Pembahasan Materi Kelas 6, Tema 5, Subtema 1, Pembelajaran 1, Kegigihan Pak Moedjair

Kita semua pasti ingin menjadi manusia yang sukses di masa depan. Semua orang punya mimpi,semua orang punya harapan,semua orang punya cita-cita dan keinginan. Untuk mencapai hal itu, sikap apa saja yang harus kita lakukan agar berbuah kesuksesan? Tanpa disadari, banyak hal-hal di sekitar kita yang terjadi akibat usaha dan kerja keras seseorang. Ketika sudah kita nikmati, hal tersebut terlihat sederhana, Namun dibalik semua itu selalu ada kerja keras yang mendahuluinya. Kita bisa melihat beberapa tokoh yang berhasil mewujudkan mimpinya untuk menjadi seseoranh yang sukses.

1. Michael Jordan

Ia pernah ditolak masuk tim basket karena pelatihnya mengatakan ia tidak cukup tinggi untuk bermain basket. Akan tetapi, ia tidak peduli. Ia memiliki mimpi menjadi pemain basket ternama. Dengan latihan yang tanpa lelah, dan sampai saat ini ia telah menjadi pemain basket terbaik dan menjadi legenda yang tak tergantikan sampai sekarang.

2. Tiger Woods

Tiger Woods adalah salah satu pegolf terbaik di dunia saat ini. Ia juga menjadi salah satu olahragawan yang berpenghasilan tertinggi. Tiger Woods sudah memiliki mimpi menjadi pemain golf pada saat usianya baru 8 tahun. Di saat anak-anak SD seusianya masih senang bermain dan bersekolah, tapi ia sudah bermimpi menjadi pegolf nomor satu di dunia.

3. Bill Gates

Siapa yang tidak kenal Bill Gates, ia adalah salah satu orang yang sangat menginspirasikan banyak orang.  Bill Gates menjadi salah satu orang terkaya di dunia karena mendirikan perusahaan perangkat lunak raksasa, Microsoft. Ia memiliki mimpi bahwa suatu hari setiap rumah akan memiliki PC (Personal Computer). Meskipun ia tidak lulus kuliah alias Drop Out, tapi ia berhasil menjadi seperti sekarang ini.

4. Kolonel Sanders

Ketika Sanders pensiun, ia mendapati dirinya hanya memiliki sedikit uang yang tidak cukup untuk menunjang hari tuanya. Maka dari itu, ia berusaha menjual resep ayam goreng ibunya ke berbagai penjual. Tapi semua orang menolak. Bukan hanya puluhan atau ratusan kali ditolak, tapi ia ditolak lebih dari seribu kali, tepatnya 1006 kali. Pada saat satu orang berikutnya bersedia membeli, selanjutnya tinggal sejarah dan KFC berdiri dan menyebar luas ke seantero dunia sampai saat ini.

5. Wright Bersaudara

Mereka hanyalah mekanik yang pekerjaannya memperbaiki sepeda. Lantas apa yang membuat mereka menjadi pemimpi besar? Suatu hari, mereka melihat burung yang bisa terbang bebas di udara. Mereka bertanya mengapa manusia tidak bisa seperti itu. Lalu dimulailah petualangan mereka membuat sesuatu yang bisa membawa manusia terbang.

Banyak orang mengatakan mereka sudah tidak waras. Di zaman itu, belum ada pesawat dan sangat masuk akal jika berpikir tidak ada benda yang bisa terbang mengingat gaya gravitasi bumi yang akan membuat semua benda jatuh ke tanah. tapi, sampai suatu hari mereka berhasil membuat mesin pertama yang bisa terbang. Penemuan mereka termasuk salah satu yang terbesar dalam sejarah manusia.

6. Steve Jobs

Steve Jobs adalah pendiri perusahaan teknologi Apple. Ia dianggap sebagai salah satu penemu terbesar dalam sejarah umat manusia melalui berbagai produk teknologi yang diciptakannya. Ia juga dianggap seorang visioner yang tak tergantikan. Bagaimana tidak, ia berhasil mengangkat Apple yang hampir bangkrut menjadi perusahaan raksasa yang paling bernilai saat ini. Ia berhasil mengubah dunia melalui teknologi . Produk ciptaannya yang revolusioner dan fenomenal antara lain, iPod, iPhone, iPad, MacBook dan lainnya.

