HP Boyong Laptop Seharga Motor Matic, Apakah Fiturnya Sebanding?

Hewlett-Packard (HP) dikenal sebagai produsen komputer dan printer. Perusahaan yang didirikan oleh William R. Hewlett dan David Packard ini sepertinya ingin mempertahankan reputasinya untuk urusan komputer dengan menciptakan perangkat baru. Dari CNN Indonesia, Hewlett Packard secara resmi memboyong dua seri laptop premium terbarunya yaitu HP Spectre 13 dan Spectre x360 13 ke Indonesia, dimana keduanya merupakan bentuk pembaruan dari seri sebelumnya.

Spectre 13 terakhir meluncur pada 2016, sementara x360 13 baru diperkenalkan di Indonesia pada April 2017 lalu. Sebagai perangkat premium, keduanya dibanderol dengan harga yang bisa dibilang fantastis yaitu Rp24 juta untuk Spectre 13 dan Rp18,5 juta untuk x360 13. Ini seharga Skuter Matic Jepang yang di jual di Indonesia.

Lalu apakah dengan harga yang fantastis itu akan sebanding dengan fitur yang dibawanya? Tentu akan sangat mengecewakan jika pembeli rela merogoh kocek lumayan dalam tetapi yang didapat tidak sebanding. Mengenai hal ini, HP menjanjikan kalau Spectre 13 dan Spectre x360 13 sudah dibekali fitur yang sebanding dengan harga yang harus dirogoh pembeli.

Spectre 13 dan Spectre x360 13 sudah diotaki Intel generasi ke-8 seri U. Dimana prosesor generasi ke-8 diklaim hadir dengan peningkatan kinerja platform yang luas dan akan dimulai dengan prosesor mobile. Intel mengungkap, prosesornya didesain secara khusus untuk perangkat jenis laptop 2 in 1 yang tipis, ringan, dan premium.

Layar keduanya juga telah berspesifikasi 4K dimana layar jenis ini memiliki resolusi horisontal dan vertikal dua kali lipat dibanding format HD 1080p, dengan empat kali lebih banyak piksel tentunya.

Dengan prosesor generasi ke-8 akan memberikan performa terbaik di mana pengguna dapat menonton video lokal 4K UHD selama 10 jam dengan menggunakan single charge.. Untuk melindungi layar, HP pun memberikan pelapis Gorilla Glass NTB. Adanya pelapis khusus laptop ini, diklaim membuat layar lebih tahan gores semisal digunakan dengan stylus. Keduanya juga menggunakan sampul berbahan metal.

Kapasitas memori RAM maksimal juga telah ditingkatkan, dari 8 GB di pendahulunya, kini menjadi hingga 16 GB LPDDR3, walau varian RAM 8 GB tetap disediakan. Kapasitas penyimpanan SSD meningkat dari 512 GB menjadi 1 TB. Meski demikian, Spectre 13 tidak dibekali dengan kartu grafis (GPU) khusus (dedicated), sehingga masih mengandalkan mesin CPU untuk mengolah gambar.

Sementara dari segi fitur, HP Spectre 13 dibekali dengan slot MicroSD untuk mempermudah transfer file dari perangkat lain, seperti foto dari smartphone, kamera digital, atau camcorder. Spectre 13 generasi terbaru ini juga dilengkapi dengan standar koneksi baru, USB Type-C (Thunderbolt).

Terdapat juga fitur pemindai sidik jari yang dipasang HP di sisi kanan laptop untuk keamanan dan kenyamanan. COO HP Indonesia Hendry Widjaja mengklaim HP Spectre 13 terbaru ini benar-benar memberi attention pada detail yang tinggi, menggabungkan keindahan desain dan performa.

Untuk x360 adalah laptop convertible yang layarnya bisa diputar 360 derajat. HP telah menyertakan stylus dalam paket pembelian x360 yang memang lebih ditujukan untuk content creator. Tapi tidak disediakan untuk Spectre 13. Perangkat convertible berprosesor quadcore ini diklaim memiliki daya tahan baterai terlama didunia saat ini yakni 16,5 jam.

HP juga menaruh perhatian khusus pada rancangan desain x360 13 besutannya. Pertama dari segi penempatan pemindai sidik jari yang diletakkan dibagian samping bodi. Dengan demikian, pengguna tak repot untuk memindai ketika laptop diubah bentuk dalam berbagai moda.

Lubang exhaust fan juga kini ditempatkan dibagian belakang laptop dari biasanya ditempatkan di bagian samping. Sehingga, angin panas yang keluar tak mengganggu kenyamanan pengguna saat menggenggannya dalam moda tablet.

(CNN Indonesia dan sumber lain)

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post