Widget HTML Atas

Hasil Undian dan Fakta Menarik Seputar Piala Dunia Rusia 2018

Piala Dunia FIFA, atau sering disebut Piala Dunia saja, adalah kompetisi sepakbola internasional yang diikuti oleh tim nasional putra senior anggota Fédération Internationale de Football Association (FIFA), badan pengatur sepak bola dunia. Kejuaraan ini telah diselenggarakan setiap empat tahun sekali sejak turnamen 1930, kecuali pada tahun 1942 dan 1946, yang tidak diselenggarakan karena Perang Dunia II.

Format turnamen sekarang diikuti oleh 32 tim yang bersaing memperebutkan gelar juara di gelanggang olahraga di negara tuan rumah dalam waktu sekitar satu bulan. Babak ini sering disebut dengan Final Piala Dunia dimana sebelumnya tim peserta telah mengikuti tahap kualifikasi yang diselenggarakan dalam tiga tahun menjelang gelaran Final Piala Dunia, dimana tahap kualifikasi digelar untuk menentukan tim mana yang akan lolos ke turnamen, bersama dengan negara tuan rumah.

Dan untuk pengundian putaran final Piala Dunia 2018 baru saja digelar di Moskow, pada Jumat (01/12/2017) malam WIB. Dari hasil tersebut menempatkan negara favorit juara beraada di grup neraka. Seperti Portugal yang satu grup dengan Spanyol.

Mantan bomber timnas Inggris, Gary Lineker, didapuk menjadi pemandu jalannya undian Piala Dunia 2018 ini. Pencetak gol terbanyak Piala Dunia 1986 tersebut didampingi oleh jurnalis olahraga asal Rusia, Maria Komandnaya.

Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo akan berjumpa dengan koleganya di Real Madrid sebagai musuh. Ronaldo akan berhadapan dengan Sergio Ramos, Dani Carvajal dan Isco. Selain itu, ada juga Acraf Hakimi, pemain muda Madrid dari Maroko. Portugal, Spanyol, Maroko dan Iran ada di Grup B.

Juara bertahan, Jerman, berada di Grup F bersama Meksiko, Swedia dan Korea Selatan. Dua tim unggulan, Brasil dan Argentina berada di grup yang relatif mudah.

Berikut hasil lengkapnya:

Rusia sebagai tuan rumah sudah menyiapkan 16 stadion yang berada di 13 kota untuk perhelatan Piala Dunia 2018 ini. Laga pembuka akan dilangsungkan di Stadion Luzhniki pada 14 Juni 2018 antara Rusia vs Arab Saudi. Sementara, pertandingan final akan digelar pada 15 Juli 2018, di stadion yang sama.

Dari hasil drawing ini, beberapa negara masuk dalam grup yang cukup kompetitif. Sementara duel antar negara yang bisa dibilang bebuyutan juga dipastikan terjadi pada Rusia 2018. Dikutip dari CNNIndonesia, setelah hasil pengundian diketahui ada beberapa fakta menarik yang tersaji terkait rekor pertemuan antarnegara.

1. Dominasi Inggris atas Belgia
Duel Belgia kontra Inggris di Grup G menjadi salah satu laga yang diprediksi seru. Dalam sejarah pertemuan kedua negara Belgia hanya pernah menang satu kali menghadapi Inggris dalam 20 pertemuan terakhir. Lima pertandingan lainnya berakhir imbang, dan 14 kali kalah. Satu-satunya kemenangan atas Inggris diraih pada tahun 1936.

2. Pertemuan rutin
Argentina vs Nigeria dan Brasil vs Serbia akan menjadi pertandingan pertama yang akan dimainkan dalam lima fase grup Piala Dunia. Sebelum Rusia 2018, Rusia dan Nigeria serta Brasil dan Serbia, sudah pernah empat kali berada di satu grup yang sama.
Sementara pertemuan Spanyol dan Portugal sudah terjadi sebanyak 35 kali di segala ajang. Di Piala Dunia tahun depan, dua negara dari semenanjung Iberia akan bertemu untuk ke-36 kali.

3. Spanyol tak pernah dibobol Ronaldo
Dalam empat laga menghadapi Spanyol, Cristiano Ronaldo tidak bisa membobol gawang La Furia Roja kecuali ketika adu penalti.

4. Grup tanpa juara bertahan
Grup H menjadi satu-satunya grup yang tidak berisikan negara yang pernah menjadi juara dunia.

5. Tak berpengalaman
Panama menjadi satu-satunya dari 32 partisipan Piala Dunia yang tidak pernah bertemu negara yang akan dihadapi di fase grup.

6. Laga perdana
Arab Saudi menjadi negara asal Asia pertama yang tampil di pertandingan pembuka Piala Dunia. Tahun depan, Arab Saudi akan menghadapi Rusia.

No comments for "Hasil Undian dan Fakta Menarik Seputar Piala Dunia Rusia 2018"