7. Thomas Alva Edison

Salah satu ciptaan Thomas Alva Edison adalah bola lampu. Bola lampu telah menerangi langit malam yang gelap menjadi terang benderang. Ia gagal sampai ribuan kali ketika mencoba menemukan bola lampu. Ia memiliki mimpi untuk menerangi dunia di malam hari. Bukan hanya bola lampu yang ditemukannya, tetapi juga lebih dari 1000 paten lain yang membuatnya menjadi penemu terbesar dalam sejarah. Bahkan di saat hari meninggalnya, presiden Amerika meminta seluruh rakyatnya memadamkan lampu listrik selama satu jam untuk mengenang jasanya.

Bacalah cerita di bawah ini.

Kegigihan Pak Moedjair
Teman, apakah kamu suka makan ikan mujair? Siapa sangka, ternyata nama mujair dipilih sebagai bentuk penghormatan kepada Iwan Dalauk, yang lebih dikenal sebagai Pak Moedjair oleh masyarakat di sekitar Desa Papungan, Blitar, Jawa Timur.

Pak Moedjair adalah penemu ikan mujair. Ia berhasil membuat satu jenis ikan air laut beradaptasi dengan kehidupan air tawar. Hingga kini kita mengenal ikan mujair sebagai ikan air tawar.

Pak Moedjair melewati proses cukup panjang. Pertama-tama ia tertarik dengan keunikan sekelompok ikan yang menyimpan telur di dalam mulut hingga menetas. Anak-anak ikan berada di dalam mulut ibunya sampai tiba waktu penyapihan.

Tertarik dengan keunikan spesies ikan itu, Pak Moedjair membawa beberapa ekor dengan harapan ia dapat membudidayakannya di air tawar. Sayangnya, tidak lama dimasukkan ke dalam air tawar, ikan-ikan tersebut mati.

Pak Moedjair tak putus asa, ia kembali lagi ke tempat ikan-ikan itu. Kali ini, Pak Moedjair membawa juga sedikit air laut untuk dicampur dengan air tawar. Ia berpikir bahwa ikan-ikan yang sebelumnya mati karena langsung ditempatkan dalam air tawar, mungkin seharusnya dicampur dahulu dengan air laut.

Pemikiran Pak Moedjair ternyata benar. Di dalam campuran air laut dan air tawar, ikan-ikan yang dibawa bertahan hidup lebih lama. Ketika keesokan harinya ikan-ikan itu mati, Pak Moedjair tidak berputus asa. Dengan penuh semangat, beliau kembali lagi ke pantai Serang untuk mengambil ikan dan membawa air laut dalam jumlah lebih banyak lagi.

Proses ini berlangsung lama dan semangat Pak Moedjair tidak pernah surut, sekalipun ia harus bolak-balik mengambil ikan dan air laut. Pak Moedjair yakin betul, bahwa masa adaptasi ikan air laut di air tawar akan terlewati dengan baik apabila komposisi percampuran air laut dan air tawar dapat dibuat secara tepat dan bertahap, sehingga secara fisik ikan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Pak Moedjair terus mencoba membuat komposisi campuran dengan persentase air laut lebih besar dibandingkan air tawar, lalu secara bertahap persentase air laut dikurangi.

Akhirnya, setelah 11 kali mencoba komposisi campuran air laut dan air tawar, Pak Moedjair berhasil. Empat ekor ikan yang dibawanya dari laut dapat bertahan hidup di air tawar, hingga bertelur. Empat ekor ikan itu ditangkar oleh Pak Moedjair dalam satu kolam, dan selanjutnya terus berkembang hingga menjadi beberapa kolam. Pak Moedjair membagikan bibit ikan ini secara cuma-cuma kepada masyarakat di desanya, sehingga makin banyak orang yang berhasil membudidayakan ikan ini. Atas kegigihan dan jasanya membudidayakan ikan air laut di air tawar, pemerintah kota Kediri memberikan penghargaan dengan memberi nama ikan spesies baru itu sesuai nama penemunya, Moedjair.

Ceritakan kembali bagaimana terjadinya proses penemuan ikan mujair. Berapa kali percobaan yang dilakukan Pak Moedjair untuk menghasilkan apa yang diharapkannya?
  • Berawal dari ketertarikan Pak Moedjair dengan keunikan sekelompok ikan air laut yang menyimpan telur di dalam mulut hingga menetas. Lalu beliau membawa beberapa ekor untuk di budidayakan. Setelah beberapa kali mengalami kegagalan dan ikan-ikan yang beliau bawa mati karena belum bisa beradaptasi dengan air tawar, akhirnya setelah 11 kali mencoba mengatur komposisi campuran air laut dan air tawar Pak Moedjair berhasil. Empat ekor ikan yang dibawanya dari laut dapat bertahan hidup di air tawar, hingga bertelur.

