untuk menghibur dan berisikan humor. Gambar kartun dapat berupa tokoh binatang atau manusia.

4. Dekoratif
Dekoratif adalah gambar yang disajikan dengan mengubah bentuk objek aslinya namun tanpa menghilangkan ciri-ciri khasnya.


Nah, sekarang coba buatlah gambar ilustrasi mengenai cerita “Siput Bukanlah Hewan Lemah”. Kamu bisa memilih salah satu corak gambar di atas.

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post