Sikap apa yang dapat kamu contoh dari Pak Moedjair dalam melakukan usaha penemuannya? Jelaskan!
  • Sikap yang dapat kita contoh dari Pak Moedjair ada pantang menyerah, pekerja keras, serta mau belajar dari kesalahan dan memperbaikinya. Inilah kunci keberhasilan yang telah diteladankan oleh Pak Moedjair.
Secara ilmiah, inovasi Pak Moedjair yang berhasil membudidayakan ikan air laut ke air tawar dapat diterangkan melalui fakta bahwa spesies yang bermigrasi antara air laut dan air tawar membutuhkan adaptasi pada kedua lingkungan. Ketika berada di dalam air laut, mereka harus menjaga konsentrasi garam dalam tubuh mereka lebih rendah dari pada lingkungannya. Ketika berada di air tawar, mereka harus menjaga kadar garam berada di atas konsentrasi lingkungan sekitarnya.

Banyak spesies yang menyelesaikan masalah ini dengan berasosiasi dengan habitat berbeda pada berbagai tahapan hidup. Seperti manusia mempertahankan tingkat yang tepat dari garam dalam tubuh ikan yang sangat penting untuk kesehatan. 

Ikan menghadapi tantangan yang sangat sulit karena mereka tinggal di lingkungan yang berair dan garam cenderung ‘keluar’ banyak. Konsentrasi garam dalam ikan air tawar jauh lebih tinggi daripada di air sekitarnya, sehingga garam terus keluar dari ikan ke dalam air. Untuk mengimbangi hal ini, ikan telah mengembangkan beberapa solusi. 

Yang pertama dan terpenting adalah ikan menelan jumlah air yang banyak dan menghasilkan jumlah besar urin (10-20 kali lebih banyak sebagai mamalia air). Ginjal mereka mengekstrak sejumlah kecil garam dari air yang tertelan dan memasukkannya kembali ke dalam aliran darah ikan. Hal lain yang ikan miliki adalah pompa ion dalam insang mereka membantu mengambil garam keluar dari air dan amonia kotoran dan produk yang tidak diinginkan lainnya. Ikan laut memiliki masalah yang sama secara terbalik. Untuk ikan laut, air laut mengandung konsentrasi garam yang jauh lebih tinggi daripada apa yang ada dalam tubuh.

Berdasarkan teks diatas, apa yang dilakukan oleh Pak Moedjair sehingga ikan yang ditemukannya dapat hidup di air tawar?
  • Yang dilakukan Pak Moedjair adalah melakukan migrasi dari spesies ikan air laut, dapat hidup di air tawar. Diterangkan melalui fakta bahwa spesies yang bermigrasi antara air laut dan air tawar membutuhkan adaptasi pada kedua lingkungan. Ketika berada di dalam air laut, mereka harus menjaga konsentrasi garam dalam tubuh mereka lebih rendah dari pada lingkungannya. Ketika berada di air tawar, mereka harus menjaga kadar garam berada di atas konsentrasi lingkungan sekitarnya.
Bagaimana perilaku adaptasi ikan tersebut yang akhirnya dapat hidup di air tawar?
  • Ikan menelan jumlah air yang banyak dan menghasilkan jumlah besar urin (10-20 kali lebih banyak sebagai mamalia air). Ginjal mereka mengekstrak sejumlah kecil garam dari air yang tertelan dan memasukkannya kembali ke dalam aliran darah ikan. Hal lain yang ikan miliki adalah pompa ion dalam insang mereka membantu mengambil garam keluar dari air dan amonia kotoran dan produk yang tidak diinginkan lainnya. 
Bacaan tersebut merupakan jenis teks eksplanasi ilmiah. Seperti telah kamu pelajari sebelumnya, struktur teks eksplanasi ilmiah adalah sebagai berikut :

#. Pengertian Teks Penjelasan (Eksplanasi):
Teks eksplanasi adalah teks yang dibuat untuk menjelaskan proses terjadinya suatu peristiwa alam maupun peristiwa sosial secara ilmiah.
Ciri-ciri Teks Eksplanasi:
1. Strukturnya terdiri atas:
  • Pernyataan Umum: merupakan gambaran awal tentang apa yang disampaikan dengan pernyataan yang bersifat umum.
  • Deretan penjelasan (eksplanasi): merupakan inti penjelasan mengenai hal yang disampaikan.
  • Kesimpulan: berisi pandangan atau simpulan penulis, bersifat opsional, boleh ada atau boleh juga tidak ada.
2. Memuat informasi berdasarkan fakta.
3. Fakta yang digunakan memuat informasi yang bersifat keilmuan (misal: sains).

Ayo Amati!
Kita pernah makan berbagai jenis ikan goreng. Ayo, kita cari tahu perubahan apa yang terjadi pada ikan setelah digoreng?
Amati perbedaan pada kedua gambar di atas. Ketika ikan digoreng, akan terjadi beberapa perubahan pada fisiknya. Coba kamu amati ketika ibumu memasak tahu, tempe, ikan, ayam, atau makanan lain di dapur. Apakah terjadi perubahan fisik pada tahu, tempe, ikan, ayam, atau makanan apa pun yang digoreng?
  • Ya, tahu, tempe, ikan, ayam, atau makanan lain yang digoreng maka akan terjadi perubahan fisik.
Bagaimana bentuk permukaan dan tekstur makanan sebelum digoreng?
  • Sebelum digoreng, misalnya tahu, teksturnya lembut, dan lembek.
Bagaimana bentuk permukaan dan tekstur makanan setelah digoreng?
  • Setelah digoreng teksturnya menjadi kasar dan cenderung keras/renyah di bagian luar atau kulitnya. Warnanya pun berubah menjadi kecokelatan. Begitupun dengan ikan dan daging.
Menurutmu, apa yang menyebabkan terjadinya perubahan bentuk permukaan dan tekstur pada makanan setelah digoreng?
  • Yang menyebabkan terjadinya perubahan bentuk permukaan dan tekstur pada makanan setelah digoreng adalah panas dari api dibawah penggorangan.
Terbuat dari bahan apa panci atau wajan penggorengan? Jelaskan mengapa bahan tersebut yang digunakan.
  • Panci atau wajan penggorengan terbuat dari aluminium. Bahan ini dipilih karena mampu menghantarkan panas dengan baik (kinduktor).
Terbuat dari apa pemegang sutil atau spatula penggoreng? Jelaskan mengapa bahan tersebut yang digunakan.
  • Pemegang sutil atau spatula penggorengan terbuat dari kayu atau bahan plastik. Bahan ini digunakan karena mampu menahan panas, atau sulit untuk dilalui panas (isolator).
Selain menyebabkan perubahan fisik, perubahan suhu juga dapat menyebabkan perubahan wujud benda. Sekarang, mari kita lakukan percobaan untuk memahami lebih lanjut pengaruh suhu terhadap perubahan wujud benda.


Jawab pertanyaan berikut berdasarkan percobaan:

1. Apa perbedaan yang terjadi pada mentega dan telur setelah lima menit dipanaskan?
  • Setelah 5 menit dipanaskan, mentega akan mencair, sedangkan telur mengeras.
2. Apa yang terjadi pada ujung sendok logam yang kamu pegang saat memanaskan telur dan mentega?
  • Ujung sendok logam yang dipegang lama kelamaan akan terasa panas.
3. Perkirakanlah! Apa yang akan terjadi jika kamu menggunakan sendok plastik saat percobaan?
  • Perkiraan yang akan terjadi jika menggunakan sendok plastik saat percobaan adalah kita tidak akan merasakan panas karena panas dari lilin akan digunakan untuk membakar sendok sehingga sendok akan meleleh.
Kesimpulan mengenai hubungan antara suhu dengan perubahan sifat benda.
Setiap benda pada umumnya dapat mengalami perubahan, baik itu sifatnya maupun wujudnya. Penyebab perubahan wujud pada air umumnya disebabkan oleh panas atau dingin. Suhu tinggi maupun rendah akan berpengaruh terhadap perubahan benda, baik dalam ukurannya, bentuknya maupun wujudnya. Pemanasan yang dilakukan terhadap sebuah benda juga menyebabkan benda mengalami perubahan wujud. Perubahan tersebut dapat berupa perubahan wujud padat dapat berubah menjadi cair atau sebaliknya.

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post